Tips Persiapan Berlibur Saat Musim Dingin (Salju)


Berkunjung ke stadion Alianz Arena di saat musim Winter. Dokumen pribadi.
Berkunjung ke stadion Alianz Arena di saat musim Winter. Dokumen pribadi.

Musim dingin atau yang dikenal dengan musim salju memang sudah usai di belahan bumi sana, tapi saya pikir perlu juga sekedar berbagi pengalaman persiapan yang harus dilakukan sebelum saya berangkat ke negara tujuan. Saya rasa dengan mudah kita bisa mendapatkan aneka tips dan persiapan menghadapi musim dingin melalui internet tetapi satu hal yang terpenting metabolisme dan ketahanan tubuh masing-masing orang berbeda-beda, termasuk kita yang berasal dari daerah tropis.

Awalnya saya sempat dilarang untuk pergi karena cuaca yang ekstrim, menurut saya karena pengaruh perubahan iklim sebagai dampak dari cuaca yang tidak menentu, jadi wajar jika banyak yang mencemaskan saya untuk berangkat di musim dingin. Satu hal yang perlu diingat pula, sebenarnya tidak ada rasa dingin bila salju muncul apabila kita berpakaian dengan benar dan tepat. Cara berpakaian yang salah dan mengenakan bahan yang tidak tepat, tentu akan menimbulkan rasa dingin.

Berdasarkan pengalaman, berikut hal-hal yang bisa dilakukan:

1. Gali informasi tentang kondisi cuaca negara yang dituju

Sebelum berangkat, saya sudah mencari informasi di internet di bulan tersebut selama 3 tahun terakhir tentang alam dan kondisi cuacanya. Berapa derajat cuaca di sana jika saya tiba di periode tersebut? Tidak hanya dari internet, saya pun bertanya ke teman yang tinggal di negara tersebut, seperti apa kondisi dingin di sana. Saya juga bertanya pendapatnya tentang kemungkinan yang mungkin muncul, seperti salju yang menghambat penerbangan, pemanas ruangan di tempat tinggal yang akan saya tempati, dsb. Saya juga memastikan hal-hal yang biasa mereka lakukan di negara tersebut saat musim dingin tiba.

Tidak berhenti sampai disitu, saya juga bertanya dengan teman Indonesia yang pernah tinggal di negara tersebut atau negara-negara yang mengalami musim salju. Bagaimana kondisi tubuh mereka dan persiapan yang mereka lakukan? Untungnya dengan bertanya atau bahkan ngobrol dengan teman se-Tanah Air, saya jadi dipinjamkan beberapa perlengkapan winter yang memang sesuai dan cocok saat salju tiba.

2. Kenali tubuh sendiri

Coba Anda ingat apa yang terjadi pada tubuh anda jika anda mengalami kondisi dingin, seperti naik gunung di ketinggian yang dingin, misalnya. Saya sendiri membandingkan kondisi tubuh saya saat saya berkunjung ke Korea Selatan, bagaimana reaksi tubuh saat kondisi dingin tiba. Apakah anda alergi seperti gatal-gatal apabila kondisi dingin muncul? Atau, apakah anda mimisan saat dingin?

Kenali tubuh anda sendiri terhadap reaksi dingin. Tingkat imunitas tubuh setiap orang berbeda-beda. Saya yakin negara yang anda tuju adalah negara yang bersih dari polusi, tentu reaksi pertama dalam tubuh adalah hal yang wajar. Tetapi hanya anda sendiri yang paling tahu kondisi tubuh anda sendiri.

3. Berangkat dalam kondisi fit

Jika anda sudah siap dengan segala hal termasuk tanggal keberangkatan dan tiket di tangan. Siapkan tubuh yang fit untuk anda. Tubuh yang fit dan stamina yang sehat tentu akan memungkinkan tubuh memiliki kekebalan yang baik pula. Ingat bahwa kita akan naik pesawat dengan penerbangan yang tidak pendek dan perbedaan waktu yang berbeda dengan negara sendiri. Jadi tubuh yang fit akan memungkinkan kita untuk nyaman selama perjalanan dan sampai disana.

4. Cek kesehatan

Tidak ada salahnya untuk cek kesehatan ke dokter, terutama dokter yang mengenal riwayat sakit anda. Saya pun demikian. Setelah mendengar cerita teman bahwa ia sempat mengalami darah keluar di kuping, saya pun cek ke dokter THT untuk memastikan kondisi telinga saya.

Tanyakan kepada dokter seberapa baik kondisi tubuh anda untuk berada di wilayah dingin. Selain itu, jika ada beberapa keluhan dan gejala ringan lainnya, minta dokter menuliskan resep obat yang mudah didapat apabila mengalami keluhan di negara tujuan. Minta nasehat dokter apa yang harus dilakukan untuk mengatasi alergi dan sebagainya.

5. Vaksinasi Influenza

Untungnya sebelum berangkat, saya sempat vaksin beberapa termasuk influenza. Saya dapatkan vaksin influenza di rumah sakit Bandara Soekarno Hatta. Saat itu, saya ikut teman saya yang mau berangkat umroh. Saya bisa bayangkan jika tidak divaksin influenza, karena saya mengamati banyak orang sakit flu, tidak hanya orang Asia tetapi juga orang yang tinggal di negara tujuan.

Saya lupa harga dari vaksin Influenza tersebut karena saya bayar sekaligus dengan 2 vaksinasi yang lain. Saya pikir di Indonesia sudah ada beberapa rumah sakit yang menyediakan vaksin tersebut. Vaksinasi Influenza berlaku selama 1 tahun.

Sewaktu saya pulang dari negara tujuan, saya bertemu wanita Srilanka, dia mengalami sakit influenza dengan gejala berat. Dia sudah berobat ke rumah sakit terbaik, tetapi apa boleh buat, lebih baik mencegah daripada mengobati.

6. Pastikan informasi tentang asuransi kesehatan yang kita miliki

Untuk negara yang saya tuju, saya memang harus memiliki asuransi kesehatan atau yang dikenal travel insurance. Tidak sekedar sebagai administrasi belaka, saya pikir kita perlu bertanya juga hak-hak yang kita dapatkan apabila kita harus mengalami perawatan dan pengobatan di negara tujuan. Tanyakan pula prosedur untuk klaim dan reimbursement apabila ketentuannya tersebut. Tanyakan Rumah sakit yang direkomendasikan, biaya pengobatan dan klaim yang diperoleh dan bukti administrasi dan surat yang diperlukan untuk klaim, dsb.

Saya rasa kita semua ingin tetap sehat selama di negara tujuan tetapi tidak ada salahnya memastikan tentang prosedur tersebut daripada kita tidak tahu hak-hak kita memanfaatkan travel insurance.

7. Beli perlengkapan musim dingin di sini

Saat saya bertanya dengan teman di negara tujuan, dia menyarankan saya membeli di negara tujuan karena memang sedang sale dan discount besar-besaran. Memang berbeda jika discount/sale dengan di negara sendiri, disana harga barang-barang berkualitas memang benar-benar layak untuk dibeli.

Tetapi saya menyarankan untuk membeli di sini. Saya sudah membeli jauh-jauh hari sebelum berangkat dengan mencicil setelah saya browsing di internet, toko yang menyediakan perlengkapan winter. Saya rasa harganya lumayan bisa dijangkau bila beli disini. Saya ingat sewaktu saya sampai di negara tujuan, saya sudah disambut salju. Salju turun dengan lebat sekali dan untunglah saya sudah membawa jaket winter saya serta perlengkapan lainnya. Selain itu, saya sempat membandingkan model dan merek jaket winter yang sama yang saya beli di sini dengan negara tujuan, ternyata jauh lebih murah saya beli di sini.

Ada baiknya tanyakan juga kepada petugas toko, barang-barang apa yang diperlukan untuk dikenakan saat musim salju, seperti sarung tangan, penutup kepala, topi kupluk, jaket bulu angsa, sepatu khusus musim salju dan pakaian long john underwear satu set.

Demikian sekedar berbagi pengalaman apabila ingin berkunjung ke negara empat musim saat salju turun. Satu hal yang menarik buat saya dari negara tropis, kita bisa menyaksikan indahnya salju dan rasa dingin yang berbeda. Selain itu,  harga tiket pesawat jadi lebih murah saat berpergian di saat musim dingin.

8 thoughts on “Tips Persiapan Berlibur Saat Musim Dingin (Salju)

  1. Maaf Mba’, saya mau tanya, selain vaksinasi influenza, 2 vaksinasi yang lain itu apa-apa saja Mba’? Apakah meningitis salah satunya? Terimakasih🙂

    Like

  2. Wow.. Asyik hehehehe… Happy holiday!!!! Untuk sakit Sinus coba konsultasikan ke dokter apabila perlu special treatment, terus vaksin itu sangat membantu stamina tubuh. Sebaiknya, sudah mulai jaga kesehatan supaya di sana juga tetap fit.

    Terimakasih sudah mengunjungi😀

    Like

  3. Wah seru ya… saya gak sabar untuk segera kesana krn Desember ini saya akan kesana. Oooh ya untuk yang berpenyakit sinus apakah bisa pergi kesana?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s