Tips Agar Pernikahan Langgeng


Anda ingin tahu apa rahasia agar pernikahan langgeng hingga maut memisahkan?

image

(Rahasia kelanggengan pernikahan terletak dari bagaimana anda selalu membuat diri anda jatuh cinta pada pasangan setiap hari. Sumber foto: Dokumen pribadi)

Berikut hasil studinya.

Anda yang pernah jatuh cinta pasti pernah merasakan makna bahwa cinta itu buta karena kita mengagungkan sosok orang yang kita cintai. Hal ini diperkuat oleh pernyataan Dr Viren Swami, dari University of Westminster di London, Inggris bahwa sosok yang anda cintai adalah orang yang ideal dan menarik menurut anda.

Dia menambahkan bahwa orang-orang yang jatuh cinta juga cenderung berpikir pasangan mereka lebih menarik daripada diri mereka sendiri. Hal ini yang mendasari rahasia kelanggengan pernikahan itu sesungguhnya. Dengan demikian para Psikolog menyampaikan rahasia pernikahan yakni keyakinan anda sendiri bahwa pasangan anda adalah figur yang lebih menarik. Hal ini baik sehingga menyebabkan hubungan anda bertahan.

Cinta kepada pasangan ditunjukkan dari seberapa besar anda mengagumi pasangan. Bukankah cinta berawal dari kekaguman anda pada pasangan? Bisa jadi anda memandang pasangan anda adalah sosok yang ideal. Meski kita tahu bahwa tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini tetapi memandang pasangan sebagai sosok yang ideal dan menarik bagi anda efeknya akan terasa hingga usia lanjut atau tua.

Fenomena ini dalam ilmu Psikologi yang saya pelajari dikenal dengan “Halo Effect” yakni “if someone is perceived as having an attractive personality they are also seen as physically attractive.”

Teori ini diperkuat dengan studi Dr Swami dalam penelitian di Belanda, yang meminta 70 pasangan untuk menilai penampilan mereka satu sama lain dan orang asing. Hasilnya mereka yang berpasangan memiliki skor yang tinggi.

Berikut tips yang membantu anda,

image

(www.theepistolarians.com)

1. Pikirkan 10 hal yang membuat anda jatuh cinta pada pasangan. Anda bisa menuliskan dan meletakknya di tempat tersembunyi. Atau, anda bisa nyatakan langsung pada pasangan pada momen-momen tertentu, misalnya ulang tahun pasangan, hari valentine, dsb. Anda juga bisa meniru ide romantis berikut. Selipkan kartu kecil bertuliskan 10 hal yang membuat anda jatuh cinta dan letakkan di tempat tidurnya. Ingat kembali 10 hal ini saat anda sedang kesal dengan pasangan. Anda juga bisa menambahkannya menjadi 100 hal yang buat jatuh cinta.

2. Sampaikan “I love you” atau kalimat sayang kepadanya dan tunjukkan itu dengan perhatian-perhatian kecil lainnya, misalnya saat anda meminta bantuan padanya, berkomitmen mengatakan “I love you” setiap hari atau setiap sms”, berterimakasih atas sarapan/makan malam sambil berucap “I love you”.

3. Pastikan bahwa hanya pasangan anda adalah sosok yang menarik buat anda, entah dari suaranya yang lembut, perhatiannya, masakannya, cara dia membersihkan rumah, rambutnya, kulitnya yang halus, pribadinya yang humoris atau apa saja yang membuat anda kagum padanya. Ingat jika anda tak pernah kagum pada pasangan anda, bisa jadi ada yang salah dalam relasi anda.

4. Ingat bagaimana momen dulu saat anda jatuh cinta dengannya, saat anda dilamar/melamar pasangan anda, saat pasangan berkorban hal sederhana untuk anda, saat anda merasa hanya dia perempuan/pria yang layak untuk anda. Semoga ini mengingatkan anda bahwa cinta tidak hanya buta tetapi butuh perjuangan dan pengorbanan.

5. Tak ada yang paling indah di dunia ini selain kita merasa dicintai, karena kita begitu menjadi pribadi yang berarti. Hargai pasangan dengan kalimat/kata pamungkas yang perlu diutarakan kepada pasangan tanpa sungkan dan gengsi, “Aku mencintaimu”; “Terimakasih”; “Aku minta maaf” dan “Tolong”.

Sumber bacaan:
http://www.dailymail.co.uk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s