Tanda Tanya


Hati meminta perih yang terasa tetapi mulut terkatup. Akankah telinga akan menutup jeritan hati yang tak terdengar? Sayup-sayup doa diujudkan kepadaNya, namun angin seperti mengaburkannya hingga tak tersampaikan. Semburat wajah surya pun pekat terhadap keinginan jiwa. Tak jua tangannya mengulurkan asa buat kegundahan hidup yang sedang dirasakan.

 

Kali ini dicoba dengan cara lain, agar Sang Ilahi mendengarkan pinta hatinya. Diltolaknya busur panah ke sasaran. Kena. Ternyata tidak. Bukan itu yang dikehendaki Sang Pencipta. Ia melesatkan busur bukan ke arah yang tepat. Lagi-lagi, angin tak lagi menolong apa yang dirasakannya. Ia membelokkan seolah-olah, Tuhan tak menyetujui kehendaknya. Restu bumi pun tak segera didapatkan, kesendirian itu harus dirasakan lagi.

 

Menanggung waktu yang terbuang bukan perkara mudah. Bukan pula perkara sulit, jika Sang Waktu adalah penguasa dari semua, termasuk angin dan bumi. Apa mau dikata, jika hidup adalah milik Sang Ilahi. Tiada daya, manusia mengeluh atas perihnya. Tiada kuasa, manusia menahan ketergesaan yang ingin diciptakannya. Ia yang Maha Besar telah membuat hidup menjadi tanda tanya. Dimana letak buku itu disimpan?

 

Tak sabar ingin dibuka, jika waktu selalu setia menemani angin dan bumi. Sang Ilahi pun merestui kehendak waktu. Sabar adalah kuncinya. Rupa manusia seperti apa yang sanggup menghadapi semua ini? Beban hati tak sanggup dipikul apalagi beban jiwa yang tak jua ditemukan kemana nasib akan bertemu takdir.

 

Waktu terus bergulir tanpa tahu kemana dan dimana restu akan diberikan. Tak ada yang bisa mengerti bahwa perih ini telah meninggalkan luka yang teramat dalam. Tak sanggup menahan semua kesakitan ini. Penolong ajaib yang tak terlihat tak jua datang memberikan keajaiban yang dinantinya. Berat memang.

 

Sejatinya hidup adalah sebuah sejarah pembelajaran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s