8 Rekomendasi Menghemat Biaya Akomodasi


image

(Apartemen bisa dipandang murah bila anda tinggal lama, sebulan misalnya. Anda juga bisa merasakan sensasi seperti di rumah sendiri. Sumber foto: Dokumen pribadi)

Selama ini kita berpikir bahwa hanya hotel saja tempat kita “tinggal sementara” saat kita travelling. Padahal ada beberapa rekomendasi yang dapat dilakukan untuk memangkas besaran alokasi akomodasi yang dikeluarkan. Boleh dibilang biaya akomodasi terbilang besar saat kita travelling.

Berikut inspirasinya:

1. Guest House/Bed&Breakfast/Hostel

image

(Salah satu guest house yang saya temukan di Thailand Selatan. Sumber foto: Dokumen pribadi)

Sebenarnya semua istilah ini hampir sama dan mirip, yakni mini hotel yang menawarkan fasilitas menginap dan sarapan pagi. Ada pula pilihan, tidak termasuk sarapan pagi dan biaya menginap jadi berkurang. Sebagian besar hostel, guest house, B&B menyediakan dapur umum yang bisa dimanfaatkan untuk kita memasak, menghangatkan makanan, buat minum sendiri dengan aturan tertentu, misalnya jika masak dengan menu khusus mungkin ada biaya tambahan. Daripada beli minum di luar, kita bisa buat minum kopi/teh atau minuman lainnya dengan dispenser yang disediakan. Semakin hemat ‘kan. Biaya menginap disini tentunya lebih murah dibandingkan hotel.

Bisa juga trik yang satu ini dicoba, jika anda hanya beberapa jam saja (tidak sampai 12/24 jam) cobalah menawar harga di guest house tersebut asalkan selama tinggal di situ, tidak berganti hari. Siapa tahu anda bisa dapat harga murah? Trik ini ternyata berhasil tergantung pada keahlian anda negosiasi dengan pemiliknya.

2. Dormitory
Ini adalah pilihan satu kamar berisi empat, enam, delapan hingga dua belas orang. Pastinya lebih hemat karena anda tidak menyewa kamar seluruhnya. Pilihan ini juga bisa untuk anda yang berangkat travelling berkelompok (group). Selain itu, anda bisa sekalian mendapatkan teman baru sekamar dari berbagai negara. Namun, ada beberapa ketentuan yang perlu diperhatikan bila tidur di Dormitory, seperti kemanan, ketenangan dan kebersihan. Ada orang tertentu tidak suka suara bising dalam kamar atau lampu harus dimatikan bila tidur, barang-barang pribadi tidak berserakan dsb. Jadi hormati penghuni yang lain juga agar anda tidak menjadi “pusat perhatian dan pembicaraan” sesama penghuni kamar.

Bila anda tidak merasa nyaman dengan Dormitory campur, yakni satu kamar bersama lelaki dan perempuan, anda juga bisa mencari pilihan dormitory yang khusus perempuan saja. Memang harga dormitory campur lebih murah hanya saja anda perlu pertimbangkan kenyamanan dan keamanan. Beruntung jika Dormitory campur yang anda pilih berpenghuni perempuan semua.

Siapkan pengaman khusus untuk barang pribadi dan berharga. Sebaiknya barang berharga tidak ditinggal di dormitory. Jaga kebersihan dan ketenangan kamar.

3. Apartemen
Sekarang ada pilihan juga untuk tinggal di apartemen. Anda akan berhemat bila anda berangkat dalam kelompok kecil, tiga sampai lima orang dan menyewa satu apartemen bersama. Anda juga akan semakin berhemat karena biasanya pilihan menginap yang ditawarkan mulai dari satu bulan, tiga bulan, dst. Ada pula apartemen yang menghitung biaya per hari tetapi biasanya harganya jadi lebih mahal.

Apartemen jadi pilihan karena anda seperti berada di rumah sendiri. Anda bisa memanfaatkan keahlian memasak anda dan mengurangi konsumsi di luar.

Hal yang perlu diperhatikan adalah anda harus menyetor deposit yang jumlahnya lumayan besar sebagai jaminan. Anda harus menjaga dan merawat barang-barang dalam apartemen. Bila rusak, ada ketentuan khusus biayanya.

4. Bandara
Ini sebenarnya bukan pilihan yang baik karena beberapa bandara melarang untuk menginap kecuali hal/situasi tertentu. Saya bisa menghemat biaya akomodasi dengan mengambil rute penerbangan tengah malam, sampai di negara tujuan dini hari dan tak mungkin keluar bandara. Lalu istirahat di bandara hingga pagi hari, berangkat ke hotel pagi hari dan biasanya belum boleh ‘check in’ dulu, titip barang dan langsung memulai wisata di hari pertama. Hemat satu hari ‘kan?

Ada pula pengalaman teman saya yang bisa menumpang di bandara hingga satu minggu sepanjang tidak diketahui petugas bandara. Jika kita kedapatan, sanksi dan dendanya besar juga.

5. Rumah teman/kerabat yang dikenal
Ini suatu keberuntungan jika anda punya kenalan kerabat/teman yang memiliki tempat tinggal. Anda akan berhemat untuk pengeluaran akomodasi. Namun diskusikan kepada kerabat/teman anda tersebut, ketentuan yang berlaku jika anda menumpang tinggal disitu. Apakah ada biaya tambahan?

Atau misalnya teman/kerabat anda tinggal di asrama, apakah bisa numpang tinggal bersama? Jangan sampai kehadiran anda malah menimbulkan masalah. Saya pernah numpang di flat teman saya hanya boleh dua malam saja, selebihnya saya harus tidur di luar.

6. Sleeping bus (Bis malam)
Di beberapa kota tertentu, ada pilihan sleeping bus yang menyediakan tempat duduk sekaligus bed untuk tidur. Namanya sleeping bus, pastinya perjalanan akan dimulai malam hari hingga menuju dini hari. Anda bisa berhemat untuk tidak mengeluarkan biaya akomodasi ‘kan?

Hal yang perlu diperhatikan bila anda perempuan pergi seorang diri di malam hari di kota yang asing dan terpencil, sebaiknya urungkan saja. Jika anda pergi dalam jumlah kelompok kecil, tentu akan membantu anda menghemat biaya menginap.

Sleeping bus biasanya harganya lebih mahal dibandingkan harga bis reguler tetapi tidak sampai semahal tidur di hostel. Siapkan makanan dan minuman selama perjalanan. Soal toilet, dijamin pastinya tersedia dengan baik dan bersih.

7. Rute penerbangan malam hari

image

(Memilih rute penerbangan malam hari memungkinkan anda menghemat biaya akomodasi. Sesampai di pesawat, siapkan strategi tidur nyaman anda. Sumber foto: Dokumen pribadi)

Jika saran di atas tidur di bis, ini juga saran menghemat dengan tidur di dalam pesawat. Dengan memilih rute penerbangan malam hari, anda sudah berkurang satu malam untuk menginap atau berkurang satu malam biaya akomodasi.

8. Berkemah
Berkemah bisa jadi pilihan bila lokasi wisata yang anda tuju bersentuhan langsung dengan alam terbuka dan diperbolehkan untuk berkemah. Jika memang diijinkan, anda perlu mencari informasi tentang keamanan dan kenyamanan lokasi kemah anda. Persiapkan pula tenda dan perlengkapan memasak lainnya. Selain lebih murah, anda juga bisa bersentuhan langsung dengan alam sekitar.

Selamat mencoba😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s