Mencermati Gaya Komunikasi Orang Jerman


Apa yang anda pikirkan pertama kali saat berkomunikasi dengan orang Jerman yang baru anda kenal?

image

(Mengamati orang jerman di pusat keramaian di sudut kota München. Sumber foto: Dokumen pribadi)

Berikut adalah hasil pengamatan dan bacaan tentang gaya komunikasi orang Jerman pada umumnya.

1. Berbicara langsung dan tidak suka basa-basi
Orang jerman sangat menghargai waktu, begitupun saat berkomunikasi. Mereka lebih suka “to the point” terhadap pembicaraan. Basa-basi memang kerap menjadi bumbu komunikasi tetapi kadang-kadang menjadi tidak jelas dan menimbulkan permasalahan. Orang jerman adalah orang yang teratur, terencana dan sistimatis sementara basa-basi hanya mengulur waktu dan diluar rencana atau konteks bicara. Jadi jika anda akan membuat pertemuan/rapat bisnis atau yang menyangkut seputar pekerjaan, upayakan pertemuan yang berencana, bertujuan dan sistimatis. Jika pasangan anda atau orang terdekat anda adalah orang jerman, nyatakan secara langsung maksud anda ketimbang anda meminta mereka menebak pembicaraan.

2. Berwajah serius untuk pertama kali dan akan bersikap ramah dan terbuka bila sudah mengenalnya.
Jika dibilang tidak suka senyum, orang jerman salah satunya. Bukan karena mereka pelit senyum tetapi mereka hanya bersikap ramah, termasuk senyum bila sudah kenal dan akrab. Di tempat umum, wajah mereka terlihat serius dan tertutup. Budaya senyum kepada siapa saja tidak berlaku pada orang jerman untuk orang asing atau tidak dikenal baik. Mereka bukan sombong tetapi memang demikian adanya.

3. Kontak mata saat berbicara
Bagi mereka yang menghindari kontak mata saat berbicara bisa disebabkan karena persoalan budaya yang memang mengajarkan begitu. Dipandang tak sopan jika menatap mata langsung. Selain itu, menghindari tatap mata bisa jadi karena persoalan internal yang menyangkut kebenaran yang disampaikan atau kepercayaan diri terhadap lawan bicara. Ini tidak berlaku di Jerman. Bila sepasang kekasih atau suami isteri asal Jerman, mereka akan saling memandang satu sama lain. Mereka terlihat mesra dari tatapan mata. Untuk urusan komunikasi, orang jerman dapat dikatakan suka berbicara jujur sehingga mengandalkan kontak mata sebagai bagian komunikasi non verbal.

4. Jujur dan mungkin sedikit menyakitkan
Seperti dikatakan di atas, orang jerman suka berbicara jujur dan apa adanya. Mereka adalah orang yang langsung (direct) yang memang bagi sebagian orang komentar mereka bisa sedikit menyakitkan. Jadi jangan marah jika mereka berbicara apa adanya tentang anda. Jangan khwatir, saya belum menemukan orang jerman sampai sekarang yang suka mendendam. Mereka juga orang yang logis dan rasional. Istilah dalam bahasa Indonesia, jangan dimasukkan ke dalam hati.

5. Kontak tubuh
Jika di atas kita membahas kontak mata, orang jerman juga orang yang ekspresif untuk melakukan kontak tubuh. Pertama kali bertemu, mereka akan menjabat tangan dengan hangat sambil menepuk bahu anda. Itu wajar. Pertama kali saya bertemu orang jerman di bagian selatan, mereka akan mengajak kita berpelukan sambil “cipika cipiki” atau cium pipi. Itu adalah bentuk sapaan yang hangat baik pria maupun wanita. Mereka memperlakukan wajar dan sama, terutama jika akrab dan sudah kenal baik.

6. Formal
Lingkup pertemanan orang jerman sangat terbatas. Mereka lebih memikirkan kualitas hubungan, karena mereka selektif dan ketat. Mereka termasuk lambat dalam urusan persahabatan. Dengan begitu, mereka bisa membedakan urusan dalam pekerjaan/bisnis dengan persolan pribadi/keluarga. Dalam bahasa jerman dikenal ‘you’ untuk konteks formal dan informal. Terhadap orang asing atau baru bertemu, maka orang jerman akan memanggil “Sie” sedangkan untuk sapaan informal atau sudah dikenal dengan sapaan “Du”. Mereka akan berhati-hati dalam berbicara dan menyapa dengan “Sie”. Sebagai contoh untuk memanggil dokter perempuan, mereka akan menyapa “Guten Morgen, Frau Doktor”. Untuk salam formal, mereka menempatkan gelar akademis. Dalam situasi formal, perempuan disapa “Frau” dan laki-laki disapa “Herr”.

7. Mampu membedakan urusan bisnis atau pekerjaan dengan hal pribadi
Orang jerman tidak suka membicarakan atau mencampuradukkan urusan bisnis dengan persoalan pribadi. Dalam urusan pekerjaan, mereka akan fokus pada hal-hal bisnis/pekerjaan. Orang jerman jarang mengundang untuk ke rumah mereka, bila itu terjadi maka komunikasi informal yang dimaksud.

8. Pentingnya janji dalam pertemuan dan disiplin waktu
Dianggap tidak sopan jika kita berkunjung ke rumah kerabat di Jerman tanpa janji. Apa pun dalam segala urusan bisnis dan sosial, kita membuat janji bertemu. Jerman merupakan negara yang teratur, tertib dan disiplin dengan istilah “termin”. Jika kita mendapatkan undangan berkunjung atau memiliki pertemuan dengan orang jerman, kita diharapkan datang tepat waktu. Mereka yang datang terlambat atau tidak tepat waktu dipandang tidak sopan. Mereka sangat menghargai waktu. Dalam sapaan formal, mereka akan memanggil nama belakang (nama keluarga) kepada anda pertama kali.

9. Rasional, berpikir deduktif dan logis
Jerman adalah orang yang suka berpikir deduktif dan membangun pengetahuan teoritis untuk sebuah argumen. Mereka lebih menerima segala hal yang rasional dan logis. Mereka cenderung kritis, suka berdebat dan mengkaitkan pertanyaan dengan subyek terkait atau fokus. Mereka akan mengatakan “Anda salah” secara blak-blakan dalam urusan pekerjaan.

10. Sedikit yang berbicara bahasa inggris.
Tak banyak dijumpai orang jerman bisa berbicara dalam bahasa inggris yang baik dan benar. Semua hal untuk publik lebih banyak dituliskan dalam bahasa jerman. Bahkan untuk nonton film impor buatan Hollywood misalnya, Jerman sudah mengalihbahasakan menjadi bahasa jerman. Mereka akan sangat menghargai bila kita bisa berbicara bahasa jerman meski masih terbata-bata. Ucapkan “Hallo” atau “Servus” sebagai sapaan pembuka.

Bagaimana? Sudah mulai percaya diri berkomunikasi dengan orang jerman? Sekarang tingkatkan bahasa jerman anda dengan baca link berikut: https://liwunfamily.wordpress.com/2014/02/04/belajar-bahasa-asing-deutsch-ist-nicht-einfach/

Sumber bacaan:
1. https://sites.google.com/site/natapornthoheng/communication-style/german-communication-styles
2. http://www.iorworld.com/germany-cultural-insights—worldview—cultural-assumptions—communication-style—business-practices-pages-479.php
3. https://navigators.web.unc.edu/2012/04/23/communication-styles-in-germany-and-the-united-states/

4 thoughts on “Mencermati Gaya Komunikasi Orang Jerman

  1. Danke! Artikelnya bener banget :v
    Saya punya teman orang Jerman dan dia terlampau jujur, to the point, tapi meski perkenalan pertama cukup weird, lama-lama dia itu orang yang kocak haha. Suka artikelnya!

    Like

  2. Hi there,

    Thanks for visiting my blog. Above is all my opinion🙂 I tried to write in English but it seems wierd.

    Cheers,

    Like

  3. Hi, thanks for this article. It helps me to stay here. Vielen Dank, Anna!!! Even though I must use translate tools to understand loll… That’s cool, Anna!!!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s