Mengapa Mudah bagi Orang Lain tetapi Sulit buat Saya?


image

( Aus einer Mücke einen Elefanten machen. Sebenarnya itu masalah kecil tetapi kita membuatnya jadi besar. Jika mudah bagi orang lain, seharusnya mudah juga buat saya, ya toh? Sumber foto: Dokumen pribadi)

Pernahkah anda mengalami hal demikian, buat orang lain itu mudah tetapi kenyataannya tidak untuk diri sendiri?

Usai lulus SMA saya berencana bawa mobil saat kuliah, jadi saya ambil kursus setir mobil. Ternyata sampai kursus setir mobil dua kali putaran dan punya SIM, saya masih belum bisa setir mobil hahahaha…

Lalu suatu kali Mama dan saya pergi naik angkot lalu kami berdua pilih duduk di depan, samping sopir. Mama iseng bertanya bagaimana sopir ini bisa menyetir mobil. Ternyata si sopir tidak lulus SD dan semua berawal dari pekerjaan awalnya sebagai kernet. Keberanian dan niat menafkahi keluarga jadi motivasi sopir untuk bisa menyetir. Tidak ada kaitan akademis juga buat setir mobil. Berkaca dari pengalaman tersebut, saya jadi berpikir mengapa buat orang lain mudah tetapi tidak untuk saya?

Lain lagi, seharusnya jika Dokter THT tidak melarang Bapak saya untuk berenang tentu saya bisa berenang karena Bapak mengajari saya dengan baik. Karena tidak boleh berenang lagi, saya ikut les renang saat masih sekolah dulu, tetap saja saya tidak bisa berenang. Sedangkan adik-adik saya bisa berenang tanpa les pula hahahaha…Lagi saya berpikir, tidak ada faktor keturunan penyebab bahwa itu menjadi sulit buat saya tetapi mudah bagi adik saya.

Dan mungkin masih banyak lain kejadian atau contoh-contoh yang anda alami sehari-hari.

Kita semua mengakui bahwa masing-masing orang punya kelebihan dan kelemahan yang berbeda-beda. Tidak ada individu yang identik sama. Every body is unique. Jadi jika mudah buat mereka tetapi sulit bagi saya, apa yang jadi penyebabnya? Pengalaman.

Cara kita mengalami itu yang berbeda, ada yang belajar dari pengalaman lalu berhasil tetapi ada juga yang tidak. Pengalaman mahal harganya. Jadi jika anda bisa membeli buku “Cara Cepat Jadi Kaya” yang berhasil bagi penulisnya belum tentu berhasil bagi anda pribadi. Pengalaman yang membedakan kita berbeda satu sama lain, bahkan terhadap sesuatu hal yang dianggap mudah dan bisa dicapai bagi orang lain.

Rumus kehidupan itu menandakan bahwa kemudahan seseorang menggapai keberhasilan atau kesuksesan tidak sama. Cara saya belajar naik sepeda dengan cara anda belajar bersepeda pasti beda meski kita sama-sama bisa naik sepeda. Jika saya mengikuti cara anda naik sepeda belum tentu saya berhasil bersepeda. Saya bisa menganggap naik sepeda itu sulit tetap bagi anda mudah saja bersepeda. Apa yang membedakannya? Cara pandang.

Saat kedua orang ini sama-sama belum bisa naik sepeda, lalu belajar bersama kemudian hanya satu orang yang berhasil bersepeda. Cara pandang mempengaruhi bagaimana kita menganggap itu mudah atau itu sulit. Anggapan yang membuat kita anggap orang lain mampu dengan mudah sementara saya sulit. Padahal setiap orang punya kesempatan yang sama dengan orang lain dalam hidupnya.

Kemudahan dan kesulitan hidup tidak terletak dari kapasitas pribadi tetapi pengalaman dan cara pandang agar lebih berani menghadapinya. Saya yakin jika kita terus menerus mencoba dan tidak putus asa pastinya apa pun akan mudah juga pada akhirnya. Hidup itu indah sebagaimana kita memandangnya, jika kita memandang sulit maka hal itu menjadi sulit.

Tidak ada resep kehidupan yang jitu dan berlaku sama bagi setiap orang. Jika saya sudah mencoba mengikuti petunjuk buku resep yang saya baca, pasti rasanya tak pernah sama dengan rasa masakan yang disajikan peracik resep aslinya. Mudah baginya membuat menu tersebut tapi buat diri sendiri pasti saya harus belajar.

Jadi belajarlah untuk menemukan sensasi pengalaman kehidupan bagaimana pun sulitnya. Tidak ada yang sia-sia di dunia ini. Pada akhirnya saat anda mencapai dan mengatakan “Itu mudah” anda akan tahu mengapa semua itu harus anda lalui.

Leave a Reply

