Tips Hindari Stress Pagi


image

Apa itu stress? Kondisi yang menekan diri sehingga apa yang terjadi tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Gap antara harapan dan realita dinamakan stress. Cara paling ampuh mengatasi stress menurut saya adalah menghindari penyebab yang dapat menimbulkan kondisi stress tersebut. Ambil contoh pagi hari, mengapa? Karena jika di awal hari kita sudah mengalami stress bukan tidak mungkin efeknya akan terasa sepanjang hari meski tak berdampak banyak.

Berikut cara menghindari stress di pagi hari sebagai berikut:

1. Bangun lebih awal, tidak kesiangan
Jika anda sudah terjebak pada rutinitas kemacetan, polusi dan jebakan hingar bingar kendaraan hingga ketakutan untuk terlambat masuk kantor maka dipastikan tanda-tanda stress melingkupi anda. Bangunlah di awal pagi sehingga anda masih bisa menghirup segarnya udara pagi. Rasakan hangatnya matahari bersinar. Rasakan semangat pagi anda dengan tidak memusingkan jebakan lalu lintas menuju kantor atau beraktivitas. Bangun pagi yang reguler dan rutin akan membuat anda tidak bermasalah dengan ritme tubuh anda yang seolah-olah semua sudah otomatis. Bukankah tiba di kantor lebih awal akan membuat anda memiliki banyak persiapan sebelum bekerja sembari rehat sejenak?

2. Berdoa sejenak
Ungkapkan rasa syukur anda di pagi hari dengan keyakinan anda kepada Sang Pencipta. Apapun agama dan keyakinan anda, luangkan waktu sejenak untuk mengucap syukur di awal hari. Bukankah hati yang bersyukur akan membantu meningkatkan optimisme diri dan kepercayaan diri anda? Mengawali hari dengan hal positif seperti berdoa dan bersyukur akan menguatkan sepanjang hari anda dengan sesuatu yang lebih baik.

3. Sarapan/Tidak membiarkan perut lapar
Apa pun aktivitas anda di pagi hari, jangan biarkan anda diganggu oleh masalah pencernaan dan kebiasaan anda untuk tidak sarapan atau membiarkan perut kosong. Ada orang yang terbiasa dengan sarapan menu yang sarat gizi dengan empat sehat lima sempurna, namun ada pula yang hanya terbiasa dengan secangkir kopi dan setangkup roti. Apa pun sarapan anda di pagi hari akan menolong cara kerja otak dan stamina anda yang bekerja.

4. Dengarkan musik ringan
Jika anda ingin mengawali hari dengan penuh semangat dan keceriaan, musik salah satunya. Hindari musik yang bernada sedih atau membuat anda larut penuh emosi. Setidaknya jangan biarkan musik yang anda mainkan mempengaruhi emosi anda sehingga menjadi negatif dan menyedihkan. Cari musik yang membangkitkan semangat anda!

5. Hindari segala berita lewat TV atau surat kabar
Hal yang paling menenangkan di pagi hari adalah dengan melupakan siaran Tivi dan membaca surat kabar di pagi hari. Buatlah awal hari dengan jiwa yang tenang, emosi yang positif dan perasaan relaks. Gembirakan hari anda dengan meninggalkan pikiran-pikiran soal carut marutnya aneka masalah politik, ekonomi dan masalah lainnya yang tentunya ini semua bukan masalah anda tetapi masalah situasi umum yang tidak berdampak langsung dengan kehidupan anda.

6. Hindari mengecek media sosial
Pilihan selanjutnya untuk menghindari stress adalah dengan tidak membuka “telpon pintar” anda yang berisi media sosial dan update terbaru tentang aktivitas orang lain. Bagaimana pun anda akan terpengaruh dengan sesuatu yang diposting oleh orang lain yang tentunya mengarahkan anda dan dipastikan tidak akan membuat anda nyaman di pagi hari. Kendalikan jiwa dan emosi anda sejenak di pagi hari tanpa media sosial. Sebab tak semua yang diposting oleh orang lain akan membantu anda lebih positif.

Awali hari dengan semangat pagi yang membuat anda sehat jiwa dan raga! Jika anda mampu mengendalikan diri anda diharapkan anda mampu mengendalikan apa pun yang terjadi di luar dan sekitar diri anda sepanjang hari.

Semangat pagi!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s