REMAJA: REncanakan MAsa JAyamu!


Sumber foto: Dokumen pribadi
Sumber foto: Dokumen pribadi

Masa remaja adalah masa peralihan dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa. Setiap orang yang melalui masa remaja akan mengalami berbagai masa indah dan masa “badai” yang datang layaknya pencarian identitas diri. Kita mulai mencari idola, siapa figur yang tepat untuk ditiru. Kedekatan dengan teman-teman dan mulai menjauhi pengaruh orangtua adalah salah satu yang mengindikasikan, kita mau jadi siapa dan apa?

Jika saya boleh mengulang masa remaja, saya ingin lebih banyak prestasi, tak sekedar akademis saja. Mengapa? Ternyata kelangsungan hidup bukan ditentukan dari pendidikan semata, ada banyak faktor yang lain yang menentukan termasuk pengalaman dan daya juang. Kembangakan bakat dan hobi yang disukai, bukan tidak mungkin menjadi jalur sukses di masa mendatang.
Mereka yang sukses adalah mereka yang telah merencanakan dan mempersiapkannya dengan semangat perjuangan untuk tidak menyerah, termasuk pada takdir. Jika uang tak ada, gunakan kesempatan yang ada. Raih kesuksesan dengan merencanakan saat masa remaja, saya ingin jadi apa?

Berikut merencanakan masa remaja yang dipelajari dari kisah sukses mereka yang telah berhasil:

1. Jauhi perilaku berisiko
Jika perilaku yang ingin kamu lakukan mengancam masa depan dan pendidikanmu, sebaiknya tunda dulu agar masa remajamu tidak terhenti karenanya. Jika perilaku itu mengancam kesehatan dan jiwamu, lupakan hal ekstrem itu. Jangan pernah mencoba karena masa remajamu bukanlah masa percobaan!

2. Gali kekuatanmu dan tingkatkan kelemahanmu!
Tulis dalam kertas sekarang lalu bagi dua. Satu sisi, tuliskan apa saja yang menjadi kekuatanmu sebagai remaja. Sisi lain, tuliskan area apa saja yang perlu diperkuat dan ditingkatkan. Misalnya, pintar menyanyi tetapi tidak bisa matematika. Apa pun itu, perkuat bidang yang ingin ditekuni dengan terus berlatih. Ikutan les vokal tetapi sambil terus belajar mengetahui kelemahan matematika. Di dunia ini tidak ada yang sempurna. Jika kita tidak pandai di satu bidang bukan berarti kita kalah dan gagal. Perkuat keyakinan dirimu dengan kekuatan bakat dan talenta yang kau miliki!

3. Punya rasa ingin tahu dan berani eksperimen
Mereka yang mau maju dan sukses selalu dimulai dari rasa ingin tahu, bagaimana bisa sukses? Gali rasa penasaranmu jika kau melihat orang jago menari. Gali sebanyak mungkin informasi jika kamu ingin mendapatkan kesempatan pertukaran pelajar. Tanyakan kepada guru dan orangtua tentang berbagai peluang yang berkaitan dengan minat dan kekuatanmu! Eksperimenlah apa yang ingin kami coba, dengan ikut kompetisi dan berbagai ajang lomba. Jika gagal, coba lagi. Bukankah untuk mendapatkan satu lampu pijar yang berhasil, Thomas Alva Edison melakukan percobaan 9.956 kali experimen.

4. Bersikaplah proaktif dan asertif!
Karena jiwa remaja yang dinamis, tentu tantangan terbesar adalah pengaruh peers atau teman sebaya. Bagaimana menjadi remaja yang positif bilamana bergaul dengan teman-teman yang memberikan pengaruh negatif. Untuk jadi remaja yang positif, kembangkan sikap proaktif dan asertif. Proaktif maksudnya remaja mampu memiliki visi ke depan, bermimpi. Mampu merencanakan tujuan hidupnya, tanpa terpengaruh teman misalnya. Sedangkan asertif adalah remaja mampu menyatakan pendapatnya secara lantang dan logis sehingga mengetahui apa yang diinginkan dan dirasakan. Kamu bisa mengkomunikasikan kepada teman bahwa tidak suka dengan perilakunya tawuran atau mengancam kesehatanmu, misalnya.

5. Nyatakan mimpimu dalam doa dan aksi!
Rencanakan apa yang menjadi mimpimu pada Tuhan dalam doa-doamu setiap hari! Terkadang apa yang terlihat itu mustahil, tetapi Tuhan bisa membuatnya itu mungkin. Mereka yang mampu membangun hubungan yang baik dengan Tuhan dalam doa, selalu tersedia keajaiban. Doa saja tidak cukup tapi bekerja keras untuk meraihnya lewat aksi nyatamu. Aksi akan menimbulkan reaksi (re-aksi) sebagai buah pekerjaanmu.

Masa remaja adalah masa terindah untuk merancang mimpi-mimpimu. Bahan diatas dikutip dari berbagai pelatihan yang saya kembangkan untuk Youth Training.

Semoga bermanfaat🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s