Kado yang Dilarang Diberikan


Saya punya teman baik, orang Jerman juga. Dia juga suka travelling. Pernah suatu kali kami berpergian ke Asia bersama, dia bingung mencari pisau lipat yang bagus kualitasnya dan lengkap dengan perlengkapan mekanik di dalamnya. Saya menemaninya mencari barang yang dimaksud dari pusat perbelanjaan hingga ke penjualan kaki lima. Tidak ketemu atau bilamana ada pisau lipat, kualitasnya tidak bagus seperti yang diinginkan. Pencarian nihil! Padahal usut punya usut, dia sudah punya pisau lipat sebelumnya. Dia butuh satu lagi buat cadangan. Gubraks!

image

(Contoh pisau lipat. Sumber foto: Dokumen pribadi)

Nah, teman yang saya ceritakan ini berulangtahun. Saya mau kasih kado untuknya. Mengacu pengalaman di atas, menemani cari pisau lipat, saya pun berpikir ingin memberi kado pisau lipat.    Saya pun menjelaskan hal ini kepada suami agar suami bisa ikut memilihkan pisau lipat yang berkualitas saat kami keluar mencari kado.

Wah niat baik saya disalahkan oleh suami. Suami saya bilang begini, “Schatz, in Germany knives as a gift means that you are wishing them and everyone in their household injury and death. Please think before giving a gift to someone!” Intinya suami bilang jika mau kasih kado pisau itu berarti berharap petaka yang buruk pada orang yang akan dikasih.

Boleh percaya atau tidak, jika dipikir pakai akal logis, mengapa senjata tajam diberikan sebagai kado? Jadi sebenarnya kado bukan hanya pemberian barang atau tanda mata saja tetapi juga harapan yang baik kepada si penerimanya. Memberikan harapan artinya memberi kebaikan kepada si penerima kado.

Jadi kado apa yang akan diberikan untuk sahabat anda nanti?

Leave a Reply

