7 Tips Berhemat Liburan ke Bali


Bali masih dikenal sebagai tujuan pariwisata terkenal baik dalam negeri maupun luar negeri. Beberapa kali berkunjung untuk tujan wisata dan dinas ke Pulau Dewata ini, saya jadi tertarik untuk bercerita liburan yang hemat.

sunset kuta (Sumber foto: Dokumen pribadi)

Berikut tips dari saya:

1. Datanglah saat bukan masa liburan
Sebagai warga Indonesia, anda sudah pasti tahu saat masa liburan tiba seperti hari raya lebaran, natal, tahun baru dan liburan anak sekolah. Jika anda ingin benar-benar berhemat, silahkan datang saat bukan masa liburan. Selain anda bisa menikmati liburan yang tidak padat, anda juga bisa membayar transportasi dan akomodasi yang terjangkau. Di masa “peak season”, anda akan menjumpai kepadatan turis dan biaya-biaya yang relative mahal karena kondisi liburan.

2. Siapkan akomodasi sebelum berangkat
Jika anda selama ini terbiasa untuk melakukan reservasi hotel “on the spot” di tempat lain, sebaiknya jangan lakukan jika anda ingin berhemat. Silahkan lakukan pesan hotel sebelum berangkat melalui situs-situs traveling yang kadang menawarkan promosi dan potongan harga. Anda juga bisa memilih lokasi tinggal yang tak jauh dari lokasi wisata yang ditawarkan situs travelling, sehingga anda tidak perlu membayar lebih untuk transportasi lagi.

3. Siapkan segala perlengkapan sebelum berangkat
Namanya lokasi wisata sepopuler Bali, tentu anda akan tahu bahwa untuk mendapatkan barang-barang seperti perlengkapan mandi dan obat-obatan, misalnya maka harga akan lebih mahal dibandingkan tempat tinggal anda. Jadi sebaiknya anda sudah siapkan segala yang anda perlukan dan hindari untuk membeli keperluan pribadi di lokasi wisata. Tanyakan kepada staf hotel seperti fasilitas yang tersedia, sarapan, jarak menuju pantai, dsb. Jika anda tinggal di hotel yang murah, tidak serta merta semua fasilitas tersedia untuk anda, misalnya sarapan pagi. Anda bisa menggantinya dengan membawa roti dan minuman sebagai pengganti.

4. Sewa kendaraan
Jika anda memiliki keahlian menyetir kendaraan bermotor dan memiliki dokumen lengkap seperti SIM, silahkan sewa mobil dan motor yang tersebar di lokasi wisata atau di dekat hotel tempat anda menginap. Hal ini dilakukan untuk menghemat pengeluaran membayar taksi atau ojek. Jika anda datang bersama keluarga atau kelompok teman, anda bisa menghemat dengan menyewa mobil bersama. Anda yang datang bersama pasangan, juga bisa menyewa motor dengan membayar tariff motor sebesar lima puluh ribu rupiah berikut 2 liter bensin sehingga anda puas berkeliling. Sedangkan untuk tariff mobil berbeda-beda tergantung jenis mobil yang ingin anda sewa dan lama anda menyewa. Perhatikan rambu-rambu lalu lintas, tertib berkendaraan dan pahami rute jalan yang kadang hanya satu arah. Siapkan itinerary dan lokasi wisata yang akan anda kunjungi. Sewa kendaraan terhitung 24 jam, jadi jika anda menyewa jam 12 siang maka anda mengembalikannya pada jam 12 siang esok hari. Anda juga sudah bisa minta serah terima kunci sejak tiba di bandara, bila anda ingin langsung menggunakan kendaraan.

5. Tawarlah harga saat membeli barang/sovenir atau datanglah ke pusat sovenir
Sebaiknya anda sudah memikirkan sovenir atau barang apa yang ingin anda beli, sehingga memudahkan anda untuk berbelanja sekaligus. Silahkan datang ke pusat lokasi oleh-oleh yang lengkap dan murah dibandingkan anda membeli satuan. Selain harganya murah, anda bisa membeli dalam jumlah yang banyak plus anda bisa meminta mereka mengepak praktis untuk dibawa dan disimpan di bagasi pesawat. Jika anda ingin membeli sovenir di area wisata, silahkan lakukan keahlian menawar anda kepada mereka.

tana lot (Sumber foto: Dokumen pribadi)

6. Kunjungi pantai untuk publik yang gratis
Ada beberapa pantai yang harus membayar ranjang pantai, namun ada pula yang anda bebas datang membawa alas dan makanan. Di wilayah lokasi wisata, tersebar pantai-pantai yang terbuka untuk umum namun ada pula yang tertutup. Cukup membayar lokasi parkir dua ribu rupiah untuk motor, anda bisa memarkirkan motor dan menikmati suasana pantai. Untuk tiket masuk lokasi wisata, semisal Tana Lot, tentu anda harus membayar tiket masuk sebesar 30 ribu rupiah per orang dan biaya parkir motor/mobil.

7. Makan di warung Indonesia murah
Jangan khawatir soal makanan, di Bali banyak tersebar aneka makanan yang lezat dari Indonesia maupun berbagai Negara. Bila anda mengunjungi lokasi wisata, tentu restoran dan kafe tersebar dengan harga yang cukup lumayan sesuai pelayanan dan penyajian makanan yang anda kehendaki. Namun, anda bisa berhemat makan dengan cara mencari warung makan Indonesia yang masih terjangkau dompet anda atau menjauh dari lokasi wisata, maka akan ada beberapa warung makan murah.

Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s