Belajar dari Si “Orientirungsloss”


Apa anda pernah tersesat? Apa anda pernah pergi ke tempat yang tidak semestinya? Apa anda tidak pernah membuat kesalahan dalam hidup?

ekspresi orang baduy 3

(Seorang Porter dari Suku Baduy sedang berjalan menyusuri jalan menuju kampung Baduy Dalam. Sumber foto: Dokumen pribadi)

Eits, tunggu dulu. Saya yakin tidak ada orang di dunia ini yang sempurna, tanpa kesalahan, termasuk menemukan jalan jika berada di kota yang baru atau suatu tempat. Suami saya menjuluki saya “Orientirungsloss” dalam bahasa Jerman yang jika diterjemahkan dalam bahasa bebasnya seperti bingung dan suka kesasar. Memang beberapa kali traveling ke kota baru seperti di Jerman saja, saya kesasar. Lalu, beberapa kali travelling bersama dengan suami, kami beberapa kali mendapati kejadian konyol tersesat karena suami saya nurut saja jalan dengan saya.

Tapi sewaktu-waktu, saat kami berdua menyewa kendaraan di suatu kota saat wisata. Saya yang menjadi penunjuk jalan, saya memberikan instruksi yang salah hingga kami tersesat menuju hotel tempat kami menginap. Suami saya juga menggantungkan petunjuknya sama saya, jadi jika salah yah sudah. Setelah dipikir-pikir, usai tersesat itu kami menemukan jalan baru menuju lokasi lain yang lebih dekat. Saya juga jadi paham mengapa kita tersesat di hari pertama atau saat terasa baru menjejakkan kaki di kota itu. Bahwa berikutnya jalur itu akan membantu dan memudahkan kami selanjutnya. Jadi kesalahan yang tidak semestinya, wajar terjadi karena membantu kita menemukan yang benar.

Dalam perjalanan hidup, kadang jalan yang kita tempuh tidak seperti yang kita impikan. Bisa jadi anda berpikir, bahwa anda tersesat dalam perjalanan anda. Bisa jadi anda berpikir jalan hidup anda salah atau buntu. Lalu, apakah putus asa adalah semestinya yang kita lakukan? Anda bisa bayangkan saat sudah larut malam dengan menenteng kopor yang berat, kami tersesat. Jika putus asa, tentu kami tidak menemukan solusi dari rasa lelah. Jadi hadapi terus jalan yang sedang dihadapi. Anda bisa bertanya dan meminta petunjuk agar anda tahu kemana anda harus berjalan dalam menggapai tujuan anda. Saya bisa memahami bagaimana kita sudah terbebani dalam hidup dan mesti mencari solusi atas permasalahan yang sedang dihadapi, tetapi jangan pernah berhenti bertanya, mencari dan berjalan. Hidup itu seperti ombak di laut, kadang bisa maju kadang bisa mundur namun tidak pernah diam di tempat.

xx

(Hidup itu seperti ombak, kadang maju kadang mundur namun tak pernah diam di tempat. Sumber foto: Dokumen pribadi)

Anda pasti kenal tokoh dunia seperti Colombus yang menemukan benua Amerika. Kini siapa pun ingin bisa pergi ke sana. Tapi tahukah anda, konon Colombus melakukan “kesalahan” yang besar saat ia berusaha mencari jalur menuju India? Dengan kesalahannya, Ia berhasil menemukan benua Amerika. Berkat kesalahannya, banyak orang mengikuti jalurnya dan menemukan hidup yang baru di Amerika.

Saya akhirnya belajar dari “Orientirungsloss”, bahwa saat menapaki jalan, jangan pernah takut berbuat salah. Kesalahan akan membantu untuk menemukan yang benar dan memudahkan saya untuk mencapai tujuan. Kesalahan juga yang membantu saya untuk mempelajari kembali yang sudah terjadi untuk menemukan tujuan, kemana arah yang dikehendaki.

Jika anda merasa tersesat dalam perjalanan hidup, segera bertanya kepada orang sekitar, meminta petunjuk kepada Tuhan dan tetap optimis untuk tidak meratapi apa yang sudah terjadi. Segera temukan tujuan arah yang dikehendaki, dan tidak menganggap jalur yang sudah adan tempuh itu sebagai kesalahan. Ingat cerita Colombus atau cerita saya yang beberapa kali tersesat saat traveling, bahwa tidak ada yang salah dalam jalan yang sedang anda tempuh, anda hanya mencoba belajar menemukan jalur baru agar kemudian membantu anda di kemudian hari.

Leave a Reply

