Lima Langkah Jadi Perempuan Unik


Five steps to be unique woman

image

(Sumber Foto: Dokumen pribadi)

Setiap orang itu unik, meski kembar identik sekalipun tapi anda pasti bisa menemukan perbedaannya. Sekali lagi, Tuhan mampu menciptakan setiap orang dengan rupa fisik dan perangai yang tak sama.

Cantik, Pintar, Seksi, Kaya, Ramah dan Rendah hati. Wuihh, kriteria tersebut adalah wanita ideal. Tapi apakah ada wanita tersebut di dunia ini? Jawabnya, pasti ada.

Tapi bagaimana menjadi pribadi yang unik? Belum tentu setiap orang bisa seperti anda. Karena menjadi perempuan unik berarti hanya satu di dunia ini. Unik tidak harus menjadi cantik, pintar, populer atau kaya. Unik berarti istimewa.

Menjadi perempuan unik,

1. Kenali pribadimu, termasuk bakat dan area yang harus ditingkatkan (kelemahan).
Dengan demikian, kita menjadi tahu hal apa yang ditonjolkan dan hal apa yang perlu ditingkatkan (kelemahan). Ingat, tidak ada orang yang sempurna. Yang anda perlukan adalah citra diri tentang siapa anda sesungguhnya.

2. Terima kelemahan anda sebagai kekuatan anda.
Lakukan hal-hal yang membuat anda percaya diri terhadap kelemahan anda. Jangan ragu meminta pendapat orang-orang terdekat anda tentang anda! Anggaplah kritikan sebagai berkat yang menjadikan hidup anda bermakna.

Mark Zurkerberg, pembuat facebook konon buta warna, mungkin hanya biru yang sekarang dipakai jadi laman facebook yang bisa dikenalnya. Kini setiap kita melihat warna biru serupa dengan laman facebook maka kita langsung mengasosiasikan warna biru tersebut dengan facebook.

3. Tidak takut perubahan.
Pada dasarnya, setiap orang yang takut mengalami perubahan berarti orang tersebut telah merasa nyaman dengan keadaannya. Mengapa kita perlu berubah? Karena hidup ini dinamis. Baik atau buruk dalam hidup pasti terjadi dan segera berlalu. Tidak ada yang abadi. Mereka yang unik adalah mereka yang siap dengan perubahan.

4. Berani tampil beda
Saya pernah ikut paduan suara semasa sekolah dulu. Bu Guru bilang untuk pentas dalam lomba kita memakai seragam sekolah batik, tapi kawan saya ini entah tidak mendengar instruksi tersebut atau memang bajunya dicuci, jadi dia pakai baju putih abu-abu. Apa yang terjadi? Bu Guru harus mengatur posisi kami yang bernyanyi untuk menutupi “kesalahan” seragam tadi. Kami menjadi juara, bukan hanya karena suara kami yang merdu (memuji diri sendiri?!)tapi karena posisi yang unik dan dikenang/diingat dewan juri. Unik berarti kita berani tampil beda. Tidak malu. Berani tampil beda asalkan anda nyaman dengan diri anda sendiri, meski orang di sekitar anda berlaku hal-hal yang umum.

Ciptakan gaya pribadi yang mencerminkan dirimu, misalnya cara berpakaian, cara menata rambut, cara berbicara, gaya berpendapat, teknik menulis, dsb. Jangan takut untuk merasa berbeda, jika itu membuat anda nyaman.

5. Kreatif dalam bertindak dan berpikir.
Jika semua orang dalam rapat hanya berpikir bagaimana satu tambah satu sama dengan dua. Anda bisa buat satu tambah satu sama dengan sebelas. Bukan berarti anda tidak bisa berhitung. Tapi suguhkanlah sebelas ide/solusi ke perusahaan anda dibandingkan hanya dua.
Buat alternatif-alternatif jawaban dari suatu permasalahan. Dan nyatakan pendapat anda secara berani. Lebih baik salah daripada tidak pernah mencobanya. Cobalah dari berbagai sisi. Toh hidup ini kan tidak hanya terdiri dari satu warna saja.

Orang lain pada dasarnya lebih mengingat prestasi keberhasilan anda daripada kita sendiri. Sedangkan kita sendiri lebih mengingat hal-hal yang gagal dibandingkan keberhasilan yang sudah kita raih.

Keunikan tidak dilihat seberapa cantik anda dengan “make up” di wajah. Atau, seberapa indah baju yang anda kenakan. Tapi bagaimana kualitas hidup yang anda ciptakan.

Jadi diri sendiri itu juga kuncinya.

” You are a natural. Why is it so hard to see? Maybe it’s just because you keep on looking at me. So, just be yourself. You are unique.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s