Think to be Positive


image

“Don’t lose your hope. We never know what tomorrow will bring”

 

Menjadi pesimis dan putus asa adalah hambatan bagi seseorang untuk berpikir positif. Berikut adalah tips yang mungkin bisa dilakukan:

 

  1. Belajar berempati

Berempati dimaksudkan kita mampu menempatkan diri kita dalam posisi orang lain. Dengan demikian, kita mampu menghayati dan mencoba bermain peran bagaimana dan apa yang kita alami seandainya menjadi orang lain. Hal ini dimaksudkan kita mampu menghilangkan pikiran negatif dan menerima keadaan pihak lain.

  1. Ubah paradigma atau sudut pandang

Bilamana pikiran negatif menyerang kita, ubahlah apa yang sedang kita pikirkan itu menjadi sesuatu yang lebih positif. Mengubah hal negatif menjadi positif dimaksudkan kita mampu melawan pikiran-pikiran negatif dan menempatkan aura dan hal positif dalam pikiran kita. Pikiran adalah kendali dalam diri kita, jika kita dikendalikan dengan hal positif tentunya akan terasa lebih baik.

  1. Segala sesuatu ada alasannya

Di dunia ini, tidak ada yang dibuat secara kebetulan. Segala sesuatu terjadi karena ada alasan. Apa pun yang terjadi bukan berarti tanpa sebab. Jadi belajarlah menerima alasan dibalik itu semua. Sebagian besar yang terjadi dalam hidup ini juga bukan dirancang oleh kita. Alasan menentukan sebuah kejadian. Jadi terima alasan dan buka diri untuk memahaminya. Menyangkal sebuah alasan justru akan menghambat diri untuk berpikir positif.

  1. Ceritakan kepada orang terdekat

Tidak ada salahnya saat ini anda bercerita kepada orang terdekat bahwa anda sedang belajar untuk selalu positif dan meminta mereka untuk mengingatkan anda bilamana anda berpikir negatif. Dengan begitu, peluang anda untuk selalu berpikir positif akan lebih besar karena anda memiliki orang-orang yang membantu anda. Ingat, jika kita selalu berpikir negatif, orang-orang sekitar anda pun risih mendengarnya.

  1. Tulis slogan/tulisan positif di dekat anda

Ada baiknya anda membuat motivasi diri untuk berpikir positif dengan menempelkan tulisan-tulisan atau slogan bermakna di sekitar tempat yang sering anda lihat, misalnya dinding lemari pakaian, meja kerja, dsb. Hal ini dimaksudkan untuk membantu anda agar tidak lupa bahwa berpikir positif itu menyehatkan jiwa dan raga.

  1. Berdoa

Selain mendekatkan diri kepada Tuhan, berdoa diyakini akan mampu mendorong kita untuk bersemangat dan membangkitkan aura yang lebih positif. Mintalah kepada Tuhan agar kita dapat selalu berpikir positif. Merangkai kata-kata dalam doa tentunya akan membawa kita pada harapan-harapan yang positif.

  1. Baca buku “Self Help” atau motivasi diri

Membaca buku “self help” atau motivasi diri yang membangkitkan semangat tentunya akan membantu anda untuk selalu optimis. Dengan begitu, pikiran-pikiran anda akan terbangun lebih positif lagi. Buku-buku seperti ini di Indonesia diletakkan dalam kelompok bacaan psikologi atau psikologi populer dalam toko buku.

 

Tidak mudah memang untuk berpikir positif. Satu hal, ingatlah bahwa berpikir negatif tidak akan membantu kita untuk menjadi pribadi yang baik. Pikirkan hal-hal positif yang anda miliki tentu akan merangsang anda menjadi pribadi yang berkualitas. Hidup dengan pikiran positif akan membuat anda selalu merasa bahagia ketimbang hal-hal buruk yang pasti tidak menyenangkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s