Start Where You Are


Kalimat tersebut muncul dalam twitter di siang bolong. Seperti sebuah ‘tamparan’ bahwa aku belum memulai sesuatu untuk sebuah perubahan. Larut dalam emosi dan mimpi tanpa pernah mencoba untuk berbuat.

Merasa bahwa aku tak memiliki kemampuan dan tak bisa, berhenti pada suatu titik perubahan. Apa yang harus dimulai? Begitu baiknya Tuhan, hingga sore ini aku di sapa lewat kotbah misa, datanglah kepada Dia dan mintalah tanpa pernah membatasi doa. Lupakan sejenak tentang permohonan tetapi ujudkan sebuah rasa syukur, bahwa Tuhan memberikan apa yang sekarang jadi milikku.

Sebuah kalimat menarik di sampul belakang buku misa, setiap orang lebih berharga daripada dunia ini. Aku lebih berharga daripada dunia ini. Mengapa aku takut kehilangan terhadap apa yang belum tentu jadi milikku? Atau, mengapa aku khawatir terhadap seseorang yang tak pernah jelas akan bersamaku? Atau, mengapa aku cemas terhadap ramalan hidup ini yang belum tentu terjadi?

Keberanian untuk berubah berawal dari sini, di tempat dimana aku berpijak. Jika jatuh, Tuhan tak pernah membuat aku terpelosok, namun Ia selalu mengulurkan tanganNya. Sadar bahwa aku kaya, kaya akan pengalaman hidup, kaya akan cinta dari orang sekitar dan tak berkekurangan. Tetapi, aku selalu mengeluh, “Maaf, aku tak bisa.”

Ya, seharusnya hidup ini akan berubah jika aku berubah.

Memulai butuh keberanian, memperjuangkan mimpi terkadang hanya khayalan. Padahal kita sudah punya hal yang paling berharga yaitu waktu sekarang memulai. Pakailah yang kita miliki dan sedapat mungkin lakukan yang terbaik yang bisa dilakukan. Tak mudah namun tak sukar. Tetapi semua itu mengajarkan kita untuk memperjuangkan mimpi hingga mimpi yang akan memperjuangkan kita.

Fight your dream and your dream will fight for you (Paulo Coelho)

Sedang memperjuangkan mimpi

Leave a Reply

