Refleksi Akhir Tahun


Menjelang akhir tahun, ada banyak ragam orang untuk merayakannya. Bagi saya, penghujung tahun adalah saat merefleksikan hidup.

Suatu siang di akhir Desember, saya mengeluhkan sesuatu hal tentang hidup kepada sahabat saya. Sontak, saya terperanjat dengan respon yang diberikan sahabat saya. Mungkin benar adanya, Tuhan hadir melalui orang sekitar kita. Dia mengingatkan saya untuk bersyukur atas apa yang sudah saya capai sepanjang tahun.

Hal yang saya keluhkan hanya sebagian kecil dari hal besar yang menjadi berkat sepanjang tahun. Di penghujung tahun, kita sering lebih banyak melihat yang belum kita capai dan miliki ketimbang hal baik berprestasi yang sudah kita raih. Lebih banyak menghitung air mata dan cibiran ketimbang derai tawa dan pujian.

Lupakan kepahitan dan ampuni kesalahan agar di tahun berikut, hidup akan lebih damai. Syukuri pengalaman hidup sepanjang tahun, niscaya akhir tahun lebih memberi berkat.

Banyak orang tidak melihat pengalaman pahit yang kita miliki tetapi prestasi yang sudah kita capai. Kita tidak perlu membuktikan apapun pada orang lain, karena mereka bukan penentu hidup kita.

Kualitas hidup tidak ditentukan seberapa banyak kita menghasilkan materi kehidupan tetapi sejauh mana kita berhasil mensyukuri materi kehidupan sebagai berkat.

Di akhir tahun, mari melangkah dengan penuh damai dan syukur agar kita bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Hargailah usaha kita sepanjang tahun 2011 ini dan tidak mencemaskan apa yang akan terjadi di tahun 2012. Itulah yang dinamakan rasa syukur. Selamat menjelang tutup tahun 2011! Berkat Tuhan bersama Anda dan keluarga!
 

Leave a Reply

