Hari Persahabatan Internasional: 5 Tips Merayakannya


image

(Every one comes into your life for a reason. Happy International Friendship Day. Foto adalah sekelompok anak dari Suku Baduy, Banten. Sumber foto: Dokumen pribadi)

Ada yang tahu kapan International Friendship Day? Di Indonesia memang tidak diselenggarakan secara khusus tetapi di berbagai belahan dunia yang lain mereka merayakannya secara nyata dan mengikuti tradisi. Seperti yang saya alami baru-baru ini, saya mendapatkan ucapan persahabatan elektronik lewat pesan di website traveller tentang perayaan hari persahabatan sedunia, kebanyakan mereka yang memberi ucapan berasal dari India. Sedangkan di Jerman sendiri, juga tidak ada hari khusus persahabatan. Tercatat memang mengacu pada International Friendship Day oleh United Nations pada tanggal 30 Juli. Namun ada juga yang merayakannya pada hari minggu pertama di bulan Agustus setiap tahunnya seperti yang terjadi di India.

Setiap orang pasti memiliki teman dalam hidupnya. Mengapa? Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain dalam hidupnya.

Hari Persahabatan Internasional adalah hari untuk merayakan persahabatan yang diselenggarakan di beberapa negara Amerika Selatan selama bertahun-tahun. Konon usulannya berasal dari Paraguay pada 30 Juli 1958. Baru kemudian 27 April 2011 PBB menyatakannya sebagai Hari Persahabatan Internasional.

Dimana pun di seluruh dunia, perayaan dan peringatan berbagai hari keagamaan dan tradisi budaya selalu melibatkan dan menguntungkan industri seperti kartu ucapan, hadiah atau makanan. Seiring dengan meningkatnya komunikasi dan teknologi yang lebih mudah maka minat untuk merayakan Hari Persahabatan Internasional semakin melebar lagi. Ini bukti berhasilnya situs jejaring sosial dimana orang saling terhubung bahkan mendapatkan teman virtual.

Di Asia Selatan sendiri seperti India, kata teman virtual saya melalui pesan elektroniknya bercerita bahwa mereka sudah memiliki tradisi dan budaya untuk merayakan persahabatan dengan memberikan gelang persahabatan. Di India sendiri dilaksanakan pada hari minggu pertama di bulan Agustus. Nah, kini maraknya media sosial dan telepon genggam, ucapan persahabatan cukup bisa dilakukan secara elektronik saja.

Oh ya sebagai informasi tambahan, di Amerika Serikat juga memiliki hari untuk menghormati persahabatan dengan melakukan pertukaran hadiah yang sudah dimulai sejak tahun 1919. Tetapi tradisi pemasangan gelang persahabatan ternyata memang lebih populer dan menyentuh. Setelah saya cek ke teman saya asal Amerika, mereka malah tidak tahu adanya Hari Persahabatan hihihi…

Bukan seberapa banyak teman yang dimiliki dalam hidup tetapi seberapa baik mereka, teman telah memberikan arti dan makna dalam hidup.

Berikut 5 hal yang bisa dilakukan bersama sahabat dan teman-teman terbaik untuk merayakannya:

1. Atur pertemuan untuk merayakannya.
Jangan pilih hari dan jam yang membuat anda terpaksa melakukannya tetapi buat kesepakatan agar terbebas dari gangguan atau urusan keluarga, pekerjaan atau percintaan sementara waktu.

2. Berikan kado untuk sahabat dan teman-teman.
Tak harus mahal, setidaknya anda punya sesuatu yang bermakna untuk mereka, misalnya jepit rambut bersejarah atau pasmina yang dibeli hasil tawar menawar di India, atau buat gelang sederhana yang memang mudah ditiru langkah-langkahnya di internet.

3. Tentukan biaya bersama atau biaya ditanggung sendiri-sendiri.
Ada yang merasa nyaman jika pengeluaran ditanggung bersama, namun ada pula yang tidak suka sehingga biaya sendiri-sendiri. Silahkan diskusikan pengaturannya.

4. Dokumentasikan kebersamaan dengan mereka lewat foto-foto yang menarik dan jika perlu pasang di media sosial.

5. Syukuri kebersamaan dalam persahabatan itu dengan doa bersama misalnya. Atau, berikan ucapan apresiasi satu sama lain

Selamat merayakan hari persahabatan!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s