Diam adalah Jawaban


Di dalam hidup, ada kalanya kita tidak bisa menjawab pertanyaan bahkan mungkin kita tidak perlu menjawab. Sayangnya, jika kita tidak bisa menjawab, kita dianggap bodoh dan dianggap kalah.
Menjawab yang saya maksudkan disini bukan dalam konteks testing soal akademis atau kepandaian. Tetapi kadang kita dihadapkan pada situasi yang rumit dan membingungkan sehingga jika dijawab akan serba salah.

Di dunia kita diberi berkat ‘kesabaran’ untuk menghadapi orang-orang ‘ajaib’ yang suka menyudutkan orang, ingin menang sendiri, merasa dia punya power atas orang lain dan menganggap nasib orang ditentukan olehnya. Poin terakhir ini perlu disimak mengingat jika kita tidak bisa menjawab pertanyaan atau debat kusirnya, nasib kita sebagai orang yang kalah, ini contohnya.

Diam bukan berarti kalah. Diam adalah menarik diri, memikirkan yang lebih baik, tidak terpengaruh emosi dan sadar bahwa jawaban tidak perlu kata-kata. Saat diam, kita menyimpan amarah dua kali lipat. Diam berarti kita memberi kesempatan suara hati kita untuk berbicara. Sulit buat setiap orang untuk menjadi pendengar yang baik. Diam adalah syarat buat kita belajar mendengar.

Diam adalah awal dari kebijaksanaan. Hidup tidak selamanya dipenuhi oleh kata dan angka. Kualitas hidup bisa ditentukan saat orang bisa diam ketika situasi pikuk dengan egois dan mau menang sendiri.

Diam tidak berarti kalah.

Diam hanya mencoba membiarkan waktu berbicara tentang kebenaran. Diam adalah puri keheningan dari jawaban tak tentu.

Ada pepatah bijak berpesan, langkah awal dari kebijaksanaan adalah keheningan. Tahap selanjutnya adalah mendengarkan.

-sedang diam-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s