Bedanya Bungkus Rokok


Belajar dan bekerja di bidang komunikasi selalu membuat saya tertarik pada bagian bagaimana membuat perubahan perilaku lewat media visual. Salah satunya adalah bungkus rokok yang gambarnya menyeramkan. Jauh sebelum diberlakukan di Indonesia, sebenarnya saya sudah mengamati bungkus rokok dengan gambar menyeramkan di negara tetangga sesama ASEAN juga.

Ceritanya tiga tahun lalu, saya berlibur mengunjungi seorang teman yang bekerja jadi guru di sana. Sebelum bertemu dengan teman saya itu, saya berkenalan dengan seseorang yang juga teman dari teman saya itu. Sambil menunggu teman saya datang menjemput, saya pun ngobrol-ngobrol dengannya. Dia adalah pria WNA Amerika yang datang untuk mengajar di negeri itu. Di sela-sela kami ngobrol, dia menawarkan rokok pada saya. Saya tolak karena saya tidak merokok.

Namun saat dia merokok, saya tertarik dengan sampul rokoknya yang tampak menyeramkan. Saya tanya kepadanya, bagaimana perasaannya saat mengetahui sampul rokok tersebut? Saya bermaksud untuk mengetahui apakah media visual mampu mengubah perilaku seseorang untuk tidak merokok. Dengan enteng, dia jawab TIDAK. Dia tidak terpengaruh dengan gambar tersebut. Singkat namun tidak menjelaskan jawabannya.

Bagaimana bungkus rokok di negara lain?

Bedanya bungkus rokok. Pentingnya media visual untuk perubahan perilaku. Sumber foto: Dokumen pribadi
Bedanya bungkus rokok. Pentingnya media visual untuk perubahan perilaku. Sumber foto: Dokumen pribadi

Bungkus rokok di Belanda ternyata juga tidak ada gambar visual. Jadi hanya pernyataan larangan di bungkusnya saja dengan bahasa setempat (lihat gambar). Di Jerman sendiri, ternyata juga sama, hanya larangan merokok dalam bahasa jerman seperti Rauchen kann tödlich sein.

Bagaimana menurut anda sendiri?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s