Kloster Andechs: Biara Andechs


image

(Menara ini yang selalau dijadikan simbol dari Kloster Andechs. Sumber foto: Dokumen pribadi)

Kloster Andechs adalah sebuah biara Gereja Katolik dengan arsitektur bangunan bergaya khas baroque. Bagi umat Katolik berziarah menjadi pengalaman batin yang mempesona saat kita menemukan sisi-sisi spiritual kehidupan. Di Bayern ini memang banyak bangunan gereja khas bergaya baroque. Terletak sekitar 30 km sebelah barat daya dari Kota München, biara ini dapat dijangkau pula oleh kendaraan umum seperti S-Bahn jika anda tak bawa kendaraan pribadi atau ikut paket tur.

image

image

(Diapit oleh laut, tampak menara Kloster Andechs dari kejauhan. Sumber foto: Dokumen pribadi)

Sebagai tempat ziarah, biara ini dibangun dengan suasana yang menyejukkan bagi para pengunjungnya karena terletak di sebuah bukit antara Ammersee dan Starnbergersee. Dikelilingi dengan padang rumput yang luas tentu akan menjadi pemandangan yang indah bagi siapa pun yang memandangnya. Tentu, biara ini terbuka bagi siapa saja yang ingin mengunjunginya. Jadi ingat jika di Indonesia, setiap bulan rosario seperti Mei dan Oktober maka banyak kelompok umat Katolik mendatangi tempat ziarah untuk mencari suasana kedamaian batin sembari refleksi diri.

image

image

(Suasana dalam gereja berciri khas baroque. Sumber foto: Dokumen pribadi)

Berbeda dengan Indonesia, bila mengunjungi tempat ziarah, disini para Peziarah tampak datang untuk menikmati suasana gereja khas baroque ini dan rasa bir yang luar biasa populer tentunya dibandingkan pengalaman spiritual yang biasa terjadi di tempat ziarah.

Konon katanya para biarawan di tempat ini telah memproduksi bir selama lebih dari seribu tahun. Mungkin bir mereka yang dikenal seantero Bayern juga merupakan bir terbaik. Anda bisa bertanya apabila anda ingin mengunjungi produksi bir lokal buatan disini. Siapa tahu anda bisa kunjungi pusat produksinya.

image

image

Bangunan khas bercirikan baroque.

image

(Sebagai tempat ziarah seperti di Indonesia, ada sovenir benda rohani atau sekedar buah tangan yang dijual disini juga. Sumber foto: Dokumen pribadi)

Jika anda suka bir, anda bisa merasakan perbedaanya mengapa bir disini punya cita rasa yang khas. Tak jauh memang dari lokasi gereja, ada restoran yang menawarkan citarasa makanan dan camilan khas Bayern.

Nah ini dia tips bagi anda, hindari datang saat akhir pekan (wochenende) karena pastinya tempat ini penuh dengan orang yang ingin berziarah atau sekedar datang menikmati bir yang sudah terkenal seribu tahun lalu.

Sumber bacaan:
http://www.wikitravel.org

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s