Balance Up your Life


Sebelum membaca lebih lanjut, sebaiknya anda menyimak pertanyaan berikut:

1. Apakah anda merasa bosan atau jenuh dengan rutinitas hidup anda?

2. Apakah anda merasa kurang bergairah jika berangkat ke kantor?

3. Apakah anda tidak memiliki selera makan yang baik atau justru anda makan secara berlebihan, tidak secara normal?

4. Apakah anda mengalami kesulitan tidur?

5. Apakah anda kurang fokus terhadap pekerjaan dan suka menghindar bila mendapat tugas kantor?

6. Apakah anda suka mengeluh tentang beban kerja, bos di kantor, rekan kerja, perjalanan dari dan ke kantor?

Jika anda mengalami dua dari enam pertanyaan di atas, mari simak tips berikut untuk menyeimbangkan hidup anda:

image

(Pilih waktu berlibur yang tidak berbenturan dengan kondisi pekerjaan kantor. Sumber foto: Dokumen pribadi)

1. Bicarakan pada supervisor langsung mengenai permasalahan yang sedang anda alami, misalnya beban kerja atau mitra kerja, dsb. Diskusikan bersama untuk solusi anda dan perusahaan anda. Jangan tunggu saat tibanya “Performance Appraisal” buat anda dan supervisor, tapi mulailah sejak dini agar tidak menjadi stress kerja berkepanjangan.

2. Ambil cuti dan berlibur
Coba dihitung berapa sisa cuti anda. Atau, kontak HRD yang mendokumentasikan cuti karyawan. Kapan pula saat terbaik buat anda cuti dan berlibur. Jangan sampai anda mengambil cuti saat anda adalah orang yang dibutuhkan perusahaan. Toh, cara demikian juga tidak akan membuat anda nyaman berlibur dan pikiran tenang. Jadi sebaiknya diskusikan bersama Supervisor dan HRD tentang waktu yang tepat dan lama cuti anda.

3. Berdoa
Tidak ada yang membuat orang merasa tenang, nyaman dan damai selain berdoa. Panjatkan doa kepada yang Ilahi perasaan dan kegundahan anda. Setidaknya mencari harta duniawi juga perlu diimbangi dengan pencarian harta surgawi. Hadirilah sholat jumat bersama,komunitas pendoa karyawan, atau aktivitas religi yang diadakan untuk pekerja. Disini siapa tahu anda akan mendapatkan berbagi pengalaman dunia kerja yang bermanfaat dari komunitas ini.

4. Luangkan waktu buat keluarga dan orang tercinta
Jika selama ini anda tidak punya waktu buat keluarga dan orang terdekat, kini susunlah liburan akhir pekan bersama, makan bersama, melakukan kunjungan silahturahmi ke keluarga lain, memasak untuk keluarga, menemani anak les dan belajar, menemani suami ke bengkel, menemani istri berbelanja, dan masih banyak lainnya.

5. Lakukan hobi anda
Apa hobi anda? Lakukan saat anda bisa. Menyenangkan diri sendiri dengan hobi meski harus bayar mahal, dilakukan saat lelah kerja, dsb diharapkan akan memotivasi anda untuk tidak melulu fokus pada masalah pekerjaan.

6. Ubah ruang kerja anda
Coba tata letak meja kerja anda yang baru. Ubah pemandangan ruang kerja dengan alam sekitar. Letakkan pula benda-benda pribadi yang mendukung suasana kerja misalnya, foto keluarga, vas bunga atau tanaman, agenda kerja, kalender reminder, jam meja, tokoh idola, dsb. Ada baiknya diskusikan terlebih dulu dengan supervisor atau HRD tentang display barang pribadi.

7. Lakukan sesuatu yang berbeda
Apa pernah mengganti gaya busana kerja agar terlihat berbeda dan elegan? Atau mengubah tatanan rambut anda agar terlihat “fresh” dan atraktif. Ada pula yang melakukan sesuatu yang berbeda dengan melakukan kerja sukarela dalam komunitas sosial di masyarakat. Anda bisa melakukannya saat akhir pekan atau saat anda bisa melakukannya. Apa pun yang anda lakukan, asalkan hal itu mampu memberikan rasa berbeda dari rutinitas pekerjaan, silahkan anda coba.

8. Ganti haluan pekerjaan atau pindah kerja
Hanya anda yang paham atas hidup pekerjaan anda. Diskusikan dengan keluarga atau pasangan tentang rutinitas pekerjaan anda serta kemungkinan bila anda putar haluan atau pindah kerja. Satu hal yang harus anda ingat, pindah ke pekerjaan baru tidak menjamin hal serupa bisa saja terjadi. Jadi pikirkan dan temukan pekerjaan yang sesuai dengan “passion” anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s