Khayalan Tingkat Tinggi


Hal yang paling indah dan menyenangkan bagi seseorang adalah berkhayal. Berkhayal menjadi apa yang kita inginkan dan menjadi siapa yang kita inginkan begitu menarik buat kita. Sejak lahir hingga tumbuh menjadi manusia yang dewasa, seseorang tidak pernah mendapatkan apa yang diinginkan sepenuhnya. Sebagian besar perjalanan yang dilakukannya meski berhasil dalam hidupnya, diperoleh karena kebesaran dan rencana Tuhan.

Mengkhayal memang tidak memberikan apapun yang berarti. Mengkhayal adalah sebuah proses untuk keluar dari kotak ketidaknyamanan yang selama ini kita alami dan rasakan. Dengan sedikit daya imajinasi dan permainan pikiran, mengkhayal menjadi sesuatu yang mengasyikkan.

Kebaikan dari mengkhayal sesungguhnya kembali kepada kita masing-masing. Walt Disney yang berhasil menciptakan permainan fantasi yang terkenal seantero dunia, memperoleh ide dari daya khayalannya. Setiap ide brilian yang muncul di dunia ini berasal dari daya khayalan seseorang, yang kadang dicap gila oleh orang sekitarnya.

Gila! Ya, setiap orang yang memiliki daya imajinasi di luar batas kewajaran dianggap gila.

Padahal gila dalam konteks ilmu kejiwaan berbeda maknanya dengan gila dalam ukuran kewarasan seseorang dalam hubungan bermasyarakat. Kegilaan bersumber dari daya khayal ketika seseorang ingin menciptakan sesuatu yang inovatif dan kreatif hingga muncul ide produktif nan provokatif. Mengapa provokatif? Karena daya khayalan bisa saja memunculkan ide agresif, bisa menjadi konstruktif tetapi bisa juga destruktif. Tergantung bagaimana mengemas ide, tetapi itu adalah sebagian dari nilai kehidupan.

Menggali khayalan dari nilai kehidupan bermaksud untuk mengajak orang berpikir bagaimana memanfaatkan kreativitas dan inovasi yang berkembang dalam pikiran dan jangan takut untuk mencobanya. Khayalan tingkat tinggi bisa menjadi destruktif ketika orang keluar dari batas kewajaran dan tak bisa menerima kembali alam senyatanya.

Mari berkhayal untuk menemukan jati diri kita dan menjadi seperti apa kita🙂

One thought on “Khayalan Tingkat Tinggi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s