Tak Bisa Tidur? Kenali Penyebabnya


image

(Membayangkan suasana liburan semisal di pantai saat menjelang tidur diyakini membantu anda untuk bisa tidur. Sumber foto: Dokumen pribadi)

Apakah anda tidak bisa tidur? Tidak enak rasanya bila anda bangun dalam keadaan lesu dan kurang tidur. Bahkan kurang tidur akan menyebabkan stamina tubuh dan produktivitas kerja menurun.

Berikut bisa jadi penyebabnya:

1. Lampu kamar dalam keadaan terang
Kebiasaan setiap orang untuk merasa nyaman saat tidur berbeda-beda, termasuk lampu kamar. Kebanyakan orang memilih tidur dalam keadaan gelap yang diibaratkan suasana malam. Anda bisa saja tak bisa tidur karena lampu dalam kamar yang menyilaukan mata. Jika anda merasa takut dengan suasana gelap, ganti lampu anda dengan lampu berwarna redup misalnya 5 watt. Anda bisa juga mengganti lampu jenis rheostat yang bisa diatur nyala lampunya. Di awal anda bisa gunakan dengan lampu yang paling terang hingga kemudian diatur lagi sampai paling redup. Metode ini cukup berhasil untuk mereka yang kesulitan tidur.

2. Suara bising
Ada orang yang tidak bermasalah bila mendengar suara bising. Namun ada pula yang merasa tidak nyaman dan susah tidur karena terlampau bising. Anda bisa menghentikan suara tersebut. Anda juga bisa mengakalinya dengan menggunakan ear plug. Anda juga bisa menyiasati dengan mendengarkan instrumen lembut dengan headset sambil berimajinasi tentang keindahan pantai atau suanasa liburan, misalnya.

3. Terganggu oleh handphone
Kini tercipta slogan, “cant live without smartphone everyday” apa pun aktivitas anda, handphone dengan beragam fitur dan fungsinya telah mengisi sebagian besar waktu anda, termasuk saat-saat menjelang tidur. Anda tentu tak akan bisa tidur dengan tenang jika masih mendengar seringnya bunyi “PING” berkali-kali ditambah nyala lampu bip karena ada email atau notifikasi yang masuk plus kecanduan untuk melihat notifikasi terkini dari media sosial yang anda miliki. Semua itu tentu mengganggu kenyamanan tidur anda. Singkirkan handphone anda. Selain mengganggu kenyamanan tidur, meletakkan handphone di dekat kepala dapat mengganggu jaringan kerja otak.

4. Masalah perut hingga minuman berkafein
Anda tentunya tidak akan bisa tidur jika perut anda lapar atau merasa kekenyangan. Oleh karena itu, siapkan waktu makan yang cukup sebelum tidur. Usahakan sudah makan dengan baik sehingga anda tidak bermasalah saat tidur. Jangan pula meminum minuman berkafein tinggi sebelum tidur. Bagi sebagian orang mungkin tidak berpengaruh, tetapi sebaiknya dihindari agar anda bisa leluasa tidur.

5. “Pikiran Monyet”
“Pikiran monyet” maksudnya adalah segala hal yang sedang anda pikirkan dan tidak terkendali sehingga memenuhi kepala anda yang diibaratkan saling berlompatan ke sana kemari seperti monyet. Sering orang berkata, tidak bisa tidur karena banyak pikiran. Cobalah rileks dan atur napas anda sehingga menjadi lebih stabil dan tenang. Kendalikan pikiran anda dengan mengalihkannya pada imajinasi yang menggembirakan seperti suasana liburan. Yakinlah bahwa segala sesuatunya dapat anda atasi dengan baik. Jangan biasakan tak bisa tidur dengan mengkonsumsi obat tanpa petunjuk dari dokter yang tepat.

6. Suasana yang dingin
Kedinginan juga bisa menjadi hambatan bagi anda untuk tidak bisa tidur. Sediakan selimut dan kaos kaki yang hangat. Anda juga bisa minum susu hangat yang membantu anda tidur lebih nyenyak lagi. Anda juga bisa menggunakan bantal penghangat yang biasa digunakan bayi untuk menghangatkan badan.

7. Partner kamar buat masalah
Jika anda tidur bersama orang lain yang bermasalah seperti mendengkur atau menyalakan lampu selama tidur, silahkan anda dan orang lain buat kesepakatan agar bisa sama-sama tidur nyenyak. Biasakan untuk saling menceritakan kebiasaan masing-masing untuk tidur bila anda tidak tidur sendirian.

8. Tidur berlebihan
Bila anda tidur berlebihan dalam satu hari, lebih dari 8 jam tentu anda akan sulit tidur saat malam hari. Usahakan untuk menghindari tidur siang kecuali anda membutuhkannya, misalnya sedang sakit. Isi aktivitas lowong anda saat siang hari dengan aktivitas yang membutuhkan gerak fisik sehingga anda akan tidur lebih nyenyak untuk pemulihan fisik dibandingkan tidur siang.

Kenali kebiasaan tidur anda sehingga jika anda tak bisa tidur, anda sudah tahu penyebabnya. Selamat tidur!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s