Menikmati Kuliner Masakan Jerman di Bali


blog 12(Sumber foto: Dokumen pribadi)

Liburan bersama suami tahun lalu, kami sempatkan mampir ke restoran jerman yang terletak di jalan legian, Kuta, Bali. Kebetulan suami lagi rindu kuliner kampungnya di Bayern, so kami pun mencari informasi soal kuliner di Bali. Nama restoran adalah MAMA’S GERMAN RESTAURANT yang sudah beroperasi sejak tahun 1985. Restoran ini tentu ramai bagi penikmat kuliner masakan jerman atau sekedar nongkrong minum bir mengamati orang yang lalu lalang tak pernah sepi di jalan legian.

Karyawan yang melayani mengenakan pakaian modifikasi layaknya Dirndl, pakaian khas Bayern untuk kostum karyawan perempuannya. Restoran ini berada di ruang terbuka alias outdoor sehingga dipastikan jika siang hari akan merasakan panasnya Bali juga. Sepasang turis senior sedang menikmati kebersamaan mereka dalam santap siang, yang secara kebetulan duduk bersebelahan dengan kami. Di sudut sana, ada sekelompok muda-mudi turis yang berbahasa inggris memesan menu kepada pramusaji yang menghampiri.

Melihat daftar menu yang disajikan, sontak suami saya langsung bingung karena ingin mencoba semua mengingat kerinduannya untuk menikmati kuliner kampungnya. Akhirnya disepakati ia memesan Leberkäse khas Bayern, yang berisi panggangan daging berikut potongan kentang dan sayuran dengan toppingnya adalah telor mata sapi juga ditambah sosis khas jerman. Sedangkan saya sudah merindukan Bretzel, roti favorit dengan taburan garam dan es teh karena panasnya luar biasa saat itu. Saya juga memesan sup Goulash, yakni potongan daging ditambah sayuran di dalamnya. Cara memakan sup ini berikut dengan potongan roti yang disediakan. Rasanya nikmat sekali mengingat kami memang sengaja untuk tidak mengambil sarapan sejak pagi.

Saya juga menyukai Bretzel yang dibuat di sini karena rasanya yang pas dan khas seperti saat saya membeli di Jerman. Sedangkan di beberapa restoran lain memiliki rasa yang menurut saya tidak terlalu pas dengan rasa aslinya seperti di Jerman. Ohya ini juga bukan kali pertama saya dan suami mengunjungi restoran citarasa jerman. Sebagai gambaran, di restoran lain kita sudah disambut oleh pramusaji dengan sapaan seperti layaknya di Jerman, seperti “Servus”.

Letak restoran yang strategis sehingga membuat restoran ini tak pernah sepi pengunjung. Restoran ini juga membuka cabang di Bandung dan di Serpong. Soal harga tergantung jenis makanan yang anda pesan juga. Restoran ini juga menyajikan menu andalan khas Indonesia juga loh seperti nasi goreng dan sate. Ada juga beberapa menu lain seperti Pizza dan Burger.

Jika ingin mengetahui restoran, dapat dilihat di link berikut http://www.bali-mamas.com/menu/german-specialties.html

Jadi apakah anda tertarik untuk mencoba kuliner citarasa jerman?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s