International Coffee Day: Perayaan Hari Kopi Sedunia


250835_10150199493178389_7844423_n

(Sumber foto: dokumen pribadi)

Jika anda pecinta kopi, anda tahu kapan dirayakan Hari Kopi Sedunia? Awalnya saya tidak tahu jika ternyata ada perayaan hari kopi sedunia yang konon jatuh tanggal 29 September setiap tahunnya. Hal ini berawal dari inbox dalam e-mail saya yang masuk dengan subjek, “Happy coffee day”. Duh iseng banget kawan saya ini yang suka kopi, dia ajak saya untuk minum kopi lagi padahal saya tidak hobi minum kopi karena sesudahnya pasti saya tidak bisa tidur. Tetapi buat kawan saya ini, minum atau tidak minum kopi, tidur tetap tidak bermasalah. Ajaib!

Melalui pertemuan kopi sore hari, saya jadi tahu tentang perayaan hari kopi sedunia yang memang sudah mulai ramai diselenggarakan di tiap negara. Di Indonesia tercatat dirayakan setiap tanggal 17 Agustus setiap tahunnya sedangkan dunia internasional merayakannya setiap tanggal 29 September sebagai hari promosi industri kopi. Di Jerman sendiri juga tercatat dirayakan setiap Sabtu pertama dalam bulan September setiap tahunnya.

Sejarah mencatat awal mula perayaan hari kopi bermula dari Asosiasi industri Kopi di Jepang yang sudah merayakannya sejak tahun 1983. Dunia Internasional mengakui perayaan hari kopi berawal dari Amerika yang mempublikasikan hari kopi nasional sejak tahun 2005. Sejak saat itu, banyak juga negara-negara yang sudah mempopulerkan perayaan hari kopi yang umumnya diperingati sekitar bulan September.

Bagaimana dengan Indonesia?

Sejak dulu kopi sudah dikenal sebagai minuman lokal yang dicintai dan dinikmati oleh berbagai kalangan. Negara Indonesia sendiri memiliki varian kopi yang terbentang dari mulai Aceh hingga ujung Indonesia timur. Saya pikir Indonesia memiliki lahan yang subur untuk mengelola tanaman kopi. Bahkan istilah “nongkrong di warung kopi” tidak hanya digandrungi anak muda tetapi juga berbagai kalangan yang memang menjadikan topik hangat soal politik dan ekonomi juga asyik dibicarakan sembari ngopi.

Alangkah hebat jika Indonesia mampu menjadi produsen yang bisa mengembangkan produk-produk kopi untuk dinikmati pecinta kopi dunia.

Bila industri kopi mampu dikelola dengan baik, kelak hal ini akan menguntungkan bagi petani yang menggantungkan hidupnya pada tanaman ini. Dulu saya punya pengalaman, tidak usah sebut nama lokasinya, tetapi kebetulan saya berada di suatu negara bukan penghasil kopi. Terbayang bahwa kopi yang disajikan adalah kopi impor. Anda tahu bahwa untuk mendapatkan segelas kopi saja, mereka hanya menaruh sedikit kopi dengan air banyak, sungguh rasa kopinya tidak terlalu nikmat. Beruntunglah jika saya di Indonesia, saya bisa sepuasnya menikmati minum kopi jika mau.
Semoga dengan perayaan hari kopi, semakin banyak kepedulian untuk mengelola industri kopi dengan sistim regulasi yang tepat dan mensejahterakan para petani.

“Let’s have a coffee outside, would you? hehehehe…”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s