Tips Menghindari Penipuan Tawaran Kerja lewat Internet


Di masa kini lewat kecanggihan teknologi, anda tak perlu mengetik dan mengirimkan lamaran lewat pos atau pun mendatangi perusahaan demi perusahaan (door to door) untuk mendapatkan tawaran pekerjaan. Anda cukup membuka laman yang anda cari maka lowongan kerja tersedia di depan mata. Selain memudahkan bagi kita yang membutuhkan pekerjaan, tentu ini juga memudahkan bagi perusahaan yang merekrut tenaga kerja dalam proses seleksi pelamar secara berkualitas dan profesional dengan efisien dan praktis.

Di sisi lain, saya masih menjumpai penyahgunaan lowongan pekerjaan untuk tujuan yang tidak baik dan menyimpang. Saya sendiri juga tidak tahu apa yang jadi tujuan ketika seseorang dimintai data atau CV padahal jenis pekerjaan dan perusahaan tidak jelas. Konon kabarnya, data tersebut bisa disalahgunakan untuk kepentingan yang tidak baik tanpa saya ketahui.

Belajar dari pengalaman tersebut, mungkin tulisan saya berikut dapat membantu. Hal-hal yang perlu diperhatikan terhadap kemungkinan penipuan/penyalahgunaan:

1. Anda akan ditawari pekerjaan tanpa wawancara kerja sebelumnya.
Dalam proses merekrut karyawan, wawancara adalah tahap awal untuk seleksi dan mengetahui sejauhmana potensi dan kapasitas pelamar yang telah mengirimkan surat lamarannya tersebut. Jika tanpa wawancara lebih dulu tetapi anda sudah mendapatkan posisi pekerjaan sebagai A, B, atau C, sebaiknya anda pikir-pikir dulu apakah benar tawaran tersebut. Sebagai contoh, hanya dengan lihat data saya sebagai mahasiswa, saya sudah diminta menjadi Akuntan yang jelas-jelas bertolakbelakang dengan latar belakang pendidikan, keahlian dan pengalaman kerja sebelumnya. Jika memang ini terjadi pada anda, sebaiknya anda selidiki dulu tawaran tersebut.

2. Anda akan diminta untuk mengirimkan atau transfer sejumlah uang
Anda akan mencari uang lewat pekerjaan, kan? Berarti anda memerlukan pekerjaan untuk mendapatkan uang. Sebaiknya tinggalkan saja tawaran ini dan mencari peluang lain. Jika di awal sudah beritikad tidak baik dengan meminta fee atau komisi, apapun istilahnya, sebaiknya tinggalkan saja. Anda berhak juga meminta penjelasan tujuan penggunaan uang tersebut jika mereka sudah meminta di awal sebelum anda bekerja. Sebagai contoh pengalaman saya, saat kita mengirimkan lamaran kerja di luar Indonesia maka mereka yang menawarkan pekerjaan ini berkelit uang tersebut untuk pengurusan visa/dokumen kerja, mess/tempat tinggal selama di luar negeri atau pengurusan dokumen lain yang dianggap oleh mereka sebagai bagian dari proses lamaran kerja. Jika ini memang terjadi, silahkan anda ajukan keberatan dan selidiki perusahaan tersebut.

3. Anda akan diminta untuk mengirimkan dokumen pribadi yang sensitif terbuka untuk diketahui secara umum, misalnya profil dan data diri pribadi anda atau nomor identitas anda. Hal ini tentu akan mudah dimanfaatkan untuk tujuan tidak baik, seperti pembuatan data palsu. Apalagi dalam kasus-kasus tertentu, ada juga yang dimintai nomor rekening dan data bank anda. Tentunya ini bukan dari bagian seleksi dan penerimaan kerja sesungguhnya.

Hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi kejadian tersebut:

1. Silahkan cari informasi sebanyak-banyaknya tentang profil perusahaan yang dimaksud. Apakah benar perusahaan tersebut membuka lowongan kerja? Anda bisa konfirmasikan kepada bagian “Contact Us” atau “Hubungi Kami” jika anda memerlukan bantuan penyelidikan.

2. Jika kasus yang anda hadapi cukup serius (menyangkut materi, dsb), anda bisa laporkan kepada pihak berwajib untuk penanganan lebih serius lagi.

3. Anda juga bisa melaporkan di website, tempat dimana anda ditawari pekerjaan, di bagian “report” atau “laporkan” bila anda merasa bahwa lowongan ini adalah penyimpangan. Ceritakan kejadian yang menimpa anda, agar bisa diantisipasi oleh pengelolanya.

4. Agar jadi pembelajaran bagi orang lain juga, anda bisa menceritakan pengalaman anda secara luas, jika anda berkenan untuk dimuat secara publik. Anda bisa sampaikan tips untuk mengantisipasi agar kejadian serupa tidak menimpa pada yang lain.

Semoga bermanfaat😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s