Refleksi awal tahun: Ada Apa Dengan Angka 1?


Di awal tahun 2011 dibuka dengan tanggal 1 bulan 1 tahun 11 (2011). Apakah di tanggal yang dipenuhi dengan angka yang ajaib nan menarik ini, akan terjadi sesuatu yang berbeda? Orang bisa saja mengkaitkan dengan harapan dan mimpi tentang angka 1 yang kebetulan terjadi di tanggal dan hari ini.

 

Saat memasuki tahun ini, angan saya pun berimajinasi tentang uniknya angka 1. Orang selalu ingin menjadi nomor 1. Saat terjadi pertandingan atau kompetisi, setiap grup atau per orang selalu berharap mendapatkan yang terbaik, yang disejajarkan dengan angka 1, bukan angka yang lain. Ada apa dengan angka 1?

 

Seorang pemimpin selalu dikatakan sebagai ‘Orang Nomor 1’, bukan orang nomor lain. ‘Orang Nomor 1’ adalah pemimpin, tertinggi, teratas, dikagumi, dihormat dan segudang julukan lainnya. Jelas nomor 1 selalu menjadi kebanggaan.

 

Nomor 1 tidak lagi menjadi sekedar angka pemula, tetapi angka terbaik saat menentukan kemenangan dalam kompetisi. Kita tidak pernah menggunakan angka nol sebagai pemula. Angka selalu dimulai angka 1, sebagai yang awal dan terdepan. Apakah ini yang menjadi alasan dimana orang ingin sekali menjadi orang nomor 1?

 

Menjadi nomor 1 adalah harapan dan mimpi yang mungkin kita bayangkan di tahun 2011. Nomor 1 dalam pekerjaan, dalam keluarga, dalam relasi, dalam masyarakat, dalam kelompok, dsb dan nomor 1 menjadi harapan.

 

Mengedepankan prioritas menjadi nomor 1 juga bukan perkara yang mudah. Menempatkan dan memberikan rangking terhadap sesuatu hal dengan angka 1 sebagai peringkat terbaik pun, jelas sulit. Menjadi nomor 1 perlu proses, waktu dan usaha. Menjadi nomor 1 tidak serta merta mengabaikan angka yang lain, tetapi melibatkan angka yang lain karena berkat mereka, kita menjadi nomor 1.

 

Di awal tahun, mari kita membuka diri untuk menjadi nomor 1 dalam berbagai hal yang terbaik, seperti menjadi nomor 1 untuk lebih sabar, menjadi nomor 1 untuk menyelesaikan pekerjaan kantor, menjadi nomor 1 untuk lebih dekat pada Tuhan, menjadi nomor 1 untuk mengungkapkan rasa sayang terhadap orang yang kita kasihi dan sebagainya.

 

Awal tahun menjadikan nomor 1 untuk setiap resolusi yang sudah kita buat, agar dapat terwujud sebagaimana mimpi kita.

 

Mari menjadi ‘Nomor 1’ di awal tahun dan tanggal 1.1.11.

 

AR

One thought on “Refleksi awal tahun: Ada Apa Dengan Angka 1?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s