Tips Mengamankan Paspor (Agar Paspor Tidak Hilang)


(Jangan terlalu asyik liburan hingga melupakan paspor anda. Pastikan paspor aman pada anda. Sumber foto: Dokumen pribadi)

Mungkin anda masih ingat kejadian ada paspor ganda di penerbangan pesawat MH 317, dimana ada seseorang menyalahgunakan paspor tersebut dan mengaku sebagai penumpang. Setelah diselidiki ternyata pengguna passport sah tidak berada di dalam pesawat tersebut. Usut punya usut Si Pengguna Paspor sah pernah kehilangan paspor saat berlibur ke Asia.

Acap kali saat berwisata saya pun mewanti-wanti soal paspor agar tetap tersimpan aman. Apalagi beberapa kali mendapati rekan-rekan sesama traveller mengalami kehilangan paspor. Nah untuk mengantisipasi kehilangan paspor berikut tipsnya:

1. Bila berpergian, buatlah kopi paspor sehingga bila mereka meminta penunjukkan ID Card, anda bisa tunjukkan kopi paspor, kecuali mereka meminta paspor asli.

2. Sebaiknya simpan juga softcopy paspor (scanned document) dalam bentuk email sehingga memudahkan anda untuk melacaknya bila terjadi sesuatu.

3. Simpanlah paspor asli di tempat aman, tak melulu harus di bawa saat keluar hotel, anda bisa simpan di deposit box hotel jika ada. Tetapi jangan pula diletakkan di sembarang tempat di hotel bila anda merasa hotel atau tempat anda menginap tak aman. Anda bisa membawa kopi paspor sebagai identitas pribadi anda saat keluar.

4. Jangan pernah menjaminkan paspor anda saat anda menyewa kendaraan. Di beberapa Negara saat menyewa kendaraan meminta anda meninggalkan paspor sebagai jaminan penyewaan. Anda bisa katakan alamat hotel/tempat anda menginap sebagai jaminan dan tunjukkan kembali kopi paspor anda. Ada pula melakukan deposit dalam bentuk sejumlah uang, dibandingkan menjaminkan paspor anda.

5. Bila kedapatan anda melanggar lalu lintas dan Polisi melakukan tilang atas pelanggaran anda, sebaiknya anda tidak menjaminkan paspor anda. Pengalaman rekan seperjalanan saat paspor mereka ditahan karena melanggar lalu lintas, si petugas ini sulit untuk mengembalikan paspor ini dan berdalih akan mengembalikan dengan embel-embel tertentu. Sebaiknya anda cukup waspada soal ini. Anda bisa katakan bahwa dokumen anda tertinggal di hotel dan silahkan membayar denda yang jadi kewajiban anda.

6. Jika anda hendak berpergian ke tempat-tempat hiburan di malam hari, sebaiknya anda juga waspada dengan tidak membawa paspor asli. Pengalaman rekan lain, ia kehilangan paspor asli saat bersama dengan beberapa teman wanita yang baru dikenalnya di hiburan malam. Bisa jadi ia mabuk dan tidak sadar saat berada di tempat hiburan tersebut.

Semoga tips di atas membantu 

One thought on “Tips Mengamankan Paspor (Agar Paspor Tidak Hilang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s