8 Rekomendasi Cinderamata dari Indonesia untuk Pria WNA


Sebagai orang indonesia tentu ingin sekali bisa memberikan cinderamata khas negara sendiri kepada mereka yang berada di luar indonesia bahkan yang belum pernah ke indonesia. Apa yang muncul dalam benak anda bila anda memberikan sovenir kepada mereka pria WNA?

Berikut bisa menjadi inspirasi anda berdasarkan pengalaman:

1. Sarung
Indonesia kaya akan aneka tekstil dari Aceh hingga Papua. Dulu sewaktu perjalanan dinas, saya selalu membeli satu tekstil dari setiap lokasi daerah yang saya kunjungi sebagai cinderamata. Motifnya yang unik dan berciri khas akan membuat sarung tersebut terlihat elegan. Pilih bahan yang lembut meski harganya tidak murah. Sarung tenun asal Indonesia bagian timor seperti flores atau sarung khas dari wilayah sulawesi menarik untuk tanda mata.

2. Syal/penutup kepala
Selain buat gaya, syal yang kerap dijadikan penutup kepala buat kebanyakan pria ternyata bukan sembarangan. Dalam syal yang saya temui di jogjakarta, syal itu bermotif khusus seperti peta indonesia atau dongeng pewayangan. Bila tidak dimanfaatkan sebagai penutup kepala, syal bisa dimanfaatkan sebagai hiasan dinding setelah dipermanis dalam pigura yang cantik. Syal juga bisa dimanfaatkan untuk penghangat kala musim dingin yang dililitkan di leher.

image

(Contoh syal tenun yang bisa dililitkan di leher dan bermanfaat saat musim dingin. Sumber foto: Dokumen pribadi)

3. Dasi batik

image

(Aneka dasi batik buat sovenir. Sumber foto: Dokumen pribadi)

Nah, ini jadi favorit saya sebagai cinderamata. Meski tak setiap pria mengenakan dasi untuk bekerja, tetapi dasi batik khas indonesia ini memang unik. Berbeda dengan dasi pada umumnya, motif dasi batik memang tiada duanya di dunia. Patut dicoba, ya.

4. Lukisan
Bila anda mengetahui karakter penerima sovenir yang suka pada lukisan, anda mungkin bisa memberikan lukisan khas indonesia yang terbuat dari alam atau tidak melulu dari kanvas. Jika memiliki permintaan khusus, anda bisa tanyakan selera lukisan yang digemari. Harga lukisan memang terbilang “wah” bagi kocek anda, namun pemberian lukisan ini akan sangat berarti bagi penerimanya. Jadi, siapkan tabungan anda?!

5. Buku “Sightseeing Indonesia”
Bila penerima sovenir adalah backpacker sejati dan suka berpetualang, buku tentang rekomendasi wisata indonesia akan sangat disukainya, seperti buku terbitan Lonely Planet. Cari buku yang memang edisi terbaru sehingga layak untuk dijadikan panduan wisata ke indonesia. Lalu selipkan kalimat di sampul buku, “Welcome to Indonesia”.

6. Kaos/Baju batik
Bagi anda yang sudah paham ukuran dan selera penerima sovenir, barangkali kaos bertuliskan indonesia atau nama-nama tempat di indonesia bisa dibungkus sebagai cinderamata. Ada pula kaos batik yang juga berbahan katun dan khusus didesain untuk pria. Demikian pula baju atau kemeja batik sepanjang ada paham ukuran, model, warna dan motif dari si penerima sovenir.

image

(Contoh baju khas dari Sumatera Utara untuk Pria. Sumber foto: Dokumen pribadi)

Jangan sungkan-sungkan untuk bertanya pada pria incaran penerima sovenir, karakteristik baju atau kaos yang disukainya. Sayang ‘kan jika sudah membeli tetapi tidak pernah dipakai oleh si empunya kaos/baju. Jadi pertimbangkan dulu bila ingin memberi sovenir seperti ini karena beberapa kali saya menemukan ketidakcocokan mulai dari ukuran, selera, warna hingga bahan.

7. Handuk batik/piyama batik
Ide ini saya temukan saat saya sedang mencari sovenir di toko batik. Si petugas toko menyampaikan bahwa ia baru saja melayani pesanan turis amerika dan jepang yang tertarik dengan handuk batik. Sayangnya stok handuk batik sudah habis sehingga saya tidak tahu rupa handuk batik yang disampaikannya. Ada pula piyama batik yang biasa dipakai dalam kamar. Ide ini saya dapatkan ketika saya dan beberapa staf WNA menginap di hotel ternama di solo. Sangking sukanya pada piyama batik, saya memintakan ke manajer hotel sebagai cinderamata untuk teman WNA saya yang “jatuh cinta” dengan piyama batik. Menarik, ya?

8. Pernak-pernik (gantungan kunci, asbak, pipa cerutu, hiasan meja, korek api bermotif, kartu pos, pembatas buku, dsb)
Ide pernak-pernik saya temukan dari pengalaman bila saya pergi keluar negeri dan membawa sovenir buat teman-teman saya. Mudah ditemukan dan harganya terjangkau untuk kocek saya. Untuk pernak-pernik ini coba sesuaikan dengan karakter si penerima sovenir, misalnya merokok (korek api bermotif, pipa cerutu, asbak), suka membaca (pembatas buku bentuk wayang, kartu pos), dsb. Urusan pernak-pernik, bisa anda pilihkan hal yang netral seperti gantungan kunci, tempelan kulkas, hiasan meja, dsb.

Semoga ide di atas membantu anda dalam memilihkan sovenir atau cinderamata khas indonesia bagi mereka pria WNA. Kenapa pria? Karena selera para pria sulit ditebak apabila diberikan tanda mata dari perempuan, begitu ‘kan? Hehehehe…

Baca juga link serupa disini https://liwunfamily.wordpress.com/2014/03/29/tips-membeli-cinderamata/

One thought on “8 Rekomendasi Cinderamata dari Indonesia untuk Pria WNA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s