Pengalaman Memperpanjang Paspor Lewat Website & Tambahan di Endorsement


image

(Sebelah kiri adalah paspor baru dan kanan adalah yang lama. Sumber foto: Dokumen pribadi)

Desember 2014 lalu, saya manfaatkan liburan di Jakarta dengan memperpanjang paspor saya yang sudah mau habis masa berlakunya. Di saat saya punya banyak waktu lowong untuk mengurusnya sendiri lebih baik. Saya juga berniat menambahkan catatan di halaman 4 yakni nama keluarga suami. Tadinya saya berpikir saya bisa mengubah nama keluarga saya menjadi nama keluarga suami, ternyata prosedurnya tak mudah karena harus melalui jalur hukum. Di Indonesia sendiri, nama keluarga yang biasa dicantumkan di paspor perempuan adalah nama keluarga dari bapak. Jika ingin memaksakan nama keluarga dihapus maka ada prosedur khusus dan memakan waktu sehingga saya putuskan cukup menambahkan di halaman 4 saja.

Berikut persyaratan yang harus dipenuhi untuk memperpanjang paspor:
1. Paspor lama
2. KTP
3. Kartu keluarga
4. Akta kelahiran/Akta nikah/Ijazah

Semua dokumen tersebut disiapkan baik asli maupun fotokopinya. Dokumen asli dibawa dan ditunjukkan saat pengecekan dokumen dan wawancara. Sebagai catatan untuk poin 4, sebaiknya bawa serta akta kelahiran dan juga akta nikah sebagai informasi yang menerangkan bahwa identitas anda benar-benar sesuai dan sah secara hukum. Akta nikah yang dimaksud adalah akta nikah sipil. Sedangkan ijazah yang dimaksud adalah lembar pengakuan gelar pendidikan yang mencantumkan identitas anda, bukan sertifikat nilai (transkrip nilai). Jika salah satu dari empat poin di atas tidak ada, petugas bagian penerimaan akan menolak anda.

Ada dua pilihan paspor yakni paspor biasa dan paspor elektronik. Saya memilih paspor biasa yang bisa diambil setelah tiga hari kerja usai sedangkan paspor elektronik satu bulan. Pengajuan paspor dapat dilakukan secara manual atau secara online (melalui website), yang kemudian menjadi pilihan saya. Via website ternyata lebih mudah dan praktis ketimbang manual. Selain itu, kantor imigrasi yang saya datangi juga hanya membuka 50 nomor antrian secara manual (lihat gambar di bawah ini). Kebayang bahwa kita harus sudah siap berada di kantor imigrasi sejak subuh jika ingin mendapatkan nomor antrian manual.

image

(Pengumuman yang dipasang di pintu masuk. Sumber foto: Dokumen pribadi)

Langkah-langkah mengajukan permohonan paspor via website sebagai berikut:
1. Siapkan dokumen penunjang (lihat syarat pembuatan paspor).

2. Pastikan internet anda terkoneksi dengan baik. Jika sesuatu terjadi di tengah pengerjaan permohonan maka anda harus mengulang kembali. Tetap fokus dan konsentrasi pada pengisian form (jangan disambi kerjaan lain).

3. Buka halaman website http://ipass.imigrasi.go.id:8080/xpasinet/faces/InetMenu.jsp
kemudian masuk pada menu utama yakni menu “PRA PERMOHONAN PERSONAL”. Ikuti petunjuk pengisian hingga tahap konfirmasi tentang data anda via email.

4. Anda akan menerima email konfirmasi dan lembar petunjuk untuk membayar di bank BNI. Cetak lembar konfirmsi pembayaran di bank untuk diserahkan. Dalam lembar tersebut tertulis nama anda dan jumlah yang harus dibayarkan. Untuk perpanjangan paspor saya, saya dikenakan biaya total tiga ratus lima puluh lima ribu rupiah.

5. Lakukan pembayaran di bank BNI. Untuk pembayaran di bank BNI, hanya dapat dilakukan selama 5 hari kerja. Jika anda lupa/tidak membayar hingga lima hari kerja, permohonan anda dianggap hangus dan harus mengulang dari awal lagi.

6. Kembali lagi ke email anda yang berisikan pernyataan konfirmasi. Silahkan klik link yang diberikan. Pastikan pembayaran anda dan pilih tanggal kedatangan anda. Cetak lembar undangan kedatangan ke kantor imigrasi yang mencantumkan nama dan informasi pengajuan paspor anda. Gunakan lembar ini sebagai bukti bahwa anda sudah mengajukan permohonan secara online kepada petugas penerimaan untuk ambil nomor antrian.

7. Datanglah ke kantor imigrasi sesuai undangan yang dikirimkan via email kepada anda, setelah anda memilih tanggal kedatangan tersebut. Jika anda memilih tanggal kedatangan tetapi anda tidak datang sesuai undangan, permohonan anda masih bisa diterima selama tujuh hari kerja sejak tanggal undangan tercantum. Nomor antrian dibuka dari jam 08.00 hingga 14.00 tetapi alangkah baik jika datang pagi hari dengan pakaian rapi dan formal (tidak mengenakan kaos, sandal, dsb).

8. Silahkan datang ke petugas penerimaan yang akan memberikan anda nomor antrian! Biasanya petugas akan bertanya kelengkapan dokumen anda termasuk dokumen asli dan fotokopi. Siapkan pula materai 6 ribu untuk lembar pernyataan.

9. Serahkan dokumen dan formulir anda kepada petugas bagian pengecekan dokumen. Di bagian ini, mereka akan mengecek kelengkapan dokumen anda. Jika sesuai dan benar, petugas akan memberikan nomor antrian untuk wawancara dan foto.

10. Setelah mendapatkan panggilan untuk wawancara dan foto, anda biasanya ditanyakan mengenai data-data dan tujuan pembuatan paspor. Di bagian ini, dilakukan pula pengambilan sidik jari.

11. Usai tahap nomor 10, anda akan mendapatkan tanda terima untuk pengambilan paspor setelah tiga hari kerja. Tanda terima pengambilan dilengkapi dengan lembar konfirmasi pembayaran di bank BNI.

12. Datanglah sesuai informasi yang diberikan petugas imigrasi, jika tiga hari kerja misalnya. Di bagian pengambilan paspor, silahkan serahkan tanda terima dan lembar pembayaran bank BNI. Ketika nama anda dipanggil, anda akan menandatangani bahwa anda sudah menerima paspor anda.

13. Jika ingin mengambil paspor lama, petugas akan memberikan formulir untuk diisi dan ditandatangani. Anda akan menerima paspor lama anda saat itu juga.

14. Jika anda ingin melakukan “penambahan nama di bagian endorsement”, silahkan sampaikan kepada petugas pengambilan paspor. Petugas pengambilan paspor akan berkoordinasi dengan petugas yang menanganinya. Anda biasanya diminta untuk fotokopi paspor terbaru dan akta nikah, jika ingin mencantumkan nama keluarga suami.

Pada paspor tampilan baru dengan warna dan desain yang berbeda ini, terdapat juga halaman terakhir yang dapat diisi dengan pensil 2B. Di halaman terakhir ini pula, anda bisa mencantumkan nama suami sebagai “emergency contact” dan status hubungan. Untuk “endorsement”, tidak dipungut biaya.

3 thoughts on “Pengalaman Memperpanjang Paspor Lewat Website & Tambahan di Endorsement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s