10 Cara Wujudkan Impian Berkunjung Keluar Negri


image

(Pilih yang paling mudah dan dekat dulu, Singapura. Tampak foto bandara Changi di Singapura. Sumber foto: Dokumen pribadi)

Beberapa dari teman dan kerabat bertanya bagaimana saya bisa meraih kesempatan keluar negeri karena maklum saja boleh dibilang saya bukan anak orang kaya. Jadi selama ini modal saya jalan-jalan hanya nekat, tekad dan berkat. Saya bersyukur bahwa dengan modal sendiri saya bisa mewujudkan impian yang dulu hanya saya baca di buku dan saya tonton di televisi.

Mengeksplorasi dalam negri dulu? Sudah saya lakukan selama saya bekerja di Indonesia. Saya sudah mengunjungi dari Aceh hingga Papua karena tugas kantor.

image

(Sempatkan mampir ke Papua New Guinea saat dapat tugas kantor sebulan di Papua. Sumber foto: Dokumen Pribadi)

Bagi saya, yang terpenting adalah anda tidak bisa membeli pengalaman karena pengalaman anda menikmati perjalanan di negri orang sangat berkesan dan belum tentu dialami oleh semua orang.

Semoga ide berikut bisa menjadi inspirasi:

1. Berhemat, Tekun kerja dan Menabung
Setiap perjalanan keluar negri memang memerlukan biaya yang tak murah. Oleh karena itu, giatlah bekerja dan berhemat misalnya dengan bawa bekal ke kantor, tidak membeli barang yang tidak dibutuhkan dan mengurangi jajan. Tak hanya itu, konsisten menabung dengan menyisihkan sepersekian persen dari pendapatan kita setiap bulan. Cari tambahan penghasilan untuk mengisi pundi-pundi tabungan anda. Ingat juga anda masih butuh kerja dan hidup disini, jadi kalkulasikan total perjalanan baru kemudian dibagi per bulan untuk kewajiban menyisihkan di tabungan. Jangan habiskan semua tabungan anda untuk wisata keluar negeri!

2. Ikutan undian berhadiah
Ini pengalaman teman saya yang selama hidupnya belum pernah keluar negri. Ia ikut lomba undian berhadiah ke Italia. Saya pun kaget luar biasa. Biaya sepenuhnya ditanggung sponsor. Siapa sangka hanya membeli barang lima ribu rupiah, ia bisa mendapatkan kesempatan itu. Nasib orang siapa yang tahu ya!

image

(Berkunjung ke Thailand, salah satu favorit saya karena undangan teman baik di sana. Pengumuman pijat yang terpasang di Phi-Phi Island. Sumber foto: Dokumen pribadi)

3. Perluas relasi pertemanan antar negara
Nah, anda tak pernah menyangka juga kisah teman kerja saya yang pemalu ini dan juga belum pernah keluar negri. Jangankan keluar negri, keluar dari pulau jawa saja belum pernah. Mojang asal Bandung ini diundang oleh temannya yang dikenal di internet hanya karena salah kirim email. Hubungan pun berlanjut hingga akhirnya ia berkesempatan mengunjungi negri Mesir. Wow!!! Lain lagi kisah saya, saya sudah empat kali mengunjungi Thailand dan selama tiga kali berturut-turut saya mendapatkan undangan dari teman WNA USA yang bekerja di Thailand. Dengan ada teman di negeri orang tersebut, kita lebih merasa aman dan nyaman. Namun ada hal yang harus diwaspadai, tidak semua orang yang anda kenal di dunia maya adalah teman baik. Jadi selidiki dulu teman tersebut baru putuskan keberangkatan. Siapa tahu akomodasi dan biaya makan ditanggung oleh teman ini? Who knows ya!

4. Melamar kerja di luar negri
Jika anda punya keahlian dan latar belakang akademis yang baik, mengapa tidak mencoba kerja di luar negri? Ada anak dari teman kerja saya, berusia 25 tahun dan mencoba peruntungan dengan bekerja di perusahaan minyak di Kuwait. Kini anak tersebut telah berpindah tugas di Dubai. Luar biasa bagi si Ibu yang adalah rekan kerja saya ini. Tidak harus ahli juga, ada website yang menawarkan tenaga sukarelawan (volunteer) dengan gaji tak seberapa tetapi anda punya kesempatan dan pengalaman luar biasa. Saya pernah bertemu di Penang seorang Sukarelawan asal UK yang menjadi guru bahasa Inggris di banyak negara Asia. Bahkan di usia senjanya itu, ia tak mau kembali ke negaranya dan memilih menghabiskan diri dengan pesiar dan sukarelawan di negara Asia. Menarik bukan?

5. Menikah dengan WNA (=Warga Negara Asing)
Nah, ini dia buat yang beruntung bertemu jodoh WNA. Selamat bagi anda! Bukan tidak mungkin anda punya kesempatan mengunjungi negerinya, berjumpa dengan keluarganya. Saya bertemu jodoh saya, WNA Jerman di Jerman saat saya sedang mencari studi. Harap diingat ya bahwa semua atas dasar cinta, bukan status kewarganegaraannya atau materi yang dimilikinya. Sepupu saya pun bertemu dengan suaminya, WNA Australia di Bali. Jadi tak harus keluar negeri untuk bertemu jodoh WNA. Bisa juga ikutan datingsite, tetapi harap diingat bahwa jangan mudah percaya juga karena maraknya kasus scammer dan kriminalitas maka diperlukan kewaspadaan anda. Ada juga keberuntungan menghampiri teman gereja saya yang juga bertemu jodoh yang diinginkannya di usia yang tak lagi muda. Wanita berusia kisaran 45 tahun ini berjumpa dengan suaminya, WNA Macedonia di internet sementara ia sendiri belum pernah tahu Macedonia apalagi jalan-jalan keluar negeri. Jangan putus asa, bagi Tuhan segalanya itu mungkin.

6. Mengambil studi di luar negeri
Melamar beasiswa di kampus ternama di luar negeri adalah cara yang banyak juga dilakukan. Selama studi, selain menimba ilmu, anda juga mendapatkan pengalaman yang luar bisa bergaul dan menambah pertemanan dengan mahasiswa dari berbagai negara. Siapa tahu anda bersahabat baik lalu suatu saat mengunjunginya lagi di negaranya? Ada beberapa teman kerja saya memang mengambil studi di luar negri dan berpeluang buat mengunjungi negara lainnya atas undangan sahabat kuliahnya dulu. Teman saya mengambil studi di Belanda, lalu punya teman dekat orang Spanyol, jadilah dia berkunjung ke Spanyol beberapa kali.

7. Kerja di kapal pesiar
Punya ketrampilan berbahasa inggris dan bisa terampil dalam hospitality, cobalah melamar di kapal pesiar. Anak dari teman Ibu saya, bekerja di kapal pesiar. Memang sih kesempatan bersama keluarga tidak setiap saat tetapi pengalaman mengunjungi luar negri dengan kapal pesiar sungguh luar biasa. Jika anda tertarik, ada agen penyalur juga. Atau, anda bisa cari informasinya melalui internet.

8. Berprestasi/Lomba Ilmiah
Nah, ada banyak tawaran berprestasi yang berseliweran di media online dan media cetak. Apa keahlian anda? Kembangkan itu dengan tekun. Lalu jangan ragu untuk mencoba! Sepupu dari teman saya berkesempatan ke Jepang karena berhasil memenangkan kompetisi berprestasi di kampusnya. Mahasiwa jurusan kedokteran Universitas Indonesia ini berhasil menjadi juara pertama dan berangkat ke Jepang. Impiannya ke Jepang menjadi nyata dengan perjuangannya memenangkan kompetensi berbakat.

9. Berburu tiket pesawat murah
Awal saya bisa berangkat keluar negri adalah hasil perburuan tiket murah dari rekan kerja di kantor lama. Ia menawarkan tiket pesawat Jakarta – Ho Chi Minh City dengan harga murah. Untuk ambil tiket murah, pilih waktu yang jauh, misalnya 6 bulan hingga 1 tahun sehingga anda punya waktu untuk menabung. Lumayan kan?! Dengan tiket murah, sekarang siapa pun bisa keluar negeri. Jadi silahkan berburu tiket murah.

10. Peluang kerja di Indonesia yang lebih baik
Ada teman saya yang memiliki sepupu yang bekerja di perusahaan skala internasional, beruntung dia bisa bekerja sambil berkelana dari satu negara ke negara lain. Jika saya bisa melakukannya di dalam negeri, sementara dia dapat melakukannya antar negara. Lain juga teman saya yang bekerja di organisasi internasional, ia mendapatkan kesempatan capacity building untuk staf di luar negeri. Ada pula teman baik saya yang menjadi marketing produk kecantikan USA yang setiap tahun dapat kesempatan ke USA untuk pertemuan reguler tahunan. Bukan pula tidak mungkin organisasi/perusahaan mengirim anda untuk sekolah lanjutan di luar negeri. Artinya segala kesempatan itu mungkin bila anda bekerja di perusahaan/organisasi besar berskala internasional. Tunggu apalagi? Patut dicoba nih.

Bagaimana menurut anda ide di atas? Apa anda tertarik mencoba salah satunya? Siapa tahu ada ide inspiratif lainnya yang muncul dari anda? Selamat mencoba😀

2 thoughts on “10 Cara Wujudkan Impian Berkunjung Keluar Negri

  1. #Rilis #↖(^ω^)↗
    #‎Buku‬ “Bertualang ke Taiwan”
    ‪#Terbitan‬ ‪#Gramedia‬
    Rp 55.000
    192 Halaman

    ‪#Baca‬ ‪#BukuBertualangKeTaiwan‬, Ikuti Petunjuknya,Rasakan Sensasi Petualangannya (^ω^)

    ‪#‎愛‬ 台灣 以前,的時候, 以後 (^ω^)
    Love Taiwan Before, During, and After

    Taiwan is a Beautiful Heart
    Because Taiwan Will Touch you (^ω^) ‪#BKT

    Like

Leave a Reply

