Ukuran kebahagiaan terletak di hati


Hidup memang indah namun tidak seindah saat menjalaninya. Begitu mudah orang mengungkapkan keindahan hidup namun sulit untuk menjalani hidup dengan indah. Kadang terpikir, apakah keindahan hanya terbersit di angan semata? Ataukah, keindahan hidup terjadi saat kita sedang mengalami kesenangan, puas ketika keinginan atau harapan kita tercapai. Apa benar itu makna keindah hidup yang sesungguhnya?

 

Saya tidak puas jika saya belum mendapatkan anu. Saya bangga jika saya bisa memperoleh anu. Saya yakin bahwa saya akan bahagia jika saya mampu menjadi anu. Dan sebagainya. Segudang harapan dan impian kita tentang hidup.

 

Apakah pernyataan di atas adalah cerminan bahwa hidup sejatinya akan menjadi indah, jika kita memiliki atau menjadi anu? Tentu tidak. Hidup memang dibentuk oleh harapan. Ada pepatah mengatakan bahwa manusia dapat bertahan hidup beberapa hari jika tidak makan, manusia dapat bertahan hidup beberapa jam jika tidak minum namun manusia tidak dapat bertahan hidup jika ia tidak memiliki harapan.

 

Lantas, apakah harapan ditentukan oleh sesuatu atau seseorang? Apakah dengan menjadi atau memiliki, impian atau harapan kita terwujud? Jawabannya tidak. Kita tidak akan pernah puas untuk mencapai harapan jika harapan itu ditentukan oleh sesuatu atau seseorang. Sesuatu atau seseorang hanyalah ukuran yang diciptakan oleh masyarakat kita.

 

Lihat, betapa banyak orang mudah putus asa, depresi, gangguan jiwa bahkan bunuh diri hanya karena tidak terpenuhinya ukuran yang diciptakan oleh masyarakat itu. Jika harapan tidak menjadi objektif, bagaimana harapan itu dapat diraih?

 

Jawabannya, harapan dapat diraih karena unsur subjektivitas. Hanya diri kita saja yang dapat menyadari apakah harapan kita sudah terpenuhi atau tidak. Harapan terletak di hati nurani. “Saya berharap akan bahagia.” Harapan bahagia bagaimanakah yang akan kita raih? Tentunya, hal ini kembali kepada kita sendiri. Kebahagiaan diukur dari hati bukan dari sesuatu yang berada di luar pribadi kita.

 

October 08

Leave a Reply

