Menemukan “Chemistry” Perkawinan


i miss u

(Sumber foto: Dokumen pribadi)

Tak ada yang pernah berpikir bahwa pertengkaran dalam perkawinan akan membawa kelanggengan, bahkan kini usia perkawinan mereka sudah lebih dari 25 tahun. Mereka adalah Bude dan Pakde saya yang sering bertengkar hebat, adu mulut dan tak pernah akur di hadapan orang lain. Entah bagaimana cinta tumbuh di antara mereka, toh mereka sudah memiliki 3 putri dengan usia perkawinan yang melewati usia pesta perak. Lewat adu mulut dan pertengkaran, mereka bisa saling memaafkan dan memahami satu sama lain. Toh, mereka tetap bersama.

Begitulah cinta. Kadang kita tak pernah memahami bagaimana cinta bisa tumbuh kepada pasangan hidup yang mungkin sebelumnya dibenci, atau sepanjang perkawinan sering bertengkar. Mungkin satu sama lain telah menemukan “chemistry” yang tak bisa dijelaskan secara logis tetapi keduanya saling membutuhkan satu sama lain. Anda tak bisa menemukan pada orang lain meski sejuta pesona ada pada diri yang lain, itu yang kemudian diyakini “chemistry”.

Ada dua hal dalam perkawinan untuk menentukan “chemistry” pada pasangan anda yakni pertama, anda menikahi orang yang salah. Atau kedua, anda mencintai orang dengan cara yang salah. Lantas bagaimana jika terlanjur menikah? Disini letak kebahagiaan seorang yang masih melajang agar tidak terdampar pada sebuah kesalahan perkawinan.

Pikirkan apa yang melatarbelakangi perkawinan anda, apakah soal status sosial? Bahwa menikah dianggap anda sudah “laku” atau “yang penting nikah”. Atau perkawinan dipandang sebagai pencarian keuntungan semata mengingat umur, ekonomi, gaya hidup, pekerjaan, atau permintaan orang lain.

Temukan “chemistry” pada pasangan anda agar perkawinan tidak lagi menjadi pembenaran dari tuntutan hidup. Nikmati kebahagiaan anda yang masih melajang agar anda tidak terjebak pada kesalahan, salah orang yang dicintai atau salah cara mencintai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s