Hari Valentin (=Valentine)


image

(Salah satu contoh kartu valentin dalam bahasa Jerman. Sumber foto: Dokumen pribadi)

Buat sebagian orang yang merayakan hari Valentin, hari khusus tanggal 14 Februari tiap tahun dijadikan istimewa bersama orang terkasih.

Nah, saya mau berbagi inspirasi buat para wanita bagaimana jika hal-hal di bawah ini menjadi pertimbangan untuk dilakukan diluar kebiasaan merayakan hari valentin bersama pasangan terkasih.

Berikut perlu disimak:

1. Mengirim sms kepada orangtua dengan ungkapan sayang.
Jika biasanya dengan orangtua, ayah atau ibu, hanya ber-SMS atau telpon untuk bertanya kabar. Sekarang selipkan kalimat, misalnya, “Kakak sayang mama.” Itu contoh sms saya ke Ibu saya. Selipkan apresiasi dan kalimat sayang kepada ayah atau ibu atau keduanya, bila selama ini kita jarang atau tidak pernah menyampaikannya. Memang sih sedikit aneh, tapi sampaikan rasa itu bila kesempatan masih ada. Lihat, respon dari orangtua usai menerima SMS kita!

2. Merayakan bersama sahabat.
Sahabat ada dikala susah dan senang, yang kadang terlupakan perannya saat valentin datang. Diskusikan bersama dengan sahabat lokasi dan waktu terbaik untuk merayakannya, minum kopi bareng, makan bersama, nonton film, atau bertukar kado. “Thanks for being my best friend!” Dapat disampaikan di akhir pertemuan atau di kartu ucapan kado. Tak perlu mewah, yang terpenting maknanya adalah dapat berbagi tentang arti persahabatan.

3. Berbagi coklat/makanan dengan rekan kerja.

image

(Menjelang hari Valentin, banyak toko di Jerman menjual pernak-pernik termasuk coklat. Sumber foto: Dokumen Pribadi)

Jika selama ini makanan atau snack di kantor selalu jadi rebutan, apa salahnya saat ini anda bawakan coklat yang diberikan kepada rekan kerja, satu level atau satu departemen, misalnya. Tidak harus coklat juga, anda bisa buat sendiri pisang goreng istimewa, kue bolu atau beli jika anda punya uang dan ada waktu. Saat anda berbagi, selalu ada hal istimewa yang bisa anda dapatkan bersama orang lain, tawa, senyum, cerita yang menarik atau bantuan dari rekan kerja.

4. Menyapa “Musuh”.
Satu kantor sudah tahu bahwa anda bermusuhan dengan si anu. Akan sangat mengejutkan jika di hari valentin, anda menyapanya bisa secara langsung dan menghampiri sembari bawa coklat atau mengirimkan lewat sms/email untuk sekedar minta maaf dan menanyakan kabar atau mengajaknya makan siang bareng. Bukankah kejutan di hari valentin tidak harus dengan orang yang kita kasihi atau yang sepaham dengan kita tapi juga orang lain yang mungkin selama ini “bermusuhan” dan beda paham dengan kita?

5. Ringan tangan alias suka menolong.
Jika selama ini anda adalah orang yang minta dilayani oleh pembantu di rumah, atau oleh bawahan anda. Atau, anda biasa pasif dan permisif terhadap tugas kantor. Kini coba diubah. Buatkan sarapan untuk diri sendiri dan keluarga.  Mengantarkan anak atau adik ke tempat tujuan. Bertanya kepada atasan, “ada yang bisa saya bantu?” Jadikan pribadi kita sebagai pribadi yang penuh cinta dan menyenangkan bagi banyak orang. Jika 365 hari begitu sulit menjadi orang yang penuh cinta dan menyenangkan, maka satu hari saja buktikan bahwa anda bisa.

6. Mengunjungi/bertemu sahabat lama.
Selama ini kita mengabaikan sahabat lama yang tidak diketahui keberadaannya atau kondisinya. Saya pernah mencoba ide ini, luar biasa menyentuh. Saya telpon rupanya ia berada di rumah sakit, sedang terbaring sakit. Beberapa bulan setelahnya, saya mendapat kabar bahwa dia sudah meninggal. Syukurlah, saya masih ada kesempatan untuk bertemu dengannya.

7. Memberi kejutan kepada diri sendiri.
Beri kejutan pada diri sendiri melalui berbagai cara, misalnya beli coklat, bunga, atau kartu buat diri sendiri. Kejutan lain misalnya ambil waktu cuti saat valentin dan berlibur ke tempat wisata. Atau, nonton film yang lucu dan inspiratif. Mendengarkan musik, melukis, membaca atau aktivitas yang memang berbeda dari sekedar merayakannya bersama kekasih.  Jika biasanya diantar dengan mobil pribadi, lakukan dengan kendaraan umum dan amati orang sekitar. Hal yang paling mengejutkan adalah apabila anda dapat melakukan diluar kebiasaan. Pengalaman saya pribadi, saya pesan tempat di suatu kafe untuk sendiri dan menikmati alunan musik sekitar sambil mengamati pasangan yang memadu kasih. Tidak harus iri sepanjang anda suka dan nyaman melakukannya.

8. Mempercantik diri.
Bagaimana jika anda mengubah tatanan rambut anda, berpakaian berbeda dari yang biasanya dan terlihat feminin dengan penampilan ke kantor atau kampus? Siapa tahu, usai dari kantor anda dapat undangan untuk makan malam bersama “idola” anda.

9. Mengirimkan kartu valentin.
Rasanya ucapan valentin bisa dilakukan lewat elektronik atau kecanggihan telpon. Padahal yang paling mengesankan adalah kartu, yang dapat disimpan dan dikenang oleh penerimanya. Kirimkan pada orangtua, sahabat, supervisor atau atasan, kakak/adik, atau “idola” yang sedang ditaksir. Lakukan hal yang berbeda, jika selama ini ucapan hanya diberikan lewat elektronik.  Atau, jika anda cukup kreatif bisa juga membuat kartu ucapan sendiri.

10. Melakukan hal yang paling diimpikan.
Apa yang paling anda impikan saat valentin tiba? Kirim sms kepada orang yang sedang ditaksir. Mengajak makan siang “idola” kantor. Atau, memaknai kebersamaan kakak dan adik atau ayah dan ibu dengan makan bersama. Jika memang belum bisa terwujud sekarang, silahkan dilakukan lain waktu. Misalnya berbenturan dengan anggaran, sementara anda ingin belikan hadiah untuk ibu. Atau, anda ingin merayakan di suatu tempat, silahkan menabung dari sekarang.

Semoga membantu!🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s