Eksistensi


image

‘Everything has a reason to exist in this world’

Apalah arti sebuah nama, begitu pepatah mengatakan. Nama menjadi penting karena menunjukkan jati diri dan keberadaan. Bahwa sesuatu atau seseorang itu ada di dunia ini.

Apa yang terjadi saat ini adalah semua orang butuh pengakuan atas dirinya? Pengakuan adalah bentuk cinta. Artinya, semua orang ingin dicintai.

Segala sesuatu di dunia ada maksudnya. Bahkan hidup kita di dunia pun ada tujuannya. Tuhan menciptakan setiap orang dan sesuatu bukan tanpa maksud. Mirislah saya kala mendengar seseorang bahwa hidupnya sudah tidak berguna lagi. Hal negatif dalam hidup pun ada agar kita belajar mengenal dan memilah mana yang positif dan negatif. Jika hidup ini berisi hal yang baik, dimanakah keberadaan yang buruk? Tentu ada maksud mengapa hal buruk ada di dunia ini. Segalanya ada dengan alasan.

Banyak orang bisa mengklaim dan mengakui keberadaan orang lain, mengabaikan kebenaran. Tetapi di situ, kita paham bahwa dalam hidup ada orang-orang tersebut yang keberadaanya karena kerja keras dan jerih payah kita. Terima saja, toh banyak mata akan tahu sebenarnya siapa di balik itu semua.

Kita mudah membenci hal yang buruk atau orang yang jahat. Hey, hidup ini tidak ada yang sempurna. Kita hadir untuk melengkapi semua itu. Mereka menjadi pelengkap hidup kita agar kita menjadi sempurna. Apakah yang baik itu pasti sempurna?

Keberadaan adalah kunci bahwa setiap orang dan segala sesuatu menjadi pelengkap satu sama lain. Belajarlah untuk berada di pihak lain, maka kita akan mengerti alasan di balik itu semua, baik atau buruk.

Ada orang yang karena kejahatannya atau sifat buruknya merasa diakui keberadaanya. Atau, orang yang bingung dengan dirinya dan mengklaim pekerjaan orang lain. Atau, sesuatu menjadi dikenal karena bertentangan dan penuh konflik. Semua negatif dan buruk bukan berarti tanpa tujuan diciptakan dan ada di dunia.

Memanggil nama adalah cara kita menghargai dan mengakui keberadaan orang lain, meski banyak nama yang sama tetapi kita tahu bahwa nama x dengan tabiat y cuma satu di dunia ini.

Mengenal sesuatu adalah cara agar kita belajar tentang keberadaan. Hargai setiap perbedaan dan konflik. Cintai orang lain, bahkan orang yang jahat sekalipun. Karena yang buruk adalah perbuatannya, bukan orangnya. Pada dasarnya, setiap orang dan segala sesuatu butuh dicintai, karena itulah mereka diakui keberadaannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s