Si Penjaga Hati: Temulawak


image

(Ini bukan temulawak tapi brezel, sejenis roti asin dan gurih di jerman. Saya suka membeli dan menyimpannya sebagai pengganti cemilan)

Jika anda ingin kurus, berbahagialah anda mungkin anda tidak atau belum pernah minum jamu temulawak hihihi…

Ada yang tahu khasiatnya jamu temulawak? Yup, buat saya yang “kuri” alias kurus sekali, sari temulawak diminum untuk menambah selera makan. Rata-rata perempuan menyimpan snack, cemilan atau kudapan di meja kerja, kamar tidur, kamar kos atau flat-nya tetapi saya tidak hehehehe…

Kalau kata orang jerman, Der Appetit kommt beim Essen. Artinya, selera makan berasal dari makanan. Nah, itulah saya. Jadi mama suka khawatir soal makanan dan berat badan saya, jika hidup terpisah dari orangtua seperti sekarang ini. Inilah alasan saya ngobrol sama mama soal temulawak yang merangsang selera makan hari ini. Ternyata ramuan temulawak mujarab, sehingga saya jadi doyan makan.
Mama yang berasal dari jawa telah mengajari saya menyukai minum jamu atau minuman herbal, termasuk temulawak. Lalu iseng mama bertanya mengapa orang jawa tidak mudah sakit hati.

Ditanya pertanyaan tersebut, saya langsung jawab, “Karena orang jawa gampang legowo dan ‘nrimo.” Jawaban yang muncul berdasarkan pengamatan dan pembelajaran dari mama.

Dan mama pun tertawa hahahaha…

Terlepas pernyataan ini benar atau tidak bahwa orang jawa tidak mudah sakit hati. Wong belum ada data statistik penyakit berdasarkan suku hehehe… Mama bilang bahwa sari temulawak ternyata berkhasiat sejak jaman dulu untuk kesehatan hati (liver).

Oh ya, Ma? Langsung saya meluncur ke sumber bacaan buat ngecek.

Studi telah menunjukkan bahwa temulawak mampu melindungi sel-sel hati. Nama latinnya, Curcuma xanthorrhiza, temulawak memiliki rasa pahit sekali dan memang terbukti mampu menyembuhkan sakit liver. Rahasia di balik keampuhan temulawak terletak pada rimpang yang mengandung paratoluilmetilkarbinol dan kamfer yang membentuk suatu senyawa yang sifatnya merangsang hati untuk giat memproduksi cairan empedu yang dapat mengurai lemak.

Agar tidak mudah sakit hati, silahkan mengkonsumsinya. Bahkan, industri farmasi sekarang sudah membuatnya dalam kemasan yang tidak berasa pahit seperti kita meminum sari rebusan aslinya. Buat saya, ramuan ini bisa juga menambah selera makan.

Sumber bacaan:
1. Mengenal lekak-liku Tubuh & Potensi Penyakitnya. Christina Krisnawati. (Curiosita, April 2005)
2. http://intisari-online.com/mobile/read/temulawak-pun-obati-sakit-hati

Leave a Reply

