Rekomendasi Terkini: Wisata ke Kuala Lumpur


Ini bukan kali pertama atau kedua, saya tiba di kota ini tetapi perubahan sungguh terjadi dan membuat saya takjub dibandingkan tempo lalu saat saya berkunjung. Kota Kuala Lumpur telah tumbuh dengan pesat dan menjadi metropolis.

image

(Sumber foto: Dokumen pribadi)

Berikut beberapa rekomendasi terkini jika anda ingin mengunjunginya, yang baru-baru saya lakukan:

1. Jika anda ingin mengunjungi Kuala Lumpur dari Singapura, sebaiknya untuk menghemat biaya, pilihlah jalur pagi/siang hari. Ada pilihan lain seperti taksi/mini van yang lumayan mahal jika anda ingin berangkat kapan pun bahkan malam hari. Semua bis/taksi/Van menuju Kuala Lumpur dari Queen Street, kawasan Bugis hanya berhenti sampai Johor Baru. Bis termurah sekitar 2-3 SGD. Sedangkan dulu, dari Singapura sudah ada MRT langsung ke Johor Baru yakni perbatasan Singapura – Malaysia, kini sudah tidak ada lagi.

2. Jika anda berasal dari kota lain semisal Melaka atau Pinang, pilih rute bis yang turun di Terminal Bis Puduraya. Disini anda lebih dekat dengan lokasi Petailing Street, belanja murah dan Central Market, pasar seni juga penginapan dengan harga terjangkau ala backpacker.

3. Di Kuala Lumpur, ada banyak pilihan tinggal di sekitar pusat kota, Bukit Bintang, atau area Puduraya. Saya memilih area Puduraya karena dekat dengan terminal Bis, Kawasan Backpacker-nya KL dan Central Market. Di wilayah Puduraya ini ada ragam pilihan tinggal dengan harga variatif. Mereka umumnya tidak menawarkan fasilitas sarapan pagi. Jadi silahkan siapkan roti/kudapan atau mampir di mini market yang tersebar murah menawarkan aneka macam makanan dan minuman yang menjamin anda tidak kelaparan pagi hari.

4. Jika anda ingin menghemat biaya menginap, ada juga pilihan tinggal sembari kerja jadi tukang bantu-bantu, juru masak atau pramusaji di hostel sekaligus bar juga. Jika anda terpilih menawarkan keahlian jadi juru masak atau pramusaji misalnya, anda berkesempatan tinggal disitu dan makan gratis.

20141027_113814

20141027_113835

(Petunjuk destinasi jalur bis “GO KL” dan Kuala Lumpur’s Transit Rail Map terbaru. Sumber foto: Dokumen pribadi)

5. Untuk menghemat biaya juga, anda bisa mengelilingi kota dengan bis “Go KL” dengan gratis sesuai destinasi rute yang ditawarkan. Di Puduraya misalnya, ada bis “Go KL” warna ungu dengan rute yang sudah ditentukan. Dapatkan peta destinasi bis “GO KL” yang memandu anda keliling kota Kuala Lumpur. Terdapat 4 jalur bis “GO KL”, jika anda salah jalur bis, silahkan berhenti di pos interconnetion dengan bis yang anda maksud, seperti MRT di Singapura, misalnya. Waktu operasinya untuk hari Senin-Kamis dari jam 6 pagi sampai 11 malam. Jika akhir pekan beroperasi mulai jam 7 pagi.

6. Jika anda suka berbelanja, silahkan datangi pusat belanja dengan aneka macam merek barang ternama kelas dunia di kawasan Bukit Bintang. Namun untuk membeli sovenir khas Malaysia, silahkan datangi Pasar Seni atau Pasar murah area Puduraya. Petailing Street boleh dibilang seperti wilayah Ben Tanh Market jika di Ho Chi Minh City. Silahkan tawar dengan bahasa Indonesia, siapa tahu dapat harga murah. Di Petailing Street layaknya night market, anda bisa nikmati aneka kuliner.

7. Oh ya, Kuala Lumpur sekarang juga sudah ada Mass Rapid Transportation juga loh. Ada 5 jalur LRT, KTM Commuter warna biru tua untuk ke Batu Caves, Kelana Jaya warna merah, Ampang Line warna kuning melewati Terminal Bis Terpadu “Bandar Tasik Selatan”, KL Monorail warna hijau muda dan KLIA Expres warna ungu yang bisa menuju ke bandara Kuala Lumpur. Nanti tiket LRT akan berupa koin plastik yang diterima dan tanda masuk stasiun, setelah sampai destinasi stasiun, koin dimasukkan di gate keluar. Melalui LRT, silahkan tanya jika anda ingin ke Batu Caves. Jika naik taksi ke Batu Caves, harganya lumayan selangit karena letaknya ada di luar kota. Anda juga bisa ke bandara Kuala Lumpur dengan menggunakan LRT langsung.

Kasturi

Central Market

Stasiun LRT Pasar Seni

(Tampak di atas Kasturi yang dekat dengan Pasar Seni, Central Market dan stasiun Pasar Seni jika ingin menggunakan LRT. Sumber foto: Dokumen Pribadi)

7. Untuk wisata dalam kota Kuala Lumpur, anda bisa mengunjungi beberapa tempat seperti:
a. Central Market (Kasturi Walk)
b. Petailing Street
c. KL Bird Park (Taman Burung)
d. Masjid tertua Jamek
e. KLCC (Menara kembar Petronas)
f. Museum National
g. KL Tower
h. Masjid Nasional
i. Sri Mahamariaman Temple
J. Katedral St. Mary (Gereja Anglikan)

8. Anda juga bisa langsung ke Singapura lewat jalur darat sekitar 5-6 jam tergantung kecepatan bis dan macetnya. Ada juga pilihan kereta ke Singapura. Konon ada pilihan jadwal kereta malam hari dari KL dan tiba pagi hari di Singapura. Untuk kereta, anda bisa naik dari KL Sentral. Sedangkan bis ada aneka macam pilihan dengan fasilitas berbeda mulai dari kursi pijet, nyaman menggunakan laptop, bis tingkat hingga wifi. Anda bisa naik bis dari Terminal Bis Terpadu dengan sistem dan fasilitas senyaman layaknya naik pesawat. Terletak di Bandar Tasik Selatan, silakan anda gunakan jalur kuning LRT.

Selamat berpetualang🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s