Geburtstag: Tradisi Hari Ulang Tahun


image

(Sumber foto: Dokumen pribadi)

Sewaktu kuliah dulu, dosen saya yang baru pulang studi dari Jerman cerita pengalamannya selama di Jerman. Menurut beliau orang Jerman sangat menghargai tradisi perayaan ulang tahun untuk seseorang, meski sederhana dan tak mewah tetapi sepertinya perayaan ulang tahun sangat berarti, tak sekedar potong kue dan tiup lilin semata.

Berikut saya mau sampaikan tradisi perayaan ulang tahun dari beberapa pengamatan dan bacaan seputar tradisi perayaan ulang tahun di Jerman.

1. Jangan memberi ucapan sebelum hari ulang tahun yang sebenarnya karena dianggap akan membawa ketidakberuntungan.
Pernah suatu kali saya sampaikan ucapan ulang tahun ke teman saya asal Amerika. Setelah saya email, saya dapat kiriman balik dari teman saya ini bahwa saat itu bukan hari ulang tahunnya. Saya salah tanggal rupanya. Langsung saya email lagi dan sampaikan maaf. Saya juga tulis bahwa di Jerman akan dianggap kurang beruntung jika menyampaikan ucapan ulang tahun sebelum hari ulang tahun sebenarnya. Lalu dia balas email saya kembali bahwa menurut dia sebagai orang Amerika, pengucapan ulang tahun sebelum waktunya bukan masalah penting dan tidak berkaitan dengan ketidakberuntungan. Teman saya ini memaafkan. Nah, jadi beda budaya beda cara pandangnya. Jadi silahkan ucapkan ulangtahun pada waktunya supaya elok dan pantas. Jika perlu pasang reminder di Hp supaya membantu mengingat.

2. Ucapan selamat ulang tahun yang umum dan biasa diucapkan terutama pemula seperti saya, “Herzlichen Glückwunsch! Alles gute zum Geburtstag.”. Atau cukup buat anda menyampaikan, “Alles gute zum geburtstag”. Jika mau terkesan formal, ucapan dapat menjadi seperti, “Ich gratuliere zum Geburtstag” yang istilahnya dapat diterjemahkan menjadi “Congratulations ya untuk hari ulangtahun Anda”. Jika sudah paham bahasa Jerman, silahkan perkaya lagi ucapannya. Alangkah indah jika kita bisa menyampaikannya dalam bahasa Jerman.

3. Tentang lagu yang dinyanyikan mungkin perlu diketahui juga seperti berikut ini:
“Zum Geburtstag viel Glück!
Zum Geburtstag viel Glück!
Zum Geburtstag liebe ANNA (tambahkan nama yang berulangtahun)
Zum Geburtstag viel Glück!”
Itu syairnya dengan nada “Happy Birthday to you” (folk song english version) yang biasa kita nyanyikan hanya diganti menjadi lirik dalam bahasa Jerman.

4. Perayaan ulangtahun tergantung selera masing-masing. Untuk mereka yang suka pesta, biasanya mereka menyelenggarakan pas sore sebelum ulang tahun. Lalu setelah jam 12 malam, diadakan acara tiup lilin dan “make a wish” kemudian pesta dilanjutkan lagi sampai larut malam. Namun pada umumnya acara ulang tahun bersama keluarga seperti makan bersama atau sekedar “kaffee/tee und kuche” di sore hari.

5. Anda masih ingat perayaan ulang tahun saat dulu masih kanak-kanak? Saya merayakan ulang tahun setiap tahun hingga umur dua belas tahun. Orang tua saya sangat perhatian untuk setiap ulang tahun anaknya. Nah, perayaan ulang tahun anak-anak, Kinderfeste, konon menurut sejarah berasal dari negeri Jerman. Di rumah dari anak yang sedang berulangtahun (Geburtsatgkind) akan dihiasi dengan berbagai dekorasi untuk menandainya. Hal yang unik adalah si Guru di sekolah tidak akan memberikan Pekerjaan Rumah yang jadi tugas sekolah pada anak yang sedang ulang tahun. Anggap saja jadi “Raja” atau “Ratu” sehari. Geburtstagkind dirayakan hingga anak berusia dua belas tahun.

6. Seperti biasa ulang tahun, pasti akan ada kue ulang tahun dan lilin. Lilin bisa sesuai dengan jumlah umur yang dirayakan, semua tergantung mereka yang merayakannya.

7. Di Jerman juga ada kebiasaan traktir kolega kerjanya jika kedapatan sedang berulangtahun. Sebaiknya pertimbangkan kocek di dompet, bila tak cukup sebaiknya jangan mengumbar tanggal ulangtahun anda pada teman-teman anda. Ini sekedar lelucon saja jika anda tak ingin membayar bill makanan atau bir/kopi di restaurant saat makan siang, misalnya.

8. Jika orang terdekat anda ulang tahun, tak ada salahnya anda memberikan kado sebagai ungkapan cinta (geburtstagsgeschenke). Tak harus mahal, setidaknya anda bisa memberikan tanda mata seperti umumnya misalnya coklat, parfum, bunga, buku, dsb. Tentunya pemberian anda tersebut akan dihargai oleh mereka yang sedang berulangtahun. Oh ya, kado yang diberikan juga tidak boleh dibuka sebelum hari ulang tahun yang sebenarnya. Tabu menurut mereka.

9. Konon ada berbagai kalimat ucapan selamat ulangtahun yang bervariasi sesuai dialek antar region di Jerman sendiri. Contohnya di Bayern, ucapannya terdengar menjadi, “Ois Guade zu Deim Geburdstog!”

10. Ada perayaan ulang tahun tertentu yang dirayakan secara meriah bila mencapai usia 30, 50 dan 80 tahun. Di beberapa region di Jerman akan dikenal istilah pada pria yang berulangtahun di usia tersebut dengan, “Der Abrahamstag”. Anda ingat ‘kan Bapa segala Bangsa dalam kitab suci, Bapa Abraham? Nah, menurut tradisi usia lima puluh ke atas tersebut dikenal pria sudah bermartabat dan lebih bijaksana seperti Bapa Abraham. Sedangkan di beberapa tempat diyakini pria yang genap berusia 30 tahun dan masih lajang maka diminta untuk menyapu tangga di ruang publik yang mudah terlihat dan bisa dijangkau oleh perempuan lajang lainnya yang melihat dan menaruh simpati. Tradisi ini belum pernah saya lihat, boleh percaya atau tidak.

Satu hal yang perlu diingat orang Jerman sangat menyadari makna pentingnya keluarga (family oriented) sehingga perayaan ulang tahun juga menjadi momen kebersamaan mereka bersama keluarga, orang-orang yang dikasihi.

Well, good to know😀

One thought on “Geburtstag: Tradisi Hari Ulang Tahun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s