Alasan Jerman Menang World Cup FIFA 2014


Deutschland ist Weltmeister 2014. Berseliweranlah kalimat-kalimat tentang kesan dan status di dunia maya tentang pertandingan final semalam melawan Argentina. Euforia kemenangan tidak hanya di Brazil sebagai tuan rumah penyelenggaraan atau di Jerman sebagai pemenang tetapi di seluruh dunia yang mencermati kekaguman skill para pemain tim Jerman ini.

Kini tim Jerman berhasil mematahkan mitos seperti yang pernah saya tulis sebelumnya. Konon tak ada yang mampu meraih kemenangan bila perhelatan dilangsungkan di benua Amerika. Mitos tinggallah mitos. Toh saat mereka, para ahli Vodoo di Amerika Latin berusaha membuat kaki-kaki para pemain bola tim Jerman tak bergerak, ternyata tak berhasil. Tim Jerman merupakan tim kuat dan gigih dalam memperjuangkan impian mereka, Weltmeister. Super!!!

Karena bahasa Jerman saya belum 100 persen bagus, berikut hasil bacaan sana sini, mengapa tim Jerman layak Juara Dunia 2014.

Berikut ulasannya:

1. Mental pemain
Ich drücke meine Daume. Saya patut mendukung keahlian Joachim Löw ini yang tak hanya melatih skill para pemain tetapi juga bagaimana mental mereka menjadi Juara. Konon Götze yang semula hanya ditempatkan sebagai cadangan mampu memecahkan kebekuan dengan gol tercipta dari bisikan semangat si Pelatih. Wow!!!

2. Formasi Pertahanan
Tim Jerman mampu menunjukkan di semi final melawan tim Brazil skor 7:1 bahwa mereka Die Mannschaft bermain benar-benar serius. Di awal pembukaan melawan Portugal saja, tim Jerman benar-benar membuat skor 4:0 yang membuat superstar Christiano Ronaldo geleng-geleng.

3. Belajar dari 24 tahun lalu
Konon Juara Dunia yang pernah disandang Tim Brazil dan Italia memerlukan waktu 24 tahun setelah meraih juara ke-4 kalinya. Jadi setelah meraih sukses Juara Dunia ketiga kalinya memang diperlukan waktu persis 24 tahun lalu untuk mendapatkannya.Sejauh ini, Jerman meraih kemenangan Juara Dunia ketiga pada 8 Juli 1990, dua puluh empat tahun lalu melawan Argentina. Kini 2014 mereka berhasil meraih Juara Dunia ke-4 kalinya.

4. Pengalaman
Tidak ada tim seperti Der Panzer Jerman ini yang tangguh dalam pertandingan Piala Dunia. Total ada 105 pertandingan dengan 65 menang, 20 seri dan 20 kalah tentunya penampilan dan performa mereka adalah sesuatu yang baik di final. Ini belum termasuk kemenangan tadi malam ya, berarti ada 66 menang.

5. Tim terkuat
Para pemain tim Jerman merupakan salah satu tim terkuat saat ini. Tidak hanya para pemainnya saja, tapi juga Neuer sang Kiper idola saya ini. Semalam ia berhasil mendapatkan sarung tangan emas. Ia juga mampu mempertahankan “kejebolan” gawang dari serangan lawan.

6. Mengandalkan Inovasi Teknologi
Siapa yang tak kenal dengan negeri penuh inovasi ini? Berlatih kemudian direkam dan dievaluasi untuk peningkatan kapasitas pemain adalah salah satu strategi mereka. Selain itu ada satu teknologi inovasi dimana mereka mampu merekam dan memiliki kunci strategis untuk menyeimbangkan kelihaian Messi, Superstar dari Argentina ini.

7. Regenerasi pemain
Pemerintahan yang peduli dan kemudian berinvestasi besar untuk memperbaiki susunan dan regenerasi pemain kini telah berhasil memetik buahnya. Siapa yang menanam, mereka akan menuai. Pemain muda yang berstamina baik dan fit adalah keseriusan mereka untuk melakukan pembinaan antar pemain. Alhasil mereka mampu bertahan dan berjuang di babak tambahan, tanpa pantang menyerah. Bahkan si Tante Merkel pun ikut menyaksikan dan memberikan dukungan kepada Der Panzer ini langsung ke Brazil. Luar biasa!!!

8. Rekor Piala Dunia
Untuk ketujuh kalinya Argentina dan Jerman bertemu di Piala Dunia. Jerman kalah hanya satu dari enam duel di final Piala Dunia 1986 (2:3). Sisanya Jerman seri sebanyak dua kali dan empat kali menang mengalahkan Argentina, termasuk dalam final Piala Dunia tahun 1990 (1:0) dan tahun ini (1:0) alias tadi malam.

Der Ganz Grosse Traum, itulah Juara Dunia ke-4 kalinya bagi tim Jerman.

Pepatah mengatakan, Es ist noch kein Meister vom Himmel gefallen. Bahwa untuk menjadi Weltmeister, Juara Dunia bukanlah instan atau jatuh dari langit melainkan diperlukan waktu dan kegigihan untuk memperjuangkannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s