Menulis adalah Seni


Menulis bukanlah hal yang sulit. Namun, banyak orang yang menganggap menulis membutuhkan skill dan metodologi khusus sehingga sulit pula untuk dikerjakan. Menulis pada dasarnya adalah seni. Seni untuk mengekspresikan diri. Seni untuk menyatakan pendapat. Seni untuk mengungkapkan apa yang dirasakan. Seni yang indah untuk menuangkan hal-hal yang sulit untuk diungkapkan.

Kecerdasan seseorang belum tentu mempengaruhi cara seseorang untuk menulis. Karena dalam menulis, anda tidak dituntut untuk cerdas. Yang dibutuhkan adalah ketrampilan anda dalam menuangkan gagasan atau ide. Sempatkan waktu untuk menulis saat anda sudah menemukan ide. Lalu tuangkan gagasan atau ide tersebut menjadi sebuah kalimat-kalimat yang tersusun sehingga menjadi sebuah paragraf. Kaitkan masing-masing paragraf menjadi sebuah tulisan. Bumbui tulisan anda dengan hasil observasi yang mengarahkan pada tulisan anda. Agar lebih kaya tulisan anda, carilah literatur yang tepat dan cocok dengan tulisan anda. Misalnya, pendapat seorang ahli yang dikutip atau bisa juga sumber sebuah buku. Tuangkan semua hasil observasi dan kutipan anda dalam sebuah tulisan.

Jangan pernah merasa takut untuk memulai menulis. Ketakutan justru akan menghambat anda untuk memulai sesuatu. Jangan pernah ragu untuk menuangkan beberapa ide atau gagasan. Lalu mulailah menulis sebanyak-banyaknya kalimat yang anda temukan dalam pikiran. Jika sudah selesai dalam tulisan, jangan ragu-ragu untuk meminta pendapat dari orang sekitar untuk meninjau kembali tulisan Anda. Pendapat orang lain bisa menolong anda untuk tampil percaya diri dalam menulis. Meskipun kadang pendapat mereka justru mengkritik tulisan anda. Tetapi jangan pernah takut untuk mencoba. Semua berawal dari niat dan motivasi untuk memulai menulis dengan cepat. Secepat ketika anda sudah menemukan gagasan.

Rajin-rajinlah untuk membaca buku atau novel kesayangan ketika anda belum menemukan ide atau inspirasi untuk menulis. Upayakan bahwa semua kegiatan menulis anda, benar-benar tidak terkontaminasi oleh kegiatan lain. Hal seperti ini sering terjadi pada orang-orang yang memerlukan ketenangan atau kekhusyukkan saat menulis. Namun ada pula orang yang tidak terpengaruh untuk dengan kondisi sekitar sehingga tetap dapat menghasilakan sesuatu tulisan.

Ada pula tipe dimana anda perlu musik yang tenang seperti instrumen yang syahdu yang mendorong anda untuk menikmati seni untuk menulis. Semua terserah pada kondisi dan situasi yang anda ciptakan sendiri. Yang penting, kegiatan menulis harus dibuat senyaman mungkin.

Selain itu, biarkan pikiran anda bermain dalam tulisan yang anda hasilkan. Kadang ketakutan untuk menemukan ide justru memperkeruh keyakinan anda untuk mulai menulis. Atau, anda bisa juga dengan menuliskan poin-poin tertentu yang anda temukan jika anda sudah mendapatkan gagasan, yang dicatat di sebuah notes.

Kadang kita berpikir menulis memerlukan suatu intelegensi yang tinggi, padahal tidak demikan. Menulis adalah seni. Saat Anda bisa menemukan seni keindahan dari menulis, anda akan dapat merasakan bahwa menulis sesungguhnya lebih dari sekedar kegiatan mengumpulkan aksara dan menuangkannya menjadi sebuah gagasan.

Seni menulis tidak harus menunggu saat yang tepat, misalnya jika sudah meraih gelar pendidikan tertentu. Menulis dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja secepat saat anda sudah menemukan ide untuk menulis. Yang penting jangan pernah merasa khawatir apakah tulisan anda layak atau tidak. Seni menulis hanya mementingkan bagaimana suatu hal yang dirasakan atau dipikirkan dapat dituangkan dalam sebuah pikiran.  Hanya saja menulis selalu dianggap sebagai kendala yang menyulitkan dengan mindset yang memerlukan ketrampilan atau metodologi khusus. Diperlukan niat agar anda benar-benar dapat menghasilkan tulisan yang memang sesuai dengan apa yang anda pikirkan dan rasakan. jangan pernah takut untuk mencoba atau memulai untuk menulis. Karena tidak pernah ada tekhnik jitu untuk menulis yang sempurna.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s