Lima Rumus M: Makan yang Baik


image

(Sumber foto: Dokumen pribadi)

Setiap orang punya kebiasaan masing-masing dalam tradisi makan sehari-hari. Saya jadi ingat sewaktu dulu sekolah, temen saya pernah kursus “kepribadian”. Sekarang setelah belajar ilmu Psikologi rasa-rasanya tidak tepat istilah “kepribadian” digunakan. Memang perlu kursus? Hihihi…

Nah, teman saya dalam kursus tersebut diajarkan tentang “table manner”. Gak usah ilmiah dulu, tapi menurut pengamatan saya saat itu, teman saya diajarkan sekaligus praktik tentang tata cara makan dan penggunaan alat makan ala western style. Walah….

Saya yang belum pernah diajari “table manner” seolah-olah dibuat kikuk saat menghadiri makan malam formal dalam acara resmi kantor. Makin lama saya jadi tidak canggung lagi karena belajar mengamati dan langsung praktek. Gak perlu bayar kursus mahal hihihi…

Soal “table manner” tidak saya bahas disini. Karena bagaimanapun hal itu tergantung konteks budaya dan kebiasaan.

Meskipun saya bukan ahli nutrisi dan gizi, cobalah resep berikut ini, (PS: ini hasil pengayaan pribadi hehehehe)

1. Makanlah dengan penuh rasa syukur.
Jika anda sudah bisa makan tiga kali dalam sehari, anda termasuk orang yang beruntung. Masih ada di belahan bumi yang lain, atau penduduk di wilayah lain yang masih kekurangan untuk makan sebanyak tiga kali. Jadi bersyukurlah untuk makanan yang tersedia untuk anda. Berdoa, sampaikan doa singkat penuh syukur bahwa anda mendapatkan makanan pada hari ini. Ucapkan dalam hati. Atau ajak anak untuk berdoa makan.

2. Makanlah bila pada waktunya.
Bagi mereka yang punya masalah dengan pencernaan, tertib makan sangat diperlukan agar tidak menimbulkan penyakit nantinya, seperti maag. Normalnya makan sebanyak tiga kali. Ada yang memiliki pola tidak sarapan pagi tapi makan siang menjadi lebih maju plus makan malam, jadi total dua kali. Tidak dilarang. Tapi jika anda mengalami masalah pencernaan dan gizi nutrisi sebaiknya disarankan untuk berkonsultasi ke dokter ahli. Ada yang menyelingi kebiasaan di sela-sela waktu makan dengan snack atau kudapan. Mohon pertimbangkan agar asupan makanan utama lebih prioritas dibandingkan snack atau semacamnya.

3. Makanlah secukupnya.

image

Makanlah secukupnya sesuai selera dan kebutuhan tubuh anda. Jangan berpikir makan banyak dan dapat disimpan lama sehingga akan melewati jam makan malam. Sebaiknya ambil lagi jika merasa kurang ketimbang anda ambil banyak tapi ternyata tidak dihabiskan.

4. Makanlah dengan nikmat, tidak terburu-buru tapi tidak terlalu lama.
Kunyahlah makanan dengan baik, tidak terburu-buru atau tidak terlalu lama. Waktu yang cukup untuk mengunyah yakni dengan menikmati makanan yang ada dan tidak disambi dengan mengerjakan hal lainnya, misal makan sambil mengerjakan tugas. Selesaikan tugas anda baru kunyah makanan tanpa diimbangi aktivitas lain. Dengan demikian kita menghormati makanan yang tersedia.

5. Makanlah dengan menu yang sehat dan bergizi.
Sedari kecil di sekolah, kita sudah mengenal makanan sehat dalam empat sehat lima sempurna. Kurangi makanan instan. Masaklah makanan dengan baik. Alangkah baik anda sudah mengetahui cara memasaknya ketimbang anda suka mendapatkannya dengan cara instan. Hal ini juga menghindari hal-hal yang tidak baik dalam makanan yang dikandungnya seperti pengawet, boraks dan zat kimia lainnya. Cukupkan makanan daging, tidak berlebihan. Makanlah ikan sebaiknya dua kali dalam seminggu. Perbanyak buah dan sayuran. Hindari makanan yang memang jadi pantangan supaya sehat seperti cabai atau makanan pedas, gorengan, sup/sate kambing, dsb.

Ajari anak sedini mungkin untuk kelima hal di atas agar tumbuh menjadi generasi yang sehat dan cerdas.

Semoga bermanfaat😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s