Kebijaksanaan


kebijaksanaan

 

 

 

 

 

 

 

 

Suatu sore yang suntuk, usai dari bekerja saya sempatkan mampir untuk misa harian di pusat Jakarta yang hiruk pikuk. Sesuatu yang menarik terjadi, ketika sang Pastor mencoba menelaah isi bacaan kitab suci dan tema misa hari itu. Apakah kebijaksanaan itu?

 

Diumpamakan begini. Ada seseorang yang taat pada peraturan kantor dan harus masuk tepat waktu. Disiplin kerja menjadi aturan baku. Tiba-tiba sesuatu terjadi dalam perjalanan menuju ke kantor. Ia menemukan orang yang tergeletak di jalan karena kecelakaan. Dilema dalam hati pun muncul, apa yang harus dilakukan? Memutuskan untuk menolong yang celaka atau melewatinya dan berjalan menuju ke kantor.

 

Hidup dihadapkan pada pilihan. Lalu apa kaitannya dengan kebijaksanaan? Jika dalam situasi tersebut di atas, apa yang harus kita lakukan? Kebijaksanaan adalah segala sesuatu yang dipertimbangkan dan diputuskan karena nilai-nilai kehidupan yang diperjuangkan. Apakah bijak bila kita meninggalkan orang yang tergeletak dan tidak ada yang menolong?

 

Di jaman sekarang, menjadi orang yang bijaksana bukan perkara mudah. Orang masih dihadapkan pada dilema dan benturan hukum yang berlaku. Atau, bijaksana tidak akan menyelesaikan persoalan tetapi menambah kerumitan dalam hidup. Buku-buku self help yang ditulis oleh pakar bijaksana dan terkenal di dunia, tidak ada yang secara gambling bercerita tips atau langkah-langkah untuk menjadi bijaksana tetapi kebijaksanaan ditemukan melalui perumpamaan dan tindakan konkrit di dunia.

 

Masih bisakah kita menjadi orang yang bijaksana, yakni memperjuangkan nilai-nilai kehidupan dan mempertimbangkan kepentingan orang lain daripada sekedar memikirkan diri sendiri? Di tengah carut marut korupsi dan maraknya kejahatan, kebijaksanaan dipahami bukan sekedar ucapan belaka tetapi tindakan konkrit. Berani memperjuangkan nilai kehidupan adalah kebijaksanaan. Kelak hidup tidak ditentukan dari seberapa banyak yang sudah dihasilkan tetapi seberapa kaya nilai yang dialami dalam hidup.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s