10 Tips Persiapkan Siaran Pers


Dalam mempublikasikan informasi kepada khalayak melalui bantuan media massa, salah satunya digunakan siaran pers sebagai elemen terpenting. Organisasi atau perusahaan memerlukan rilis siaran pers dalam penyelenggaraan event/peristiwa hingga promosi produk/jasa detil yang profesional yang mengundang atensi juru warta untuk dimuat.

Berdasarkan pengalaman, berikut beberapa tips mempersiapkan siaran pers:

1. Pahami dulu tujuan penyampaian siaran pers sehingga anda tahu bagian mana yang perlu jadi highlight untuk paragraf pembuka dan judul yang menarik. Mengingat rutinitas dan frekuensi berita yang tinggi maka diperlukan kekuatan inti cerita yang padat untuk dimuat.

2. Gunakan selalu sudut pandang sebagai wartawan dalam penulisan di dalamnya.

3. Asahlah kemampuan penulisan siaran pers dengan rajin membaca koran-koran ternama.

4. Cantumkan logo dan identitas perusahaan/organisasi sebagai kepala surat.

5. Cantumkan tanggal pembuatan dan nomor siaran pers.

6. Buatlah siaran pers dengan kalimat efektif (tidak ada pengulangan kalimat), informatif dan aktraktif dengan memuat informasi yang dimaksud berdasarkan data/fakta. Bila perlu cantumkan sumber/link yang berkaitan untuk mengetahui lebih lanjut.

7. Untuk menguatkan opini, dapat dimuat pernyataan dari seseorang. Gunakan tanda baca kutipan dan nama jelas yang menyatakan tersebut. Opini haruslah berasal dari orang yang berkaitan dengan isu pemberitaan. Sekali lagi buat dengan sudut pandang wartawan.

8. Cantumkan juga siapa orang yang bisa dikontak bila ingin informasi lebih lanjut tentang perusahaan/organisasi tersebut, termasuk hal-hal yang menyangkut dengan pemberitaan dalam siaran pers. Hal ini bisa dicantum di bagian penutup siaran pers (Nama jelas, nomor kontak dan email).

9. Tulislah dengan tata bahasa baku dan sesuai. Hindari kesalahan penulisan kalimat. Sebaiknya periksa dan baca sekali lagi sebelum dibagikan. Bisa juga anda meminta orang lain meninjau siaran pers tersebut agar tidak ada kesalahan penulisan (typo error).

10. Susunlah siaran pers sedapat mungkin dalam 1 halaman. Anda dapat membuatnya lebih tetapi tidak melebihi 2 halaman. Jika ingin membuat 2 halaman sebaiknya dibuat halaman bolak-balik (tidak menjadi dua lembar).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s