Anda Layak Tinggalkan Mantan Kekasih: Tips Bagi Perempuan


Memang benar hanya sebentar saja kita sudah bisa berkenalan tetapi butuh bertahun-tahun buat melupakan seseorang yang pernah hinggap di hati. Saya sadar betul bahwa sulit bagi seorang perempuan agar dapat bangkit dan mencari orang lain sebagai kekasih baru.

Seperti pepatah bilang, ” Do not try to forget someone whom you love but try to get better.” Itu kata sahabat saya, WNA Perancis kala kami makan siang usai membahas teman kami yang baru saja putus cinta.

image

(Sumber foto: Dokumen pribadi)

Namun, anda harus bersyukur karena layak meninggalkan mantan (ex) kekasih anda, bila:

1. Dia membuat anda menjadi lebih buruk
Jatuh cinta memberi perubahan. Perubahan yang dimaksud adalah perubahan untuk menjadi lebih baik. Dulu anda malas memasak, berpacaran dengannya membuat sering memasak. Atau, anda dulu jarang sembahyang tetapi sejak kenal dan berpacaran, anda mulai rajin beribadah. Berpacaran itu memberi perubahan untuk menjadi pribadi lebih baik dan mulia lagi. Jika dia membuat anda tampak buruk dan tidak disukai oleh keluarga dan sahabat-sahabat anda, sebaiknya tinggalkan saja. Masih ada semiliaran pria yang layak anda cintai.

2. Dia membuat anda menangis dan bersedih
Hidup ini sudah susah, jangan bebani anda dengan permasalahan tentang dia dan segala hal yang semakin membuat anda menangis. Seharusnya kehadiran dia akan membuat anda bahagia. Bahagia memang tak melulu dengan tawa sukacita tetapi paling tidak, anda tidak menderita karena perilaku si dia. Jika dia membuat anda menangis dan bersedih, buat apa menahan penderitaan bersama dengannya. Kehadiran cinta seharusnya memberi sukacita dan kebahagiaan bagi seseorang.

3. Secara fisik, dia menganiaya anda
Aduh, anda berpacaran dengan pria yang memiliki tabiat pemukul dan pemarah? Jangan tunda lagi, lupakan pria macam ini. Seorang ayah saja tak sampai hati memukul anda sebagai anak putrinya, apalagi dia yang belum memberikan hidupnya untuk anda. Dia yang pernah menganiaya anda dan berjanji tidak akan melakukannya lagi, adalah hal yang mustahil. Seseorang yang suka melakukan kekerasan akan berlaku sama dan bisa kompulsif bila tidak ditangani secara psikologis dengan tepat.

4. Orangtua, keluarga dan teman-teman tidak menyukai anda bersama dengannya
Jangan sepelekan komentar dan saran orangtua, keluarga dan teman-teman dekat anda tentang si dia. Anda tak mungkin berlari dan hidup terpisah dari orangtua, keluarga dan teman-teman hanya demi menghabiskan waktu dan hidup anda bersama dia. Mereka pasti punya alasan tersendiri mengapa dia tak layak untuk anda. Intuisi mereka bisa jadi tepat. Seperti pepatah bilang, cinta juga butuh logika. Jika orang yang menyayangi kita saja tak menyukai dia bersama anda, buat apa anda memperjuangkan dia?

5. Hati kecil anda selalu ragu dan jarang mempercayainya. Anda mendapati dia berbohong. Anda merasa ragu terhadap perkataannya. Sebaiknya jangan sangkal hati nurani anda. Sebagai perempuan, anda diberi kelebihan intuisi yang kuat untuk mengenali tanda-tanda orang yang anda cintai. Jadi terima saja perasaan anda jika memang ragu-ragu dan tak mempercayainya.

6. Dia selalu mengelak jika berbicara hubungan yang serius
Perempuan selalu berharap hubungannya akan memberi kebaikan untuk serius di masa depan. Jika anda dan dia tak pernah membicarakan masa depan, bagaimana anda bisa mempertahankannya? Keseriusan seorang pria terlihat dari bagaimana ia memantapkan pilihan hidupnya pada seorang perempuan. Jika sekedar berteman, bisa anda dapatkan dari orang lain, apa bedanya teman dengan kekasih? Ajaklah dia berdiskusi tentang masa depan sebagai hal yang serius. Jika dia mengelak, anda sudah tahu jawabannya. Dia memang tak layak untuk anda.

7. Kerap anda dan dia selalu berkonflik karena berbeda pandangan
Berbeda bukan berarti halangan. Sama bukan berarti jodoh. Anda yang paling mengetahui seberapa kualitas hubungan anda dengannya yang tampak dari pertukaran pandangan dan pendapat. Jika perbedaan lain masih bisa diatasi, bagaimana dengan perbedaan pandangan hidup anda dan dia? Mungkinkah masih bisa dipersatukan? Membangun jalinan kasih bukan diperlukan kesatuan perbedaan tetapi pemahaman untuk bisa menerima perbedaan.

8. Anda lebih banyak berkorban untuknya
“It takes two tanggo”. Anda tahu tarian Tanggo? Tarian yang menampilkan gerakan yang dinamis dan atraktif ini memerlukan dua orang untuk tampil (show up). Begitu pun dalam jalinan kasih. Jika hanya anda yang lebih banyak mengorbankan waktu, tenaga dan materi untuk dia sementara dia tidak bergeming.menyadarinya, buat apa diteruskan? Cinta memang butuh pengorbanan tetapi pengorbanan kedua belah pihak, bukan sepihak.

Hanya anda yang paham pria seperti apa yang anda butuhkan dan inginkan. Anda layak dicintai oleh pria yang hebat. Karena anda berada di balik kehebatan seorang pria. Jadi bersyukurlah bahwa anda berhasil meninggalkan dia, mantan kekasih.

4 thoughts on “Anda Layak Tinggalkan Mantan Kekasih: Tips Bagi Perempuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s