5 Langkah Mudah Atasi Cemburu


image

(Jangan sampai anda dibutakan oleh rasa cemburu yang tak sehat. Sumber foto: Dokumen pribadi)

Pernah mengalami cemburu pada pasangan? Itu normal dan wajar. Bila kita tak pernah menaruh rasa cemburu sedikit pun terhadap pasangan, sebaiknya anda harus waspada, apakah cinta anda sudah mulai memudar?

Berikut lima langkah mudah mengatasi rasa cemburu terhadap pasangan:

1. Beri kepercayaan pada pasangan anda
Menurut anda, percaya dulu baru mencintai atau mencintai dulu baru mempercayai? Kepercayaan adalah modal utama untuk memulai suatu relasi, tidak hanya relasi suami isteri tetapi juga relasi umum harafiahnya. Jika sudah menikah, artinya anda menaruh kepercayaan anda pada pasangan. Bila anda mudah cemburu, curiga, selalu bertanya dan menginterogasi berarti anda belum sepenuhnya percaya kepada pasangan. Lalu untuk apa menikah jika belum mempercayai orang yang selama ini menemani tidur anda? Beri kepercayaan pada pasangan. Tentu, anda pun akan bahagia mendapatkan kepercayaan sepenuhnya dari suami/isteri.

2. Pupuk kepercayaan diri anda
Seorang artis ternama sempat ditanya oleh wartawan, “Apakah anda tidak cemburu melihat isteri anda bermain film dan beradegan mesra dengan lawan mainnya?” Jawab si artis, “Buat apa saya cemburu. Saya ‘kan lebih ganteng dan hebat daripada semua pria di dunia ini.” Tentu ia menjawab begitu karena ia adalah satu pria di seluruh dunia yang dipilih untuk dinikahi. Jadilah percaya diri. Orang yang cemburu menandakan bahwa ia merasa minder dan kurang percaya diri.

3. Berpikir positif
Selalu tanamkan hal-hal positif dalam diri anda agar tindakan anda pun positif. Cemburu adalah hal yang negatif. Cemburu yang berlebihan dan ekstrem tidak hanya menyerang pasangan anda tetapi juga melukai jiwa dan raga. Banyak kisah asmara berakhir tragis hanya soal cemburu. Setiap rasa cemburu muncul alihkan perhatian anda dengan hal positif.

4. Ekspresikan perasaan anda
Mereka yang tidak bisa mengekspresikan perasaannya cenderung akan mengalami psikosomatis yang sangat merugikan anda sendiri. Nyatakan rasa ketidaksukaan anda. Nyatakan pendapat anda pada pasangan. Selesaikan apa yang menjadi kekhawatiran anda. Diskusikan langkah terbaik buat kedua belah pihak. Beri argumentasi, mengapa anda cemburu? Kemudian dengarkan pendapat pasangan mengenai hal itu.

5. Tulislah 10 hal, anda tidak boleh cemburu
Agar terhindar dari rasa cemburu yang berlanjut, tulislah sepuluh hal anda agar tidak cemburu. Misalnya, sudah menikah lebih dari 5 tahun; sudah punya anak yang ganteng dan cantik; saya adalah pasangan yang ganteng/cantik; dsb. Buatlah 10 alasan yang positif. Hindari kata negasi seperti, “Jangan”, “Tidak”, dsb. Bila cemburu menyerang, baca kembali tulisan tersebut.

Selamat mencoba😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s