Dari Hati


Tak ada yang dapat mengenal dalamnya hati manusia. Namun setiap orang pada dasarnya adalah baik, hingga kita dapat menilai bahwa hati setiap orang pun baik adanya, meski seorang penjahat sekalipun. Ada kutipan mengatakan bahwa kita patut membenci dosanya bukan orangnya. Artinya, setiap orang berkehendak baik hanya perbuatan yang terkadang mencemari niat baik orang itu.

Dalam pelajaran agama sewaktu SMP dulu, Guru Agama mengajarkan saya tentang pentingnya suara hati. Suara hati yang mengiringi kita untuk berperilaku. Adakah suara hati yang jahat hingga seorang melakukan kejahatan? Tak pernah ada suara hati yang jahat. Suara hati mengabarkan kebaikan yang mengontrol kita untuk bertindak baik sebagaimana Tuhan yang telah menciptakan kita baik adanya.

Kita percaya bahwa hati adalah pusat kebaikan tempat dimana kita mengerti dan memahami orang dengan kasih bukan dengan kebencian. Tak sulit untuk mencari Tuhan, karena ia ada dalam hati kita. Kita mampu mempersembahkan yang baik kepada Tuhan karena ia ada dalam hati kita.

Niat yang baik muncul dari hati maka akan singgah di hati pula. Apa salahnya untuk bersikap rendah hati agar hati kita memahami orang lain? Apa sulit buat mengatakan maaf jika kita bersalah dan memafkan orang lain?

Dari hati kita mempercayai Yang Ilahi. Dari hati kita mempercayai orang lain. Dari hati kita meyakini bahwa setiap orang baik adanya. Jangan pernah lupakan bahwa hati setiap orang hanya ada satu, tempat untuk menumbuhkan benih cinta. Jangan nodai hati tetapi suburkanlah hati dengan pikiran dan perasaan yang baik agar tumbuh baik.

Dari hati yang teramat dalam, jangan lukai hati seseorang karena mereka hanya punya satu hati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s