Tips Bila Tersesat di Kota Negeri Orang


Kita tidak dapat memprediksi hal-hal yang mungkin terjadi apabila berada di negeri orang, termasuk tersesat. Saya pernah mengalami beberapa kali dan sungguh membuat saya belajar hal-hal yang baru di negeri orang. Namun demikian, kita perlu mengantisipasi agar kita tahu hal yang harus dilakukan secara tepat sehingga kita bisa kembali ke tempat tinggal “sementara” di negeri tersebut.

Di bawah ini saya paparkan beberapa tips yang mungkin membantu anda apabila mengalami hal yang sama, yakni:

1. Tidak usah panik dan tetap tenang
Saya bisa paham kondisi anda apabila anda bingung dan berusaha “pulang” menuju tempat tinggal sementara anda. Tidak usah panik dan tetaplah tenang agar anda tidak memancing rasa curiga dari orang sektiar, bahkan mungkin bisa mengancam keselamatan nada apabila anda terlihat seperti turis, akan mudah diperdaya. Untuk beberapa negara yang rawan bagi area turis, tentu anda disarankan untuk cari informasi yang benar dan tepat. Kepanikan justru akan membuat anda tidak bisa berpikir dan secara psikologis akan menghambat anda.

2. Gunakan petunjuk yang anda miliki saat itu

Potretlah sebanyak mungkin, termasuk lokasi tempat tinggal anda yang akan menjadi alat bantu sebagai petunjuk bila tersesat.
Potretlah sebanyak mungkin, termasuk lokasi tempat tinggal anda yang akan menjadi alat bantu sebagai petunjuk bila tersesat.

Cek dalam tas anda, benda apa saja yang sedang anda bawa? Apa anda bawa kartu nama hotel, peta kota, atau hanya ingat nama hotel? Jika anda punya kartu nama hotel/peta kota, tentu akan membantu anda mencari petunjuk arah yang harus anda lakukan. Atau anda bisa gunakan informasi tersebut untuk menemukan lokasi yang sedang anda cari.

Pengalaman saya, saya pernah tidak punya petunjuk apapun seperti kartu nama hotel, peta kota dan nama hotel karena saya sedang berada di negeri yang memiliki huruf aksara yang tidak bisa saya pahami. Untunglah saya masih menyimpan dokumen email dalam smartphone saya tentang nama hotel tersebut dan menjadikan email tersebut sebagai petunjuk informasi untuk ditanyakan kepada orang yang tepat.

Selanjutnya, jika tidak ingin tersesat, anda bisa menyimak tips saya setelah ini tentang benda-benda yang wajib dibawa agar tidak tersesat lagi.

3. Cari Petugas Polisi
Polisi dianggap sebagai orang yang tepat dalam memberikan informasi. Anda bisa gunakan petunjuk yang anda punya semisal nama hotel, nama lokasi/jalan tempat tinggal, atau hal-hal yang harus dilakukan karena anda bingung untuk menuju lokasi sasaran. Perlu diingat juga, tidak semua polisi di setiap negara bisa berbahasa inggris. Tetapi pada dasarnya, polisi akan sangat ramah membantu turis seperti anda di negara mereka.
Jika polisi yang anda jumpai tidak bisa berbicara bahasa inggris, biasanya polisi tersebut akan merujuk rekannya yang lain yang bisa berbahasa inggris untuk membantu anda. Anda juga bisa berikan kartu nama hotel atau dokumen nama lokasi sasaran yang anda cari, sehingga polisi dapat mengetahui kemana anda harus bergerak. Di beberapa hotel di negara yang tidak beraksara latin, mereka akan menuliskan nama hotel sesuai dengan huruf lokal setempat. Syukur-syukur, anda diantar ke lokasi apabila kebetulan sang polisi akan lewat ke arah yang sama. Ucapkan terimakasih setelah anda dibantu dan tetap tersenyum. Anda akan sangat dihargai apabila anda juga belajar bahasa lokal untuk ucapkan kata “terimakasih”.

4. Segera kunjungi Tour Information atau Petugas Pembantu turis “Ask Me”
Di pusat kota-kota besar, biasanya pemerintah menyediakan pusat layanan informasi bagi turis. Anda bisa datang ke situ untuk bertanya arah jalan pulang. Ada juga petugas-petugas yang mengenakan slyer selempang bertuliskan “ask me” yang juga suka berseliweran di pusat-pusat keramaian, seperti stasiun, pusat perbelanjaan, dsb.

5. Gunakan smartphone
Lagi-lagi jika anda punya smartphone, anda bisa gunakan untuk mendeteksi dengan bantuan google maps lokasi yang anda cari. Anda bisa juga gunakan dokumen email saat anda book hotel. Pengalaman saya, saya gunakan kamera dalam ponsel untuk memotret peta lokasi hotel sehingga bisa dicek apabila salah jalan. Setidaknya dengan smartphone, anda bisa manfaatkan banyak fitur yang akan membantu anda mencari lokasi. Anda juga bisa menelpon hotel/tempat tinggal anda menginap, menelpon rekan kerja/saudara anda yang dikenal di negara tersebut.

6. Tanyakan kepada Mahasiswa/Siswa Sekolah yang bisa berbahasa Inggris.
Tidak mudah untuk bertanya kepada peduduk lokal apalagi bagi mereka yang tidak menguasai bahasa inggris. Tips saya saat saya sedang naik transportasi umum dan bertanya lokasi, saya bisa tanya ke mahasiswa/siswa sekolah. Asumsi saya saat itu, mereka pasti belajar bahasa inggris sehingga mereka bisa membantu saya menemukan lokasi yang saya cari. Bahkan, mereka justru membantu untuk menerjemahkan ke supir bis yang saya tumpangi agar saya bisa turun di lokasi yang saya mau.

7. Ingat nama hotel/alamat hotel
Di saat anda panik, anda justru tidak bisa berpikir. Apabila anda punya ingatan yang masih sangat baik, anda bisa ingat nama hotel/nama lokasi tempat tinggal anda. Hal pertama yang biasa saya lakukan di negara yang baru saya kunjungi adalah mengingat patokan lokasi tempat tinggal saya, seperti nama gedung besar sekitar, nama pasar sekitar, nomor kendaraan di lokasi tempat tinggal, dsb. Usahakan untuk mengingat petunjuk yang anda punya agar membantu anda.

8. Cari lokasi ternama yang bisa berbahasa inggris, seperti tempat kursus, hotel internasional, rumah sakit internasional, dsb.
Saya pernah tersesat dan sudah mondar mandir tetapi belum menemukan lokasi yang saya cari. Akhirnya, saya menemukan lokasi tempat kursus bahasa inggris. Asumsi saya saat itu, tempat kursus pasti memiliki orang yang bisa berbahasa inggris dan membantu saya untuk menemukan lokasi yang saya inginkan. Jadi, apabila anda tersesaat silahkan temukan di sekitar anda, gedung berstandar internasional karena pastinya mereka memiliki staf yang bisa berbahasa inggris dengan baik.

Supaya tidak tersesat lagi, berikut benda-benda yang harus disimpan dalam tas yang anda bawa pergi:

1. Peta kota
Anda bisa dengan mudah mendapatkannya saat mendarat di aiport. Peta tersebut gratis tersedia di pojok-pojok informasi. Anda juga bisa mengunduh peta kota sebelum berangkat dari internet. Di negara-negara besar, anda bisa dapatkan peta kota dan berbagai leaflet informasi di tempat-tempat publik seperti stasiun, terminal, hotel, tur informasi, dsb.

2. Ponsel
Akan ada banyak manfaat yang akan gunakan dengan ponsel, seperti cerita saya di atas. Gunakan berbagai fitur yang anda punya. Bahkan anda juga bisa memanfaatkan nomor lokal untuk mengakses internet.

3. Bulpen dan kertas
Jika tersesat, mereka akan membantu anda menggambarkan lokasi yang anda cari. Atau anda bisa mencatat dan menggambarkan lokasi sekitar anda sebagai alat bantu agar anda tidak pergi ke lokasi yang salah berulang kali.

4. Kartu nama hotel
Simpan baik-baik kartu nama hotel saat anda sudah melakukan reservasi. Biasanya anda bisa dengan mudah mendapatkannya. Apabila hotel atau lokasi tempat tinggal anda tidak memiliki kartu nama hotel, silahkan minta bantuan penduduk lokal untuk menuliskan nama dan alamat tempat tinggal, terutama jika anda berada di negara yang tidak beraksara latin.

5. Kamus
Jika anda tertarik untuk membawa kamus yang ringan dan praktis akan sangat membantu. Gunakan kamus antar bahasa inggris dengan bahasa setempat. Biasanya kamus-kamus memiliki panduan pertanyaan simpel dan sederhana dengan bahasa lokal yang mungkin akan membantu anda untuk bercakap-cakap dengan penduduk lokal.

6. Kartu nama teman/rekan kerja/saudara yang tinggal di negera tersebut.
Bagus jika anda punya kenalan/saudara/kerabat yang berada di negara tersebut. Minta kartu nama mereka atau minta mereka menuliskan nama dan nomor telpon mereka dalam bahasa setempat.

7. Kamera/Ponsel yang tersedia fasilitas kamera
Silahkan potret sebanyak mungkin gambar depan tempat tinggal anda, lokasi peta tempat tinggal anda, nomor bis/transportasi yang biasa anda tumpangi. Foto bisa anda cek setelahnya, akan menjadi alat bantu untuk mengecek lokasi yang anda cari.

8. Informasi petunjuk kendaraan umum (public transportation).
Biasakan untuk memiliki informasi kendaraan umum sehingga akan membantu anda untuk mengenali lokasi tempat tinggal anda. Beri tanda lokasi tempat tinggal anda dan lokasi yang anda cari sebagai alat bantu anda kemudian.

Semoga pengalaman saya dapat membantu anda agar tidak tersesat. Hal yang terutama yang perlu anda siapkan adalah senyum manis kepada orang. Saat tiba pertama kali di negara orang, pelajari kata-kata sederhana seperti ucapan pertama kali saat bertemu, ucapan terimakasih, ucapan maaf, dsb sehingga akan membantu anda di kemudian hari.

Semoga bermanfaat😀

Leave a Reply

