5 Penyebab Rambut Terlihat Kusam


image

(Sovenir yang bergambar perempuan cantik khas Vietnam yang ditemukan di Ho Chi Minh City. Sumber foto: Dokumen pribadi)

Setiap perempuan menginginkan untuk tampil cantik mempesona dengan rambut yang indah. Begitu pun dengan saya hehehe… Menurut saya pribadi, rambut yang terlihat indah akan menambah rasa percaya diri. Betul kan? Pernah kepergok sama perempuan yang berambut indah tampak belakang eh pas tampak depan, biasa aja wajahnya. Nah, jadi inilah alasan bahwa rambut adalah mahkota perempuan sehingga apapun wajahnya tetapi jika rambut terlihat indah maka ia akan mempesona yang melihatnya.

Karena saya suka mengutak-atik rambut, sering menghabiskan biaya terbesar untuk perawatan rambut dan suka berkunjung ke salon, halah..

Berikut lima penyebab rambut terlihat lepek, tak indah dan kusam:

1. Shampo yang salah
Jangan heran jika rambut anda jadi terlihat tidak sehat karena shampo yang salah. Sekarang tiap-tiap shampo memiliki karakteristik tersendiri untuk berbagai jenis rambut. Tanyakan kepada Hairstylist atau Penata rambut yang kompeten di salon tempat anda biasa melakukan perawatan rambut tentang jenis rambut anda. Jangan bertanya kepada Penata Rambut yang baru pertama kali anda kenal karena mereka baru pertama kali mengenali jenis rambut anda. Jangan mudah percaya juga ketika anda harus mengganti shampo! Rambut anda bukan eksperimen. Sebaiknya tanyakan pada orang yang ahli dan terbiasa menangani perawatan rambut anda. Setelah anda mengenali jenis shampo yang anda butuhkan, sebaiknya upayakan untuk tetap “setia” memakainya. Kalau perlu, bawa shampo anda saat anda pergi perawatan ke salon. Penggunaan shampo yang berganti-ganti bukan langkah yang baik untuk merawat rambut.

2. Malas cuci rambut
Pernah bereksperimen untuk tidak cuci rambut selama seminggu atau dua minggu? Hadeehhh… gak kebayang kayak apa tampak rambutnya. Mereka yang membersihkan rambut minimal dua hari sekali akan terlihat lebih ‘fresh’, tak kusam ketimbang dua kali seminggu misalnya. Masing-masing orang berbeda kebutuhan mencuci rambut tergantung aktivitas dan panjang rambut. Jika anda sering beraktivitas di luar ruangan dan memiliki rambut yang panjang maka anda akan lebih sering mencuci rambut daripada yang sebaliknya. Satu hal yang terutama rambut adalah bagian dari tubuh juga. Jadi cuci rambut sebagaimana anda membersihkan bagian tubuh yang lainnya juga.

3. Rambut panas atau rambut terlalu sering ditutup
Jika anda sering menggunakan penutup kepala sebaiknya beri jeda waktu untuk membiarkan rambut tergerai bebas dari penutup kepala. Hal ini dilakukan agar rambut juga bisa bernapas dan terlihat sehat alami. Rambut juga perlu udara juga loh.

4. Cara menggunakan kondisioner atau masker rambut yang salah
Nah bagi anda yang suka menggunakan kondisioner atau masker rambut, sebaiknya gunakan pada ujung atau batang rambut. Kebiasaan dari kita adalah menggunakan pada akar rambut sehingga rambut mudah sekali kusam. Sebaiknya gunakan setelah cuci rambut dengan shampo dan usapkan pada ujung/batang rambut saja.

5. Terlalu sering menggunakan pengering atau alat elektronik rambut
Bukan tidak mungkin sebagai perempuan, kita menggunakan berbagai alat elektronik agar rambut tertata rapi dan menarik. Sebenarnya pemanfaatan alat elektronik untuk rambut dapat digunakan asalkan jangan terlalu sering. Sesekali biarkan rambut kering dan tertata secara alami. Atau manfaatkan alat elektronik rambut hanya untuk momen-momen istimewa saja.

Selamat mencoba😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s