6 Lokasi yang Biasa Dikunjungi di Ho Chi Minh City


Tiba-tiba aku dapat surat elektronik dari temanku yang kini ada di Thailand. Ia baru saja menikah dengan Pria WNA Amerika, mereka berencana untuk mengunjungi Ho Chi Minh City. So, pastinya lewat tulisan ini, mungkin saya bisa berbagi daftar tempat yang biasa dikunjungi di Ho Chi Minh City, Vietnam.

blog 7

(Museum tampak depan dengan pagar yang dibangun kuat dan kokoh. Sumber foto: Dokumen pribadi)

1. Museum Independence Day
Dikenal juga dengan nama Reunification Place, museum ini menjadi landmark kota Ho Chi Minh City. Jadi rasanya tak afdol jika tidak berkunjung kesini. Jangan khawatir, karena di dalam ada tour guide juga yang membantu menjelaskan ruang demi ruang museum yang menyimpan sejarah negeri Vietnam ini sendiri. Di tempat ini juga ada Reunification Hall, yakni tempat dimana terjadi perjanjian damai antara Vietnam Utara (kota popular Hanoi) dan Vietnam Selatan (kota popular, Ho Chi Minh City) pada tahun 1975. Namanya bangunan bersejarah, selain memelihara dan menjaga ruang dan aneka perabotan di sana, terdapat pula helicopter juga mobil tua. Oh ya, ada pula tank yang diduga digunakan menyerang pagar utama pada saat kejatuhan kota Saigon (nama lain dari Ho Chi Minh City di masa lalu) tahun 1975. Jangan lupa untuk menyiapkan tiket masuk sebelum masuk museum.

blog 8

(Anda lihat ada rombongan pasangan mengenakan pakaian pengantin untuk lokasi pre-wedding. Di depan gereja ada patung Bunda Maria dan taman yang suka dijadikan ajang tongkrongan. Sumber foto: Dokumen pribadi)

2. Gereja Katedral Notre-Dam
Sayangnya saya tidak sempat masuk mengambil beberapa foto, saya hanya berkesempatan mengambil foto dari luar gereja saja. Gereja ini tampak megah di Ho Chi Minh City. Konon Vietnam menjadi negara kedua terbesar di Asia Tenggara yang memiliki populasi umat katolik. Di luar halaman gereja, seperti biasa dijumpai penjaja sovenir keagamaan. Gereja ini nama resminya juga biasa dikenal “Basilica of Our Lady of The Immaculate Conception”. Letaknya juga tak jauh dari Ben Tanh Market dan keramaian kota. Di depan gereja, tampak patung Bunda Maria yang anggun dan menjadi tempat menarik buat foto-foto bagi para pelancong. Oh ya, saya menemukan sepasang pengantin sedang melakukan pre-wedding foto di sini. Wah!! Gereja ini adalah bukti sejarah koloni Perancis di masa lalu. Tidak ada biaya masuk alias gratis

blog 9

(Kantor Pos Besar yang masih nampak kokoh dan menarik untuk dijadikan obyek wisata. Sumber foto: Dokumen pribadi)

3. Kantor Pos Besar Ho Chi Minh City
Mengapa kantor pos ini begitu menarik? Pertama menurut saya, bentuk bangunannya yang megah dan kokoh seperti museum. Kedua, di tempat ini juga banyak ditemukan sovenir yang menarik dan unik sebagai buah tangan khas Saigon City. Bangunan yang dibangun sejak abad 19 ini masih terlihat kokoh dan menarik pelancong untuk sekedar berfoto dan mengagumi arsitekturnya. Tidak ada biaya masuk alias gratis.

blog 10

(War Remnants Museum yang tidak terlalu menarik bagi saya karena banyak dokumentasi yang menampilkan kekejian perang. Sumber foto: Dokumen pribadi)

4. War Remnants Museum
Dulu saya suka sekali nonton film “Tour of Duty” yang mengisahkan kisah heroik perang Vietnam. Nah di Museum ini anda akan melihat berbagai dokumentasi termasuk peninggalan perang tersebut. Di museum ini ada beberapa tank yang dulu dipakai bertempur dan senjata yang digunakan selama perang berlangsung. Saya bahkan tak sampai hati melihat kekejian diorama penyiksaan dan pembantaian rakyat sipil dalam pembunuhan massal. Disini juga ada tour guide yang siap memandu anda berkelompok atau tergantung permintaan.

5. Ben Tanh Market
Pasar tradisional ini terkenal di kota Ho Chi Minh City karena termasuk pasar terbesar dan juga menjual berbagai pernak pernik khas Vietnam. Jika kita datang malam hari, area seputar pasar ini bak pasar malam. Jangan heran loh, banyak penjual ini yang bisa berbahasa melayu. Lalu gunakan kepandaian anda pula untuk menawar harga sehingga anda bisa mendapatkan barang yang ada inginkan. Selain membeli sovenir, anda juga bisa menikmati jajanan kuliner khas negeri Vietnam.

blog 11

(Salah satu lokasi persembunyian dari serangan musuh di dalam tanah. Lubang ini hanya untuk orang Asia, terbukti beberapa turis asing dengan postur tubuh yang berbeda kesulitan saat mencoba masuk. Sumber foto: Dokumen pribadi)

6. Cu Chi Tunnels
Jika anda pernah menonton film perang dan ingin mengetahui seluk beluknya di negeri Vietnam termasuk trik-trik bersembunyi dari lawan, silahkan anda memesan paket tur ini di hostel tempat anda menginap atau melakukan booking online. Selama setengah hari kita akan mengikuti tur dan sempat mampir di area sovenir. Pusat sovenir yang kita kunjungi ini memiliki harga yang lumayan mahal, tetapi pengrajin kebanyakan adalah korban perang Vietnam. Jika mengikuti paket tur tersebut, anda akan diarahkan dengan bis pariwisata yang nyaman dan telah disediakan juga tour guide selama perjalanan tur. Lokasi wisata ini termasuk lokasi bersejarah yang dijadikan markas Viet Cong dengan system persembunyian dan strategi perang yang dibangun oleh mereka. Dari namanya saja sudah terlihat bahwa lokasi wisata ini akan dijumpai lorong yang sempit layaknya prajurit untuk menghayati bagaimana mereka bersembunyi dari musuh dan serangan senjata. Di sini pula banyak dipasang jerat jebakan dan perangkap untuk melawan musuh, termasuk strategi tersembunyi. Anda juga bisa belajar menembak disini tetapi dengan harga tertentu, alias diluar harga paket tur. Anda juga bisa menyaksikan dokumentasi film tentang sejarah yang pernah terjadi di waktu itu di Vietnam. Ada banyak logistic dan anumisi peninggalan perang yang masih bisa anda saksikan di sini.

Selamat berkunjung😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s