8 Tanda Mengenali Musim Panas di Jerman & Tipsnya


Bagi saya yang berasal dari negeri tropis, cuaca panas bukan masalah tetapi tidak bagi mereka yang tinggal di Jerman, negeri empat musim. Meski sebenarnya belum dimulai musim panas yang sesungguhnya tetapi anomali cuaca pun berdampak juga sehingga tak mudah ditebak. Musim panas di Jerman disebut “Sommer”.

Yuks, intip tanda-tanda mengenali musim panas telah datang

image

image

(Sumber foto: Dokumen pribadi)

1. Banyaknya permintaan es krim
Sebenarnya es krim adalah appetizer untuk segala musim. Toh saya juga masih menemukan es krim saat musim dingin. Hanya saja pada musim panas seperti ini penjualan es krim meningkat. Mereka biasa memesan es krim yang disebut Hörnchen, Waffel atau Tute.

2. Munculnya lalat
Di Jerman itu AC menjadi barang langka dibandingkan mereka yang hidup di wilayah tropis. Jadi saat cuaca terlihat cerah meski panas atau dingin, dapat dipastikan mereka akan membuka jendela. Nah persoalan yang muncul adalah lalat yang datang di musim terik di apartemen tinggal dan lalat betah berlama-lama hinggap.

image

(Sumber foto: Dokumen pribadi)

3. Jalur lalu lintas padat di jam-jam tertentu
Sebenarnya telah dilakukan pengaturan libur sekolah dari Pemerintah Jerman sendiri di 16 negara bagian sehingga hal ini cukup baik bagi pengaturan transportasi dan kepadatan berpergian.
Nah jika sudah terhitung padat di Autobahn atau jalan tol maka anda perlu waktu tambahan agar tidak terjebak dalam jalur lalu lintas. Bahkan mungkin tingkat kecelakaan mudah terjadi di masa ini.

image

(Sumber foto: Dokumen pribadi)

4. Pakaian yang simpel
Pepatah Jerman mengatakan, tidak ada cuaca yang buruk, yang ada hanya cara berpakaian yang salah. Nah di masa ini mereka tak mau kehilangan aktivitas outdoor meski panas menyengat. Lalu mereka mengenakan pakaian yang simpel dan mudah menyerap panas karena begitu praktis.

5. Banyak orang komplen udara panas
Cuaca panas di Jerman hampir 20 derajat celcius saja sudah dikomplen apalagi sampai menjelang 25 hingga 28 derajat celcius. Wajar jika mereka komplen jika panas terik menyengat hingga membuat mereka mengeluh tak nyaman.

6. Sekolah dan kantor memulangkan siswa dan pekerjanya
“Hitzefrei” yang jika diterjemahkan panas datang mari bebas. Ketika suhu naik tak tertahankan lebih 26 derajat celcius maka kasus-kasus tertentu seperti ini, siswa dan pekerja kantoran pulang lebih cepat. Meski ini peristiwa langka tetapi mungkin saja terjadi apabila tidak ada AC.

image

image

(Sumber foto: Dokumen pribadi)

7. Meningkatnya pengunjung ke kolam renang
Baik kolam renang indoor maupun outdoor rata-rata akan dipenuhi oleh mereka untuk merasakan sensasi olahraga air ini. Tapi tidak termasuk saya, karena saya tak suka berenang jadi hanya mengamati saja.

8. Maraknya penawaran agen perjalanan
Mengingat jadwal liburan sekolah pun serta cuaca yang cerah untuk menikmati waktu bepergian bersama keluarga maka pemesanan tur agen perjalanan meningkat.

Apa pun musimnya yang terutama perlu diperhatikan adalah menjaga stamina tubuh agar tetap fit dan tidak mudah sakit.

Berikut tips dari saya:

1. Meski panas menyengat, tidak menyurutkan niat untuk olahraga. Jadi rajin olahraga itu perlu untuk stamina tubuh.

2. Perhatikan pola makan dengan perbanyak sayuran dan buah.

3. Rajin konsumsi vitamin dan suplemen tubuh.

4. Banyak minum air putih.

5. Hidup sehat dengan pola tidur yang rutin dan cukup serta tidak merokok.

Semoga bermanfaat

Sumber bacaan: http://m.dw.de

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s