Cinta


“Ada kalanya cinta yang ada dalam hidup kita, bukan apa yang kita harapkan tetapi cinta yang kita butuhkan”

 

Setelah sekian waktu lama menanti, kesabaran adalah kunci agar kita memahami bahwa yang terbaik akan datang. Tidak hanya sabar, untuk mendapatkan apa yang kita butuhkan, kita mendapati hidup tidak semulus seperti yang kita pikirkan. Semua hanya mau mengajarkan kepada kita bahwa semua ada proses, bukan hasil. Hal yang terindah dalam hidup ini bukan terletak pada hasilnya tetapi pada proses yang kita jalani. Ada suka dan duka. Ada tawa dan tangis. Proses itu hanya untuk mengajarkan kepada kita bahwa hidup itu indah tetapi tidak mudah.

 

Begitu pun dengan cinta.

 

Cinta itu indah, tetapi tidak mudah. Semuanya hanya untuk mengajarkan kepada kita tentang pengorbanan. Adakah cinta tanpa pengorbanan dalam hidup ini? Rasanya tidak ada. Naturalnya Tuhan tahu bahwa cinta tanpa syarat adalah cinta penuh pengorbanan.

 

Dalam imajinani dan angan, cinta adalah yang sempurna. Cinta yang kita harapkan. Cinta yang kita harapkan ada dalam imajinani, bukan dalam hati. Kita punya syarat dan cenderung idealis untuk mendapatkannya. Sangking idealisnya, kita melupakan semua pertanda di sekitar bahwa cinta sepenuhnya bukan seperti yang kita harapkan, tetapi yang kita butuhkan.

 

Apapun yang dibutuhkan dalam hidup, cinta paling mengetahui. Karena cinta tidak bisa dilihat dan tidak bisa dipikirkan, tetapi hanya bisa dirasakan.

 

Pada akhirnya, kita akan menyadari mengapa kita jatuh cinta padanya? Karena kita membutuhkannya sebagai pelengkap dalam hidup kita. Ingat dongeng Yunani dulu yang mengatakan bahwa sebenarnya manusia itu terdiri dari dua pribadi wanita dan pria, tetapi banyak dewa iri terhadap manusia sehingga dibelahlah manusia menjadi pria dan wanita. Kelak, manusia berusaha untuk melengkapi hidupnya dengan mencari belahan jiwanya. Itu lah mengapa jodoh disebut sebagai belahan jiwa.

 

Sadarlah, apakah dia adalah cinta yang kita butuhkan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s